Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Bagaimanakah cara menghilangkan jerawat secara alami?? Jerawat pastinya pernah dialami oleh semua wanita, sangat mengganggu dan membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Beberapa orang mungkin merasa bahwa jerawat sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan ketika jerawat tersebut sudah hilang, namun masih terdapat flek yang cukup mengganggu penampilan anda. Mungkin diantara anda adalah wanita yang ingin mencari informasi mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami ataupun cara menghilangkan bekas jerawat. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan jerawat, adakalanya kita mengenal terlebih dahulu mengenai jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Apa Itu Jerawat

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang tidak begitu berbahaya, namun juga tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jerawat disebabkan karena meningkatnya kadar hormon androgen, yang memicu produksi kelenjar minyak dalam kulit menjadi berlebih. Minyak ini yang selanjutnya akan memecah dinding sel pori-pori kulit wajah dan berkontaminasi dengan udara sehingga timbul bakteri yang menyebabkan jerawat.

Jerawat pada wanita khususnya terjadi saat menginjak usia remaja, masa akan menstruasi dan saat menstruasi, serta pengaruh beberapa faktor psikis dan lingkungan yang mendukung munculnya jerawat. Jadi sebenarnya tidak ada seorangpun yang akan bebas jerawat.

Selain itu, kosmetik yang memiliki kandungan minyak terlalu banyak juga dapat memacu timbulnya jerawat, apalagi jika kita kurang memberi perhatian dalam hal membersihkan kulit wajah setelah aktivitas di luar rumah.

Beberapa tipe jerawat yang perlu anda ketahui :

  • Blackhead, Berupa komedo yang berwarna hitam, biasanya muncul pada area hidung dan sekitarnya.
  • Whitehead, Komedo yang berwarna putih atau kekuningan, bentuknya kecil dan tertutup.
  • Pustules, Muncul dalam bentuk benjolan yang berwarna merah dan pada ujung puncak tengahnya berwarna putih yang berisi nanah.
  • Papules, Berbentuk benjolan yang kecil dengan warna merah muda.
  • Nobules, Jerawat dengan ukuran besar dan berada jauh di dalam permukaan kulit.
  • Cyst, Jerawat berbentuk benjolan besar berisi nanah, terasa sakit meski tidak disentuh.

Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, meskipun banyak produk kecantikan yang menawarkan solusi untuk mengatasi masalah kulit ini. Bukankah lebih bijak mencegah daripada mengobati?

Tips Bebas Jerawat Secara Alami :

Berikut adalah tips bebas jerawat secara alami yang bisa anda terapkan sehari-hari :
1. Tips bebas jerawat secara alami dengan membersihkan wajah secara teratur pada pagi hari setelah bangun pagi, dan malam sebelum berangkat tidur. Pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Pemilihan ini penting karena kandungan dalam pembersih akan memberi nutrisi yang tepat yang dibutuhkan oleh kulit. Selesai anda bersihkan, gunakan pelembab yang juga harus disesuaikan dengan tipe jenis kulit anda.

2. Tips bebas jerawat secara alami dengan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan kulit secara rutin. Misalnya : ikan salmon, brokoli, anggur merah, dan alpukat.

3. Tips bebas jerawat secara alami dengan berusaha untuk menjadualkan tidur malam teratur setiap harinya. Lama waktu tidur ideal untuk usia dewasa adalah 7 jam. Mulailah tidur pada jam 21.00 atau jam 22.00.

4. Tips bebas jerawat secara alami dengan menggunakan masker wajah secara berkala agar kelembaban kulit wajah terjaga, dan pori-pori dapat bernapas untuk membuang minyak berlebih.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Masker Mentimun dan Jeruk Lemon

  1. Sediakan mentimun, potong setengahnya.
  2. Ambil oat 2 sendok makan (oat adalah bukan jenis gandum, orang sering salah mengartikannya).
  3. Campurkan dengan perasan setengah jeruk lemon.
  4. Tambahkan dengan 1 sendok makan madu.
  5. Blender semua bahan di atas tanpa perlu menambahkan air.
  6. Adonan masker tempelkan pada wajah secara merata.
  7. Tunggu kurang lebih 20 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Oat berguna untuk memperkecil ukuran pori-pori dan berfungsi untuk menghaluskan kulit wajah agar bebas jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat dan komedo agar kulit anda terbebas dari jerawat dan komedo.

  1. Rendam 2 sendok makan oat dengan air secukupnya dan biarkan semalaman.
  2. Setelah semalaman dibiarkan, campurkan dengan perasan 1 buah tomat dan 1 sendok the perasan jeruk lemon.
  3. Blender semua bahan di atas tanpa perlu menambahkan air.
  4. Oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu.
  5. Diamkan selama 15 – 20 menit, baru dibersihkan dengan air hangat.

Apabila jerawat sudah terlanjur muncul, gunakan cara alami terlebih dahulu untuk mengatasinya. Karena cara alami tidak akan menimbulkan bekas ataupun luka pada kulit wajah anda. Cara alami yang dimaksud adalah dengan mengkompres jerawat tersebut menggunakan air es (es batu). Es batu tidak langsung diusapkan pada jerawat, namun bungkus terlebih dahulu dengan menggunakan kantong plastik yang bersih. Lakukan sehari sebanyak dua kali dengan waktu tidak lebih dari 5 menit. Rasa dingin pada es batu akan mengurangi kemerahan dan mencegah radang yang mungkin akan terjadi. Wajah anda akan bebas jerawat tanpa perlu pengobatan mahal.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami kita paparkan, agar anda nantinya dapat bebas jerawat dengan cara alami. Tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?[RA]


Baca juga :
loading...