Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami


Baca juga :
loading...

Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami – Rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita yang harus benar-benar dirawat. Semua wanita pasti menginginkan rambut yang halus dan indah. Tetapi banyak dari mereka yang mengalami masalah rambut seperti rambut berminyak dan rontok. Gangguan ini biasanya terjadi karena suhu yang panas. Apalagi bagi Anda yang berjilbab, pastinya rentan untuk terjadinya rambut berminyak dan rambut rontok. Jika anda tidak ingin masalah tersebut menghantui anda, sebaiknya anda memperhatikan cara merawat rambut berminyak dan rontok.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami

Rambut indah, tebal dan sehat adalah dambaan setiap wanita

Adanya permasalahan rambut berminyak dan rontok dapat menjadikan riasan anda tidak berguna. Bagaimana tidak, walaupun wajah anda terlihat segar dan cantik mempesona namun rambut anda terlihat lepek ataupun tidak lebat (bagi yang memiliki masalah kerontokan rambut) maka penampilan anda secara keseluruhan menjadi kurang maksimal. Bagi anda yang berjilbab, walaupun anda tidak memperlihatkan rambut, namun apakah itu berarti anda mengabaikan kesehatan rambut? Tentu tidak bukan, karena rambut berminyak dapat menyebabkan kerontokan, rapuh dan berketombe.

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi rambut berminyak, namun kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami. Sebelum membahas mengenai tips mengatasi rambut berminyak dan lepek, ada baiknya kita mengetahui tentang penyebab rambut berminyak agar kita dapat menentukan cara yang tepat untuk mengatasi rambut berminyak dan lepek.

7 Penyebab Rambut Berminyak

Sebenarnya, kenapa rambut berminyak?? Ternyata ada banyak faktor penyebab rambut rontok seperti diulas berikut ini :

1. Penyebab Rambut Berminyak Karena Makanan Berlemak

Salah satu penyebab rambut berminyak adalah makanan berlemak. Minyak yang terdapat pada lemak makanan yang dikonsumsi secara berlebih akan dikeluarkan kembali melalui pori-pori kulit, tak terkecuali kulit kepala.

2. Penyebab Rambut Berminyak Karena Produk Perawatan Rambut

Produk rambut juga merupakan penyebab rambut berminyak. Sebaiknya perhatikan karakteristik kulit anda sebelum membeli produk perawatan rambut. Salah memilih produk perawatan rambut justru akan membuat rambut anda berminyak dan terlihat lepek.

3. Penyebab Rambut Berminyak Karena Hormon

Produksi hormon berlebih dapat menyebabkan kulit kepala berminyak.

4. Penyebab Rambut Berminyak Karena Terlalu Sering Menyisir Rambut

Penyebab Rambut Berminyak Karena Terlalu Sering Menyisir Rambut

Terlalu sering menyisir rambut dapat menyebabkan rambut berminyak

Terlalu sering menyisir rambut dapat membuat kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih, sehingga rambut anda terlihat lepek.

5. Penyebab Rambut Berminyak Karena Stres

Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda mengalami stres, produksi minyak pada kulit menjadi berlebih.

6. Penyebab Rambut Berminyak Karena Gangguan Kulit Kepala

Kelenjar sebaceous yang terlalu aktif dapat menyebabkan gangguan pada kulit atau kulit kepala seperti dermatitis. Gejala kulit berminyak dan rambut dapat berupa pengelupasan dan gatal-gatal pada kulit kepala, rambut rontok dan kemerahan pada daerah sekitar kulit.

7. Penyebab Rambut Berminyak Karena Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan juga merupakan penyebab rambut rontok. Jika keluarga anda memiliki riwayat kelebihan minyak, maka anda juga kemungkinan mengalami hal yang sama.

Itulah 7 penyebab rambut berminyak. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah cara merawat rambut berminyak dan rontok serta cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami.

