Cara Mengecilkan Perut Buncit dan Berlemak Dengan Cepat dan Alami

Cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami – Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami. Tips ini sebenarnya mirip dengan pokok bahasan yang pernah kita uraikan dalam artikel “Cara Mengecilkan Perut Dan Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat“, namun bahasan kali ini lebih menitikberatkan pada bagian perut saja yaitu bagaimana membakar lemak perut serta mengecilkan perut secara alami dan cepat.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dan Berlemak Dengan Cepat dan Alami

Obesitas dan perut buncit membuat penampilan kurang seksi

Perut buncit biasanya disebabkan karena pola makan yang salah serta gaya hidup yang tidak benar. Misalnya mengkonsumsi gorengan yang notabene mengandung lemak berlebih atau tidur setelah makan dan masih banyak penyebab lainnya. Diperlukan cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami agar kembali seperti sediakala, misalnya dengan cara membakar lemak. Membakar lemak merupakan tindakan yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan timbunan lemak berlebih yang ada pada perut melalui aktivitas fisik atau olahraga dan dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat seperti dianjurkan pakar kesehatan.

Perut buncit biasanya dialami oleh orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, walaupun pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Untuk beraktivitas yaitu menjalankan segala kegiatan, kita membutuhkan kalori. Kalori tersebut kita cukupi dengan mengkonsumsi makanan. Ada makanan yang mengandung sedikit kalori dan ada pula yang mengandung banyak kalori. Kelebihan kalori pada tubuh tersebut akan disimpan pada tubuh dalam bentuk lemak. Timbunan lemak tersebut dimaksudkan sebagai cadangan energi yang barangkali dibutuhkan oleh tubuh. Jika anda banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dan sedikit beraktivitas, maka jangan salahkan jika anda akan mengalami obesitas. Timbunan lemak akan terus menumpuk seiring waktu jika anda tidak melakukan atau menerapkan cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami ini. Selain dengan cara ini, anda juga dianjurkan untuk mengikuti diet sehat seperti diet mayo atau diet dengan air putih.

Sebelum kita membahas mengenai cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa saja penyebab perut buncit. Dengan mengetahui penyebab perut buncit, dapat memberi kita pengetahuan bagaimana cara mencegah dan menghindar dari obesitas.

Penyebab Perut Buncit

1. Penyebab Perut Buncit Karena Makan Saat Malam Hari

Penyebab pertama perut buncit tidak lain adalah karena kebiasaan makan saat malam hari. Usahakan mengurangi porsi makan malam anda, sebisa mungkin gantikan dengan konsumsi buah dan sayuran saja. Bisa juga anda memajukan jam makan malam, misal menjadi sore hari. Makan malam dapat menyebabkan obesitas dan perut buncit, karena ketika makan tubuh memasukkan kalori. Nah kalori tersebut tidak digunakan sebagaimana mestinya misal beraktivitas, karena malam hari adalah waktu untuk tidur. Karena kalori yang masuk tadi tidak digunakan, maka otomatis akan disipan dalam tubuh berupa lemak sebagai cadangan energi. Makan disini tidak terbatas pada makan besar lho, ngemil juga termasuk didalamnya. Jadi usahakan untuk tidak ngemil saat malam hari.

2. Kurang Olahraga

Penyebab kedua yang menimbulkan timbunan lemak dalam tubuh adalah kurang olahraga. Seperti kita ketahui bersama bahwa dengan olahraga, lemak yang disimpan dalam tubuh akan terbakar. Dengan olahraga teratur, berat badan juga akan terkontrok, timbunan lemak pada perut juga akan semakin mengecil. Selain untuk penampilan yaitu melangsingkan tubuh, olahraga dapat membantu menjaga kebugaran dan kesehatan. Jika anda ingin tampil menarik sekaligus sehat, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba olahraga setiap hari.

3. Kebiasaan Tidur Setelah Makan

Selain saat malam hari, tidur siang pun juga beresiko menyebabkan perut buncit dan berlemak lho. Sehabis makan, umumnya mata akan terasa mengantuk dan rasa malas menyerang kita bukan? Nah usahakan ketika siang hari sehabis makan, jangan tidur namun usahakan duduk terlebih dahulu dan lakukan kegiatan seperti membaca koran atau aktivitas lain. Hal ini mencegah agar kalori yang anda masukkan melalui makanan tidak serta merta disimpan dalam tubuh yang menyebabkan perut buncit.

