Cara Mengatasi Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Kulit Ubi Jalar Ungu


Baca juga :
loading...

Cara mengatasi diabetes melitus tipe 2 dengan kulit ubi jalar ungu. Diabetes melitus atau biasa disingkat diabetes atau dikenal dengan kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Cara Mengatasi Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Kulit Ubi Jalar Ungu

Gejala Diabetes Melitus

Gejala umum diabetes melitus adalah :

  1. Hilangnya berat badan
  2. Sering pipis (polyuria)
  3. Sering haus (polydipsia)
  4. Sering lapar (polyphagia)

Pada diabetes tipe 1, dalam beberapa minggu saja gejala tersebut dapat berkembang sangat cepat. Sedangkan pada diabetes tipe 2 biasanya berkembang jauh lebih lambat dan mungkin tanpa gejala sama sekali atau tidak jelas. Beberapa gejala lainnya adalah

  1. Pandangan yang kabur. Tingginya tingkat glukosa darah yang lama dapat menyebabkan penyerapan glukosa pada lensa mata, yang menyebabkan perubahan bentuk, dan perubahan ketajaman penglihatan.
  2. Sakit kepala
  3. Fatigue
  4. Penyembuhan luka yang lambat
  5. Gatal-gatal. Gatal-gatal karena diabetes dikenal sebagai diabetic dermadromes.

 

Akibat Diabetes Melitus

Penderita diabetes melitus yang mengabaikan perawatan dan pengobatan dapat memicu berbagai komplikasi kronis, seperti :

  1. Gangguan pada sistem saraf hingga disfungsi saraf autonom, foot ulcer, amputasi, charcot joint dan disfungsi seksual dan gejala lain seperti dehidrasi, ketoasidosis, ketonuria dan hiperosmolar non-ketotik yang dapat berakibat pada stupor dan koma.
  2. Gangguan pada mata dengan potensi berakibat pada kebutaan,
  3. Gangguan kardiovaskular, disertai lesi membran basalis yang dapat diketahui dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop elektron
  4. Gangguan pada ginjal hingga berakibat pada gagal ginjal
  5. Rentan terhadap infeksi.

Mengerikan juga ya akibat yang ditimbulkan karena penyakit diabetes melitus. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi diabetes melitus tipe 2 dengan kulit ubi jalar ungu. Mungkin sebagian dari anda baru mengetahui bahwa kulit ubi jalar ungu dapat membantu mengatasi diabetes melitus tipe 2.

 

Cara Mengatasi Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Kulit Ubi Jalar Ungu

Siapa menyangka bahwa kulit ubi jalar yang selama ini hanya menjadi limbah ternyata dapat digunakan untuk mengobati diabetes melitus tipe 2. Kulit ubi jalar mengandung antosianin yang dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Antosianin dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin melalui aktivasi AMP-activated protein kinase (AMPK), yang diikuti oleh peningkatan ekspresi GLUT 4 yang kemudian dapat meningkatkan serapan glukosa ke dalam jaringan.

Untuk mendapatkan antosianin yang bagus, pengolahan kulit ubi jalar dilakukan melalui ekstraksi menggunakan Microwave Assisted Extraction (MAE). Dari hasil penelitian terhadap sejumlah tikus yang dibuat diabetes, ekstrak kulit ubi jalar ungu dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan serta mampu meningkatkan sensitivitas insulin pada tikus-tikus percobaan tersebut.

Itulah cara mengatasi diabetes melitus tipe 2 dengan kulit ubi jalar ungu. Kita tunggu saja kelanjutan penelitian tersebut, semoga penelitian tersebut menghasilkan produk yang dapat kita konsumsi langsung tanpa melakukan ekstraksi menggunakan Microwave Assisted Extraction (MAE).

Demikianlah artikel “Cara Mengatasi Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Kulit Ubi Jalar Ungu”, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Baca juga :
loading...