Cara Merawat Rambut Berminyak Dan Rontok

Permasalahan rambut memang sangat mengganggu, oleh karena itu segera carilah cara merawat rambut berminyak dan rontok yang tepat untuk mengatasinya. Permasalahan rambut tidak hanya rambut berminyak saja yang berakibat pada ketombe. Tetapi juga ada permasalahan lain yang biasa dialami oleh orang-orang yaitu kerontokan. Kerontokan ini bisa diakibatkan karena ketombe, faktor genetik, makanan maupun polusi udara. Pastilah ini sangat mengganggu Anda. Rambut Anda akan terlihat tidak sehat apabila mengalami kerontokan yang mengakibatkan rambut menjadi tipis. Untuk mencegah rambut berminyak dan rontok, ada beberapa perawatan yang perlu anda perhatikan serta pantangan yang harus dihindari :

  • Gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, gunakan untuk rambut yang berminyak atau bisa menggunakan shampoo bayi. Penggunaan shampo ini supaya rambut Anda tidak lepek.
  • Pada saat keramas gunakan air yang dingin atau normal agar kepala Anda terasa fresh. Penggunaan air hangat pada saat keramas akan membuat rambut menjadi berminyak.
Cara Merawat Rambut Berminyak Dan Rontok

Hindari penggunaan air hangat saat keramas untuk mencegah rambut berminyak

  • Cucilah rambut Anda dua hari sekali agar rambut menjadi bersih. Perlu Anda inget pada saat keramas, fokuskan pada tiap helai rambut Anda bukan lebih fokus kepada kulit kepala.
  • Oleskan minyak kelapa sebelum Anda memulai keramas. Pijat-pijat kepala Anda dan diamkan selama 30 menit. Penggunaan minyak kelapa ini bertujuan untuk mencegah ketombe, karena rambut yang berminyak sering menimbulkan ketombe.
  • Pergunakan kondisioner yang sesuai jenis rambut Anda yang berminyak. Gunakan kondisioner pada ujung rambut, bukan diakar rambut. Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara penggunaan kondisioner yang benar. (Baca juga : Manfaat Kondisioner Bagi Rambut Anda)
  • Hindari kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari seprti : mengaruk kepala terlalu keras, karena ini akan menghasilkan sekresi yang berlebih yang dapat menimbulkan ketombe, jangan terlalu sering menyisir rambut karena hal tersebut dapat merangsang timbulnya minyak yang banyak, selain itu usahakan untuk tidak memakai gel rambut, karena rambut Anda akan terkesan lepek.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami

Tips mengatasi rambut berminyak dan rontok sebenarnya tidaklah sulit. Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami dapat dilakukan dengan berbagai langkah seperti berikut ini (Baca juga : Cara Merawat Rambut Rontok)

1. Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami Dengan Jeruk Lemon

Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami Dengan Jeruk Lemon

Khasiat air perasan jeruk lemon untuk mengatasi rambut berminyak

Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami yang pertama adalah menggunakan Jeruk Lemon. Jeruk Lemon secara efektif dapat mengatasi rambut berminyak serta menekan produksi minyak pada kulit kepala. Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami dengan jeruk lemon adalah :

    1. Sediakan beberapa Jeruk Lemon
    2. Peras atau blender Jeruk Lemon tersebut
    3. Balurkan secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala
    4. Tunggu dan diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan menggunakan air yang bersih

Lakukan cara diatas 2x dalam seminggu untuk mengatasi rambut berminyak.

2. Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami Dengan Lidah Buaya

Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami Dengan Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami

Lidah buaya telah banyak digunakan dalam produk perawatan rambut. Lidah buaya berkhasiat menyehatkan serta mencegah rambut rontok. Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami dengan Lidah Buaya sangat mudah dan tidak memberi efek samping karena terbuat dari bahan yang alami berasal dari alam.

      1. Siapkan beberapa helai daun lidah buaya
      2. Ambil daging lidah buaya untuk mendapatkan lendirnya
      3. Oleskan secara merata lendir dari lidah buaya di kulit kepala
      4. Pijat ringan dan diamkan selama 15 menit agar merasuk dalam kulit kepala
      5. Setelah itu keramas dengan menggunakan air bersih.
      6. Untuk kesuburan rambut, Anda bisa manfaatkan minyak kemiri atau urang aring.

Itulah penyebab rambut berminyak, cara merawat rambut berminyak dan rontok serta cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara alami (Baca juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami). Mulai sekarang mulailah menggunakan cara yang alami, memang cara modern lebih cepat dan praktis tetapi mungkin akan memberi efek samping yang berbahaya bagi Anda. Cara mengatasi rambut berminyak secara alami tersebut tentunya aman dan bebas efek samping, karena bahan yang digunakan berasal dari alam. Untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Demikianlah artikel “Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok Secara Alami“, semoga tips mengatasi rambut berminyak dan rontok tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Apabila artikel tersebut anda rasa bermanfaat, tidak ada salahnya jika anda berbagi pada teman anda.


Baca juga :
loading...