4. Kebiasaan Makan Makanan Berlemak dan Cepat Saji

cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami Dengan Menghindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung banyak lemak dan kolesterol sehingga kurang baik untuk kesehatan

Makanan berlemak dapat dijumpai pada makanan berkuah seperti rawon, gulai dll. Tidak hanya makanan berkuah, gorengan juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Apabila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut, sebaiknya hindari. Carilah makanan yang tidak berlemak atau tidak mengandung kolesterol yang tinggi. Selain makanan berkuah atau gorengan, makanan cepat saji juga mengandung lemak yang tinggi.

Nah, itulah beberapa penyebab perut buncit dan berlemak yang perlu anda waspadai. Lalu bagaimana cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami?? Berikut ulasannya.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dan Berlemak Dengan Cepat dan Alami

Seperti disinggung diatas, apabila kita mengerucutkan penyebab perut buncit diatas, maka penyebab utamanya adalah karena makanan dan kurang olahraga. Untuk menjaga perut anda menjadi langsing kembali atau bahkan berotot, anda harus mengikuti beberapa latihan olahraga mengecilkan perut buncit berikut ini, serta memperhatikan makanan apa saja yang baik untuk kesehatan anda.

A. Makanan Sehat Pencegah Obesitas

Selain menghindari makanan berlemak seperti disebutkan diatas, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berikut ini. Makanan berikut ini mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tanpa was-was akan
terjadi kenaikan berat badan.

1.  Buncis

manfaat buncis untuk membantu menurunkan berat badan

Buncis kaya akan serat dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Anda pasti sudah tau buncis bukan?? Buncis merupakan salah satu sayur berupa polong-polongan yang telah banyak digunakan sebagai sayuran pada sup, salad ataupun berbagai masakan lainnya. Buncis mengandung protein, flavanoid, vitamin dan serat yang tinggi yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, buncis juga mengandung antioksidan yang baik untuk menurunkan dan mengurangi cadangan lemak pada perut. Jika anda pembenci sayuran, tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi buncis dengan berbagai resep yang mungkin dapat menggugah selera anda. Bagi anda yang memiliki penyakit hipertensi, buncis sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat mengawal metabolisme gula dalam darah.

2.  Semangka

Cara Mengecilkan Perut Buncit dan Berlemak Dengan Cepat dan Alami dengan konsumsi semangka

Manfaat semangka untuk mengeluarkan kelebihan lemak dan kolesterol

Semangka atau dalam bahasa latinnya Citrullus lanatus, merupakan buah yang kaya akan kandungan air. Buah yang segar ini berdasarkan penelitian ternyata dapat membantu proses detoksivikasi dalam tubuh serta membantu mengeluarkan kelebihan lemak dan kolesterol. Nah selain rasanya yang enak, ternyata semangka juga kaya akan manfaat.

3.  Yogurt

Cara Mengecilkan Perut Buncit dan Berlemak Dengan Cepat dan Alami dengan yoghurt

Yoghurt bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan

Yoghurt merupakan salah satu produk turunan dari susu hasil fermentasi. Saat ini yoghurt sudah banyak sekali dijual dipasaran, anda dapat dengan mudah memperolehnya. Selain nikmat, yoghurt merupakan minuman yang memiliki kadar lemak yang rendah. Bagi anda yang menjalankan program diet, yoghurt ini cocok sekali untuk menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan karena mengandung bakteri laktobasilus.  Laktobasilus merupakan bakteri yang baik yang berperan merangsang kerja usus dan melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, yoghurt sangat baik dikonsumsi oleh anda yang ingin mengecilkan perut. Untuk tujuan diet, pilihlah yoghurt tanpa rasa atau plain karena gula dapat meningkatkan kalori yang nantinya ditimbun menjadi lemak dalam darah.

4.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan untuk mengecilkan perut buncit

Kacang merah meraupakan salah satu kacang-kacangan yang baik untuk program diet sehat anda

Kacang-kacangan merupakan jenis sayuran yang kaya akan serat. Secangkir kacang mengandung 9-13 gram serat. Serat tersebut bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah serta untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tak heran jika kacang-kacangan dapat digunakan sebagai makanan wajib bagi mereka yang menjalankan program diet. Selain serat, kacang-kacangan juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, zat besi serta folat. Beberapa kacang yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kacang mete, almond, kacang merah dll. Kacang ini juga baik lho untuk melancarkan ASI terutama bagi ibu yang sedang menyusui.

