Cara Mencegah Penuaan Dini


Baca juga :
loading...

Cara Mencegah Penuaan Dini. Setiap makhluk hidup tentunya akan mengalami penuaan, tidak terkecuali manusia. Namun demikian menjadi tua sebelum waktunya atau terlihat tua, adalah kondisi yang harus dicegah. Agar awet muda, banyak orang melakukan beragam cara agar kondisinya terlihat lebih segar.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Salah satu indikator penuaan dini adalah munculnya keriput atau kerut diwajah. Keriput secara alami akan muncul seiring bertambahnya usia. Selain dari faktor usia, masih ada lagi faktor yang bisa memicu timbulnya keriput di kulit wajah, walaupun kondisi anda masih muda.

Penuaan dini yang ditandai dengan keriput, pastinya merupakan hal yang mengerikan bagi kebanyakan wanita. Tidak heran, mereka rela mengeluarkan biaya untuk perawatan yang tentunya tidak murah. Hal itu memang bisa sedikit mencegah atau mermperlambat keriput, namun jika pola hidup yang diterapkan salah, sama saja keriput akan lebih cepat muncul.

Sebelum kita membahas cara mencegah penuaan dini, ada baiknya kita membahas mengenai faktor penyebab penuaan dini.

 

9 Faktor Penyebab Penuaan Dini

1. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Paparan Sinar Matahari

Penyebab utama penuaan dini adalah karena paparan sinar matahari. Walaupun anda jarang beraktivitas di luar ruangan, anda masih rentan terkena paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit, memicu pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen kulit, menyebabkan bercak-bercak pigmentasi pada kulit serta menurunkan fungsi kekebalan kulit sehingga tidak dapat mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang dapat berkembang menjadi kanker kulit. Untuk mencegah terpapar sinar ultraviolet, selalu gunakan tabir surya meskipun jarang beraktivitas di luar.

2. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Stress

Stress menyebabkan pelepasan hormon kortisol yang dapat memecahkan kolagen dan elastin. Sebisa mungkin imbangi jadwal kerja yang padat anda dengan refreshing.

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan menghindari stres

Stres merupakan salah satu penyebab penuaan dini

3. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Kurang Tidur

Kurang istirahat dapat menyebabkan penuaan dini karena regenerasi kulit pada saat tidur menjadi terganggu, selain itu karena kelelahan akibat kurang tidur, pastinya akan mengabaikan pola hidup sehat yang nantinya memicu penuaan dini.

4. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Polusi

Polusi juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Polusi dapat memicu pembentukan radikal bebas yang nantinya memecah kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit menjadi kering, kusam dan mudah timbul keriput. Polusi juga dapat merusak lapisan ozon yang pada akhirnya sinar matahari tidak terfilter oleh lapisan ozon tersebut sehingga sinar ultraviolet B dapat bebas masuk ke bumi dan menyebabkan kanker kulit.

5. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Kosmetik

Produk kosmetik yang tidak sesuai jenis kulit ataupun kosmetik yang dapat menyebabkan kulit kering dapat memicu penuaan dini. Oleh karena itu gunakanlah produk kecantikan yang mengandung vitamin E, vitamin C, asam hyaluronat untuk menjaga kulit tetap lembab.

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan menghindari kosmetik

Kosmetik sebagai salah satu penyebab penuaan dini

6. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan penuaan dini. Konsumsi alkohol yang berlebihan (lebih dari 1 gelas pada wanita dan lebih dari 2 gelas pada pria) dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Seseorang yang minum alkohol berlebihan akan cenderung memiliki kebiasaan makan yang buruk sehingga akan menyebabkan buruknya asupan nutrisi kulit.

cara mencegah penuaan dini dengan menghindari alkohol

Alkohol merupakan salah satu penyebab penuaan dini

7. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Merokok

Apakah anda perokok?? Berhati-hatilah karena nikotin pada rokok merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. Nikotin membuat sel-sel kulit kekurangan cairan sehingga kelembaban berkurang, kulit menjadi kusam, kering dan kasar. Selain itu rokok dapat menurunkan kadar vitamin A pada kulit yang berfungsi sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas yang merusak kulit.

cara mencegah penuaan dini dengan menghindari merokok

Merokok dapat menyebabkan penuaan dini

8. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Kekurangan Nutrisi

Kulit memerlukan nutrisi untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat. Asupan nutrisi yang rendah antioksidan, rendah serat, rendah vitamin dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit.

9. Faktor Penyebab Penuaan Dini Karena Terpapar AC Dalam Waktu Lama

Berada dalam ruang AC yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit kering merupakan awal proses penuaan dini. Untuk mencegah kulit kering, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Itulah 9 faktor penyebab penuaan dini. Untuk mencegah penuaan dini, anda harus mulai belajar untuk hidup sehat. Berikut adalah cara mencegah penuaan dini yang bisa anda terapkan. Penasaran seperti apa? berikut ini ulasannya untuk anda

 

Cara Mencegah Penuaan Dini

Cara mencegah penuaan dini sebenarnya cukup mudah anda terapkan sehari-hari, yang dibutuhkan hanyalah komitmen dalam menjalankannya. Tanpa panjang lebar lagi berikut adalah cara mencegah penuaan dini :

1. Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu cara mencegah penuaan dini. Tidak heran, karena ada banyak sekali manfaat air putih untuk kesehatan dan tubuh. Untuk menjaga kulit tetap kencang, dianjurkan banyak minum air putih, minimal 8 gelas setiap hari. Konsumsi air putih dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit, sehingga mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput di wajah anda.

Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Minum Air Putih

2. Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Rajin Berolahraga

Olahraga juga merupakan cara mencegah penuaan dini. Dengan berolahraga, badan menjadi sehat, serta pikiran menjadi lebih fresh. Tidak perlu olahraga yang mahal, cukup dengan joging sudah mampu mencegah penuaan dini. Joging dipagi hari sangat menyehatkan, anda akan mendapatkan vitamin D secara cuma-cuma dari sinar mentari yang hangat. Dengan memperoleh vitamin D tersebut, kulit anda akan semakin sehat dan kencang terhindar dari keriput.

cara mencegah penuaan dini dengan berolahraga teratur

Olahraga teratur dapat mencegah penuaan dini

3. Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Mengatur Jam Tidur

Sering begadang tidaklah baik untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh, kesehatan kulit pun juga terganggu. Sedapat mungkin, aturlah jam tidur anda. Jam tidur yang cukup akan menjaga kulit anda tetap kencang dan terhindar dari keriput.

4. Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menghindari penuaan dini, anda juga disarankan mengkonsumsi makanan sehat. Makanlah makanan sehat, agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi, jangan lupa untuk makan sayuran dan buah-buahan sebagai antioksidan.

Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Konsumsi Makanan Sehat

5. Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah banyak digunakan berbagai produk kosmetik, karena manfaatnya yang besar bagi kecantikan. Salah satu manfaat minyak zaitun bagi kecantikan adalah melembutkan kulit serta membuat kulit menjadi lebih kenyal. Cara mencegah penuaan dini dengan minyak zaitun cukup mudah, pertama bersihkan wajah anda, kemudian oleskan minyak zaitun ke wajah selama 30 menit. Ulangi cara tersebut setiap hari.

Itulah cara mencegah penuaan dini yang dapat anda lakukan, cukup mudah bukan?? Anda hanya membutuhkan komitmen dalam menjalankannya, niscaya anda terhindar dari keriput dan kerutan di wajah.

Demikianlah artikel “Cara Mencegah Penuaan Dini”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips ataupun cara mencegah penuaan dini, ada baiknya anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...