Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil. Bagi pasangan suami istri, kehamilan merupakan hal membahagiakan yang pastinya dinantikan. Namun kehamilan itu tidak hanya memberikan kabar gembira tetapi juga terkadang muncul permasalahan baru, salah satunya adalah kerontokan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Rambut rontok saat hamil sangat umum terjadi pada ibu hamil, mulai dari kerontokan normal yaitu dibawah 100 helai/hari sampai kerontokan abnormal yaitu diatas 100 helai/hari. Jika ibu mengalami mual muntah berlebihan dan sedikit mengasup makanan, rambut pun bisa mengalami kekurangan nutrisi sehingga mudah rontok. Umumnya kerontokan rambut saat hamil terjadi pada trimester kedua dan mencapai puncaknya pada 3-4 bulan pasca melahirkan. Jika anda mengalami rambut rontok saat hamil, jangan menunda lagi, segera lakukan cara mengatasi rambut rontok saat hamil. Nah sebelum kita membahas cara mengatasi rambut rontok saat hamil, ada baiknya kita membahas penyebab rambut rontok saat hamil.

 

Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

Berikut adalah faktor-faktor penyebab rambut rontok saat hamil :

1. Penyebab rambut rontok saat hamil karena faktor hormon.

Penyebab rambut rontok saat hamil sebagian besar disebabkan karena pengaruh perubahan hormon saat hamil. Keseimbangan hormon bergeser secara drastis dan hormon sebagian besar akan digunakan untuk pertumbuhan janin. Secara teknis dijelaskan sebagai berikut : hormon esterogen dan progesteron yang biasanya diproduksi pada akhir siklus menstruasi harus digantikan dengan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang menstimulasi kembali produksi hormon estrogen dan progresteron dengan tingkat produksi yang tinggi. Saat bayi sudah lahir, hormon tersebut akan kembali normal untuk melindungi ibu.

2. Penyebab rambut rontok saat hamil karena kurangnya nutrisi

Saat hamil, kebutuhan nutrisi bagi rambut anda harus terpenuhi dengan baik. Adapun nutrisi tersebut adalah protein, vitamin B (khususnya Biotin), vitamin C, dan mineral Seng (Zn).

3. Penyebab rambut rontok saat hamil karena rambut berminyak

Rambut berminyak saat hamil sebenarnya disebabkan karena faktor hormonal seperti disebutkan diatas. Karena perubahan hormonal tersebut, terjadi perubahan kulit dan jaringan tubuh termasuk kulit kepala dan rambut menjadi berminyak dan lepek. Karena produksi minyak berlebih ini akhirnya rambut menjadi rapuh dan rontok.

Itulah penyebab rambut rontok saat hamil. Sebagian besar faktor penyebabnya karena faktor dari dalam yaitu hormonal, dimana kita tidak bisa merubah hal itu. Namun demikian, ada cara mengatasi rambut rontok saat hamil. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Jika anda mengalami kerontokan rambut saat hamil, sebaiknya anda melakukan cara mengatasi rambut rontok saat hamil. Diharapkan dengan melakukan cara mengatasi rambut rontok saat hamil, kerontokan dapat berkurang bahkan teratasi. Berikut adalah cara mengatasi rambut rontok saat hamil :

  • Makanlah buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, B, C, tembaga, zat besi, dan zink untuk mencegah kerontokan rambut saat hamil.
  • Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung Biotin dan Silica. Perbanyak makan vitamin seperti Vitamin B komplek, Vitamin E dan Zat Besi.
  • Untuk mengatasi rambut rontok saat hamil, jangan melakukan pengeritingan atau pengecatan rambut karena keduanya menggunakan obat-obatan kimiawi yang memacu kerontokan rambut saat hamil. Penggunaan zat kimia tersebut juga dikhawatirkan mempengaruhi dan mengganggu pertumbuhan janin.
  • Cuci rambut secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran di kulit kepala dan mengurangi minyak di kulit kepala. Jangan menggunakan shampo berbahan sulfatan anion, karena bisa membuat rambut tambah rapuh.
  • Gunakan sisir yang lembut dan bergigi jarang. Sisir yang lembut dan bergigi jarang dapat mengurangi resiko rambut rontok ketika menyisir rambut.
  • Jangan mengikat rambut terus menerus, selain itu hindari mengikat rambut dengan kencang, apalagi menggunakan karet gelang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  • Jangan melakukan creambath karena tarikan pada rambut dapat membuat rambut tambah rapuh. Begitu pula blow catok, yang bahkan menggunakan alat bersuhu tinggi juga sebaiknya dihindari.
  • Hindari memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  • Perhatikan kebersihan lingkungan. Hal ini demi membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Lingkungan yang sehat membuat kulit kepala tidak mudah kotor meskipun berkeringat.