5.  Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk menurunkan berat badan

Oatmeal kaya akan serat dan baik untuk menu diet sehat

Oatmeal atau yang lebih dikenal dengan biji gandum, merupakan makanan yang tergolong dalam biji-bijian. Oatmeal mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh seperti serat pangan dan vitamin B kompleks. Di berbagai tips diet sehat, oatmeal sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat mengurangi lemak pada perut serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah (baca juga : Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan dan Kecantikan).

Itulah menu makanan pencegah obesitas yang perlu anda ketahui. Makanan diatas sangat dianjurkan ketika anda melakukan program diet. Jangan melakukan program diet yang tidak masuk akal, misalnya mengkonsumsi cuka, memuntahkan makanan atau bahkan tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Diet kurang sehat tersebut umumnya dilakukan oleh wanita yang sangat tidak percaya diri akan bentuk tubuhnya yang tidak proporsional. Memang diet tersebut dalam waktu cepat dapat mengembalikan bentuk tubuh anda yang ramping dan langsing, namun dampak negatifnya adalah merugikan kesehatan anda. Anda menjadi kekurangan gizi. Diet yang sehat dilakukan dengan perhitungan yang matang dan tetap memperhatikan asupan serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebaiknya sertakan makanan diatas sebagai menu diet sehat anda.

Selain dengan pantangan makanan berlemak dan anjuran konsumsi makanan anti obesitas diatas, anda masih diharuskan untuk melakukan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Jika asupan makanan dan lemak sudah anda kendalikan, maka saatnya anda membakar timbunan lemak yang ada pada tubuh anda, caranya adalah dengan olahraga seperti dipaparkan dibawah ini.

B. Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Apa sajakah olahraga untuk mengecilkan perut buncit?? Anda dapat mencoba olahraga dengan latihan kardio yaitu fokus pada bagian perut. Anda mungkin sudah mengenal dengan olahraga sit up, yang notabene adalah olahraga untuk membentuk otot bagian perut serta bermanfaat untuk membakar lemak pada perut. Selain sit up, ada banyak olahraga yang dapat anda lakukan untuk membakar timbunan lemak pada perut.

Olahraga mengecilkan perut buncit berbeda dengan olahraga untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, anda dapat mencoba joging, jalan, bersepeda, renang dan olahraga lainnya. Untuk olahraga yang bertujuan mengecilkan perut, tentunya harus berfokus pada daerah sekitar perut. Tujuannya tidak lain adalah membakar lemak pada perut serta membentuk otot perut menjadi lebih seksi. Berikut adalah olahraga mengecilkan perut buncit yang dapat anda lakukan.

1.  Sit Up

Olahraga sit-up untuk mengecilkan perut buncit

Olahraga sit-up untuk mengecilkan perut buncit

Olahraga sit up merupakan salah satu cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami. Sit up sudah banyak dikenal orang sebagai olahraga yang dapat membakar lemak pada perut serta membentuk abdomen menjadi lebih berotot. Untuk melakukannya, pertama-tama tidurlah menghadap keatas diatas matras atau karpet. Tekuk sedikit lutut anda, satukan telapak tangan kanan dan kiri pada bagian belakang kepala. Angkat tubuh bagian atas menggunakan otot perut. Usahakan telapak kaki tetap menempel pada lantai saat anda mengangkat tubuh anda, tujuannya agar olahraga ini secara efektif melatih otot perut serta membakar lemak pada perut. Tahan beberapa detik kemudian rebahkan kepala anda kembali pada lantai. Lakukan sesuai kemampuan anda, jangan memaksakan diri karena dapat menyebabkan kram pada perut. Apabila anda rutin melakukan setiap hari, tingkatkan intensitas latihan dengan menaikkan jumlah situp yang anda lakukan.

Bagi anda pemula yang belum terbiasa melakukan, lakukan gerakan ini dengan meluruskan lutut, tidak seperti disebutkan diatas. Anda dapat dibantu seorang teman untuk memegangi kaki anda saat anda mulai mengangkat badan anda. Cara ini akan terasa lebih ringan dan cocok bagi pemula. Selain dengan memegangi kaki, anda juga dapat melakukan variasi lainnya, seperti memiringkan badan sebesar 30 derajat ke kiri atau ke kanan ketika anda mengangkat tubuh menggunakan otot perut anda. Tujuan memiringkan badan ini adalah untuk lebih memfokuskan pembakaran lemak serta pembentukan otot pada perut bagian samping kiri atau kan. Oleh karena itu lakukan dengan bergantian miring ke kiri ataupun ke kanan agar terjadi keseimbangan pada kedua sisinya.

