Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Mandiri

Cara mendidik anak usia dini agar mandiri. Apakah anda seorang ibu yang memiliki buah hati?? Sangat menyenangkan bukan memiliki buah hati yang lucu. Jangan terlena dengan kegembiraan tersebut, karena sayangnya anda pada si buah hati, anda sampai memanjakan mereka. Karena efek negatif dari anak manja adalah tidak bisa mandiri.

Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Mandiri

Mandiri adalah salah satu sikap yang diharapkan semua orangtua pada anak mereka. Bagaimanakah cara mendidik anak usia dini agar mandiri dan tidak manja jika mereka bergelimangan fasilitas dari anda, misalkan fasilitas antar jemput mobil mewah, rumah mewah, mainan terbaru??

Mendidik anak usia dini agar mandiri dan tidak manja membutuhkan usaha dan kerja keras. Anda sebagai orangtua dituntut memiliki tingkat disiplin yang tinggi dan niat yang kuat. Berikut adalah cara mendidik anak usia dini agar mandiri dan tidak manja.

 

Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Mandiri

Anda dapat menerapkan 13 cara mendidik anak usia dini agar mandiri dan tidak manja berikut ini pada anak anda.

1. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Tidak Takut Gagal

Cara mendidik anak usia dini agar mandiri, yang pertama adalah mengajarkan mereka untuk tidak takut gagal. Selain itu jangan terlalu melindungi perasaan mereka dari kekecewaan karena kegagalan. Tanamkan rasa percaya diri dan pengertian bahwa gagal adalah sukses yang tertunda. Kerja keras merupakan kunci keberhasilan melakukan sesuatu. Praktikkan konsekuensi alami dari usia dini. Bagi beberapa pengalaman Anda sendiri dan ajarkan mereka pelajaran hidup. Selain itu, jangan berlebihan melindungi mereka dari kekecewaan. Anda harus benar-benar memahami dan percaya bahwa gagal dan jatuh merupakan bagian dari pengembangan masa kanak-kanak yang sukses.

2. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Tidak Menuruti Semua Keinginan Anak

Cara mendidik anak usia dini agar mandiri, yang kedua adalah dengan tidak menuruti semua keinginan mereka. Anak adalah buah hati ayah dan ibu, pastinya anda sangat menyayanginya dan berusaha mencukupi kebutuhan mereka. Namun demikian, tidak baik jika anda menuruti semua keinginan anak, karena mencetak mereka menjadi anak manja dan selalu mengandalkan orang lain. Jika saat kecil anak dimanjakan dengan mengikuti semua keinginannya, ke depannya mereka menjadi anak yang tidak mandiri dan malas karena selalu berpikir ada orang tua yang akan memberikan semua yang diinginkannya. Biasakanlah anak Anda untuk berusaha mengerjakan tugas mereka sendiri agar mereka dapat belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.

3. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Menghargai Uang

Ketika mereka menginginkan sesuatu, mintalah mereka membeli dengan tabungannya sendiri. Bagaimana jika barang yang dimintanya terlalu mahal, misal sepeda?? Suruh mereka giat menabung, uang tabungan selain dari uang saku juga dari tarif yang anda berikan ketika membantu anda. Misal tarif membantu mencuci gelas dan piring per hari sebesar Rp 5000. Dari uang hasil membantu anda tersebut, berilah pengertian untuk menabungnya agar bisa membeli sepeda. Dengan demikian anda telah mengajarkan anak untuk giat menabung, tidak malas dan mandiri serta bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

5. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Memberikan Penghargaan

Cara mendidik anak usia dini agar mandiri juga dapat dilakukan dengan memberikan penghargaan pada mereka karena jerih payahnya. Selain uang yang diterima dari ilustrasi point ke 4, penghargaan juga dapat berupa ciuman dan pelukan serta hadiah lain sesuai prestasi.

6. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Berkata Jujur

Mengajari berkata jujur adalah bagian dari cara mendidik anak usia dini agar mandiri. Ajari mereka untuk terbuka tentang keadaannya dalam segala hal, baik itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan anak Anda tertutup tentang perasaan mereka terhadap Anda. Dengan cara ini, Anda sudah mendidik anak Anda untuk bertindak jujur dalam kehidupannya.

7. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Berkomunikasi Dengan Anak

Komunikasi adalah salah satu kunci keberhasilan mendidik anak usia dini agar mandiri. Tanpa komunikasi, mustahil anda membentuk mereka menjadi anak yang mandiri. Suruhlah mereka bercerita ketika pulang sekolah, apa yang tadi mereka kerjakan dll. Ketika anda menyuruh anak, jangan gunakan kalimat perintah, sebaiknya gunakan bahasa penuh pengertian dan motivasi.

8. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Kekompakan

Kekompakan yang dimaksud disini bukanlah antara anda dengan anak anda, melainkan anda dengan suami anda, dengan kakek nenek, dengan sanak saudara atau baby sitter yang cenderung memanjakan anak anda. Ketika anda memarahi dan memberikan pengertian pada anak, mereka tidak boleh membela anak anda, begitu juga sebaliknya. Ketika anak melakukan kesalahan, dan ada pihak yang membela ketika dimarahi, anak tersebut akan mengabaikan pengertian yang anda berikan dan tidak takut mengulangi kesalahannya lagi karena ada pihak yang membela. Anak anda akan berpikir bahwa dia dalam posisi benar.

9. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Menghargai Orang

Menghargai orang lain juga merupakan cara mendidik anak usia dini agar mandiri. Menghargai orang lain adalah hal penting dalam bersosialisasi, oleh karena itu, ajarkan sejak dini. Ajarkan anak untuk mengatakan “tolong” dan “terima kasih”, melakukan kontak mata, berjabat tangan yang tepat, serta apresiasi untuk hal-hal yang dikatakan dan diberikan kepada mereka. Jika anak-anak tidak melakukannya, minta mereka mengembalikan hadiah yang diterima (baik kepada orang tersebut atau kepada Anda) dan jelaskan bahwa mereka belum siap menerima hadiah tersebut.

10. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Perhatian

Tanpa perhatian dari orangtua, anak tidak mungkin tumbuh menjadi insan yang mandiri. Setiap anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian orang tua. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun bisa membantu orang tua dalam mendidik anak, misal dengan menemani mereka ketika belajar, walaupun hanya sepele hal tersebut dapat mempererat kedekatan anda dengan anak.

11. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Altruisme

Ajaklah anak anda untuk mendonasikan pakaian dan mainan yang tidak terpakai untuk yang membutuhkan. Ajaklah anak anda untuk ambil bagian dalam proses tersebut. Lakukan ini secara teratur sebagai keluarga dengan memilah-milah, memaketi, dan mengirimkan barang-barang bersama-sama. Lakukan ini sering, bukan hanya pada hari libur.

12. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Kesabaran

Cara mendidik anak usia dini agar mandiri dapat dilakukan dengan me-manage kesabaran anda. Misal ketika anak sudah belajar makan sendiri dan mereka melakukannya dengan waktu yang lama ataupun makanan yang mereka makan berceceran, jangan memarahi mereka terlebih dengan kekerasan fisik. Hargailah usaha mereka untuk makan sendiri, setidaknya dia sudah mencoba mandiri dengan melakukan hal tersebut. Ketika mereka melakukannya dengan waktu lama dan makanannya berceceran, itu adalah bagian dari dunia mereka, mereka akan melakukan dengan baik sejalan dengan pendewasaan diri pada dirinya. Anda juga dapat memberikan pengertian pada mereka tentang cara makan yang benar. Ingat jangan sekali-sekali menghukum dengan kekerasan fisik karena kekerasan fisik membuat jiwa dan raga mereka terluka. Luka pada jiwa mereka akan mereka ingat sampai kapanpun.

13. Cara Mendidik Anak Usia Dini Dengan Jangan Banyak Melarang

Rasa keingintahuan anak terhadap dunianya sering kali membuat mereka ingin mencoba melakukannya secara leluasa. Ketakutan orang tua adalah jika hal-hal terburuk terjadi pada anak Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan terhadap suatu hal yang bisa membahayakan anak. Larangan hanya membuat rasa penasaran bagi anak untuk melakukannya dan dapat menjadikan anak berbohong kepada orang tuanya. Komunikasi dua arah adalah solusi terbaik untuk mengingatkan anak alih-alih melarang anak melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan. Beri tahu mereka tentang risiko yang mungkin terjadi dan mintalah anak Anda untuk berhati-hati.

 

Itulah 13 cara mendidik anak usia dini agar mandiri dan tidak manja. Setelah anda menyimak uraian di atas, bagaimana tanggapan Anda? Apakah anda tertarik untuk menerapkan cara mendidik anak usia dini agar mandiri dan tidak manja??

Demikianlah artikel “Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Mandiri“, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki pengalaman dalam mendidik anak anda agar mandiri, ada baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...