 

Dari ulasan diatas, ternyata ada banyak cara mengatasi rambut rontok saat hamil. Selain itu anda dapat melakukan perawatan rambut rontok saat hamil. Berikut ulasannya :

 

Cara Merawat Rambut Rontok Saat Hamil

Anda harus memperhatikan cara merawat rambut rontok saat hamil. Tidak hanya rambut, kulit kepala juga harus anda perhatikan. Perawatan rambut bertujuan untuk menguatkan akar rambut sedangkan perawatan kulit kepala bertujuan untuk membersihan sisa kulit mati yang menempel pada kulit kepala, menghilangkan gatal, melancarkan aliran darah.

Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah tanpa harus ke salon. Lebih murah namun lebih ribet dan membutuhkan perlengkapan, seperti penutup kepala dari bahan plastik (shower cap), handuk, pelembab rambut, jepit rambut, sikat atau sisir bulu (baik bulu alami maupun sintetis) dan kuas rambut.
Berikut adalah cara merawat rambut rontok saat hamil :

  • Belah rambut menjadi 4. Usahakan bagian-bagian rambut tersebut tidak lebih panjang atau lebih lebar dari sikat rambut.
  • Bersihkan seluruh permukaan kulit kepala dengan menggunakan sikat bulu sebanyak 3 kali.
  • Olesi seluruh permukaan kulit kepala dengan pelembab rambut menggunakan kuas rambut. Lakukan 2 atau 3 kali.
  • Kemudian bungkus dengan shower cap.
  • Selanjutnya, tutup seluruh kepala dengan handuk yang telah dihangatkan dengan uap air panas atau udara panas hair dryer. Diamkan selama sekitar 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih. Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Hindari menggunakan shampo berbahan sulfatan anion.
  • Usapkan kondisioner pada rambut
  • Bilas dengan air hingga bersih.

 

Itulah cara merawat rambut rontok saat hamil yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Dengan perawatan tersebut niscaya kerontokan dapat teratasi. Namun demikian beberapa ibu hamil masih mengalami kerontokan pasca melahirkan. Kerontokan rambut umumnya terjadi pada trimester kedua dan mencapai puncaknya pada 3-4 bulan pasca melahirkan. Oleh karena itu, tidak heran beberapa ibu hamil kadang memiliki masalah kerontokan rambut setelah melahirkan. Untuk mengatasinya, berikut adalah cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Berbeda dengan kerontokan rambut saat hamil, penyebab rambut rontok saat melahirkan sebagian besar disebabkan karena stres. Ketika bayi masih berusia beberapa bulan, seorang ibu berada dalam kondisi yang sangat lelah yaitu harus bangun tengah malam, kurang tidur dan stres karena tugas baru sebagai ibu.

Karena stress itulah nantinya menjadi penyebab rambut rontok. Bagaimana cara mengatasi rambut rontok saat melahirkan? Berikut tipsnya :

  • Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan Dengan Minum Vitamin

Minumlah vitamun khusus yang dapat mengatasi rambut rontok atau menguatkan akar rambut. Pastikan produk vitamin dan nutrisi tersebut sudah terdaftar di BPOM RI demi keamanan anda. Bacalah aturan pemakaiannya, jika kerontokan rambut sudah parah, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Pastikan Anda tidak minum sembarang obat saat sedang mengandung.

  • Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan Dengan Menggunakan Tonik Alami

Gunakan tonik berbahan alami yang anda buat sendiri. Jika anda terlalu repot dan tidak memiliki waktu, anda dapat menggunakan produk tonik yang beredar dipasaran. Pastikan juga produk tonik tersebut terdaftar di BPOM RI. Sebagai pertimbangan, gunakan tonik yang mengandung minyak kemiri atau bahan alami lainnya yang sudah pernah dibahas disini, anda dapat membaca artikel “Cara Merawat Rambut Rontok”.

  • Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan Dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi.

Penuhilah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pastikan anda terus mengkonsumsi buah, sayuran, daging, ayam, biji-bijian dan kacang-kacangan yang mengandung nutrisi yang diperlukan semasa menyusui. Selain makanan tersebut berguna bagi kesehatan rambut anda, nutrisi makanan tersebut juga berguna untuk bayi, karena asupan gizi ASI didapatkan dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

Semoga dengan ulasan mengenai penyebab rambut rontok saat hamil, cara mengatasi rambut rontok saat hamil serta tips mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, anda dapat memiliki pengetahuan lebih yang nantinya berguna bagi anda. Kegembiraan menyambut si buah hati tidak akan terganggu dengan hadirnya masalah kerontokan rambut.

Demikianlah artikel “Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil“, apabila anda memiliki pengalaman seputar cara mengatasi rambut rontok saat hamil, anda dapat berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...