Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Berminyak

Cara menghilangkan jerawat pada wajah berminyak – Apakah Anda termasuk orang-orang yang memiliki jenis kulit yang berminyak dan sering mengalai masalah jerawat? Kulit dengan tipe yang berminyak sering kali menjadi biang masalah karena kulit berminyak, membuat make up menjadi tidak tahan lama, kusam, wajah cepat mengkilap, komedo hingga tumbuhnya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Berminyak

Jerawat sering muncul pada kulit wajah berminyak

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan jerawat pada wajah berminyak, ada baiknyay kita mengetahui penyebab kulit berminyak terlebih dahulu.

Penyebab Kulit Berminyak

Penyebab kulit berminyak adalah kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan sehingga menimbulkan komedo dan produksi minyak berlebih. Untuk mencegah masalah tersebut, pastikan bahwa anda selalu membersihkan sisa-sisa tata rias setelah kegiatan selesai dan tak lupa untuk mencuci muka sebelum tidur.

Ciri-Ciri Kulit Berminyak

Jika anda memiliki ciri-ciri sebagai berikut, anda tergolong memiliki kulit wajah berminyak.

  • Tingkat elastisitas kulit tinggi, sehingga kulit akan terlihat awet muda walaupaun di usia senja
  • Permukaan kulit akan terlihat lebih mengkilap disertai dengan minyak di daerah hidung, dagu dan dahi.
  • Pori-pori kulit di wajah terlihat lebar dan terlihat banyak komedo
  • Biasanya lapisan kulit tanduk akan sering terkelupas

Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Berminyak

Sekarang ini ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat, yang sering dialami oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Yang perlu diingat adalah, hindari konsumsi makanan yang berlemak dan berminyak. Selain itu lakukan olahraga secara rutin, hal ini dimaksudkan agar peredaran darah menjadi lancar. Dengan menggunakan cara alami ini, bisa menguntungkan Anda untuk menghemat biaya, karena dengan cara ini Anda tidak perlu pergi ke salon maupun ke klinik kecantikan.

Berikut merupakan beberapa cara menghilangkan jerawat pada wajah berminyak yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah :

1. Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Buah Pisang

Masker pisang untuk mengatasi kulit berjerawat

Masker wajah alami dari pisang untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat

Penggunaan masker ini bermanfaat untuk pori-pori kulit yang besar. Pori-pori kulit yang besar sering kali mengalami penyumbatan yang diakibatkan oleh debu. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan perawatan menggunakan masker atau peeling alami. caranya dengan menghaluskan buah pisang dan campurkan dengan madu dan susu. Oleskan secara merata di seluruh bagian wajah. Tunggu dan diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan membasuhnya dengan air hangat setelah itu bilas kembali dengan menggunakn air dingin agar lebih segar. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu.

2. Menghilangkan Jerawat Dengan Air Rebusan Daun Seledri

Daun seledri bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Caranya dengan merebus daun seledri dengan air secukupnya. setelah airnya matang dan suhunya normal, basuhkan ke wajah dan tunggu sampai mengering. Lakukan perawatan ini setiap hari atau Anda bisa lakukan sebanyak 2 kali sehari.

3. Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Mentimun

Cara Mengatasi kulit berminyak dan berjerawat dengan masker mentimun

Khasiat dan manfaat mentimun untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Mentimun berkhasiat untuk mengatasi jerawat yang sering dialami oleh mereka yang berjenis kulit berminyak. Caranya cukup mudah, haluskan mentimun dengan menggunakan blender. Oleskan secara merata ke wajah dan tunggu selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Perawatan dengan masker ini dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

4. Menghilangkan Jerawat Dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat berkhasiat untuk membantu mengurangi kadar minyak dalam wajah. Caranya peras jeruk nipis untuk diambil airnya. Oleskan air perasan jeruk nipis ke seluruh wajah. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah yang sensitif, dianjurkan untuk tidak menggunakannya karena dapat menyebabkan kemerahan, iritasi dan rasa perih.

Perawatan Harian Untuk Wajah Berminyak Dan Berjerawat

Bagi yang yang sudah berjerawat atau rentan terhadap jerawat, solusi yang bisa Anda ambil adalah dengan mengkonsultasikan pada dokter kulit atau ahli kecantian. Selain itu Anda harus perhatikan cara merawat wajah berminyak dan berjerawat dengan baik. Diantanya adalah :

  • Hindari penggunaan produk kecantikan secara bergonta-ganti. Dengan bergonta-ganti produk kecantikan bisa mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Pilih produk kecantikan yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Hindari untuk memencet atau memainkan jerawat, karena hal ini bisa menyebabkan jerawat bisa menjadi semakin parah.
  • Penggunaan masker madu. Penggunakan madu sebagai masker dapat berkhasiat selain untuk kesehatan tubuh juda dapat mencegah munculnya jerawat. Cara penggunaan masker ini dilakuakn dengan cara membalurkan madu murni ke seluruh wajah. Tunggu dan diamkan selam 15-20 menit. Setelah itu bersihkan dengan membasuhnya dengan menggunakan air bersih.
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih berkhasiat untuk menghilangkan racun dan kotoran yang ada di tubuh.
  • Sehabis mencuci muka, jangan sekali-kali untuk menggosokan muka dengan handuk pada saat mengeringkannya. Yang Anda harus lakukan hanyalah dengan menepuk-nepuk ringan kulit wajah dengan handuk yang lembut.
  • Hindari pemakaian bedak padat untuk kegiatan ringan sehari-hari. Penggunaan bedak padat dan alas bedak dapat mengakibatkan tertutupnya pori-pori sehingga rentan menimbulkan jerawat terutama mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Untuk kulit wajah berminyak, disarankan menggunakan bedak tabur yang ringan.

Itulah penyebab dan ciri kulit berminyak serta cara menghilangkan jerawat pada wajah berminyak. Dengan cara alami tersebut, wajah berminyak anda akan terbebas dari jerawat. Lakukan cara alami tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Demikianlah artikel “Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Berminyak“, semoga tips menghilangkan jerawat pada kulit berminyak tersebut dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Baca juga :
loading...