2.  Squat

Cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami selanjutnya adalah dengan olahraga squat. Squat umumnya dikenal sebagai olahraga yang bertujuan untuk mengecilkan paha dan betis. Kenyataannya, squat dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami. Squat tidak hanya melatih otot bagian paha dan betis saja, namun otot perut juga akan mengalami kontraksi ketika melakukan gerakan ini. Apabila anda tidak terbiasa melakukan gerakan ini, maka otot bagian bawah yaitu paha dan betis akan terasa pegal-pegal. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan squat 2-4 hari berturut-turut sampai kaki anda merasa pegal dan nyeri, setelah itu istirahatkan selama beberapa hari sampai seminggu hingga pegal dan nyeri tersebut hilang. Setelah hilang, anda dapat melanjutkan latihan ini secara rutin. Sekali lagi disarankan untuk melakukannya secara rutin, jika tidak, maka rasa pegal dan nyeri tersebut akan berulang lagi dan anda harus memulai dari awal. Trik ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk squat saja, namun juga bentuk latihan yang lain seperti pull up, push up, sit up, scotch jump dll.

Olahraga Mengecilkan perut buncit Dengan Metode Squat Kaki Lebar

Squat

Untuk melakukan squat, pertama-tama anda harus berdiri tegak sambil membuka kaki selebar bahu anda. Jongkokkan badan anda kebawah dengan menekuk kedua tangan anda kedepan. Biarkan beberapa detik kemudian kembali berdiri seperti semula. Bagi pemula, lakukan latihan ini tanpa memaksakan kemampuan anda, namun lakukan dengan rutin niscaya kemampuan anda melakukan squat akan meningkat pula. Sebaiknya tingkatkan intensitasnya setiap seminggu sekali.

Anda juga dapat mengkombinasikan latihan squat ini dengan menggunakan barbel. Tujuannya agar tidak hanya otot paha, betis dan perut saja yang dilatih namun sekali latihan, anda dapat melatih keseluruhan tubuh anda termasuk tangan anda. Ketika anda merubah posisi dari berdiri menjadi jongkok, jangan merubah posisi tangan, barbel harus dalam keadaan seperti itu. Dengan memegang barbel, otot pada tangan anda akan bekerja, selain itu beratnya barbel dapat menambah beban sehingga otot perut dan kaki juga akan bekerja ekstra.

Untuk tingkat lanjutan, anda dapat memegang barbel dan posisikan di bagian dada depan leher. Lakukan seperti sebelumnya, namun kali ini lebih terasa bebannya karena anda harus mengangkat barbel. Jika anda tidak kuat melakukannya, gunakan barbel panjang yang lebih ringan dan letakkan barbel panjang tersebut pada bagian belakang leher atau pundak belakang dengan kedua tangan memegang ujung barbel kanan dan kiri.

3.  Olahraga Lainnya Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Selain kedua olahraga seperti disebutkan diatas, anda juga dapat melakukan jenis olahraga lainnya seperti back up elliptical trainer, leg crunch dan olahraga lainnya yang digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami. Gerakan olahraga tersebut memiliki tujuan tersendiri selain untuk mengecilkan perut anda. Dianjurkan bagi anda untuk tetap rutin melakukan olahraga ini 3x seminggu. Dengan komitmen yang kuat, tentu saja ini bukanlah suatu halangan. Namun jika anda kurang memiliki komitmen, maka olahraga apapun terasa sangat berat. Bagi anda yang malas melakukan olahraga, anda dapat membaca artikel sebelumnya, yaitu Prosedur dan Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat.

Itulah kedua cara mengecilkan perut buncit dan berlemak dengan cepat dan alami, yaitu dengan makanan dan olahraga. Kombinasi kedua hal tersebut akan memberi efek yang menakjubkan pada perut anda, namun sekali lagi harus dilakukan dengan rutin. Kunci keberhasilannya tentu saja pada komitmen dan kemauan yang keras. Semakin tinggi komitmen anda, maka diet sehat serta olahraga teratur dapat anda lakukan tanpa merasa terbebani, namun sebaliknya apabila anda kurang memiliki komitmen, maka akan terasa berat dan tujuan anda untuk mendapatkan tubuh langsing ideal sangat sulit terealisasikan.

Demikianlah artikel “Cara Mengecilkan Perut Buncit dan Berlemak Dengan Cepat dan Alami“, semoga memberi khasanah pengetahuan bagi anda. Tidak ada salahnya jika tips dan cara mengecilkan perut buncit ini anda bagikan pada teman anda, barangkali mereka membutuhkan tips ini, selamat mencoba. [info-kecantikan.com]


Baca juga :
loading...