Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Bengkoang

Taukah anda cara memutihkan wajah secara alami menggunakan bengkoang?? Jika ingin memutuhkan wajah secara aman maka hindari penggunaan kosmetika, apalagi kosmetika yang mengklaim dapat memutihkan wajah secara instan dan cepat. Kosmetika seperti itu harus dihindari karena mengandung logam berat seperti mercury yang merusak kesehatan. Gunakanlah bahan-bahan alami yang tersedia di alam sekitar kita. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah adalah bengkoang, orang Jawa menyebutnya sebagai besusu. Sebelum kita membahas cara memutihkan wajah secara alami menggunakan bengkoang, ada baiknya kita mengenal bengkoang dan membahas manfaat bengkoang secara umum.

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Bengkoang (Pachyrhizus erosus) berasal dari Amerika tropis yang masuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Bengkoang merupakan umbi yang bisa dimakan dan banyak dijadikan bahan dasar masker pemutih wajah alami oleh produk-produk kecantikan ternama.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Bengkoang

Bengkoang mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Bengkoang juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manisnya berasal dari oligosakarida yang disebut inulin yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Zat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Sudah diketahui banyak orang bahwa bengkoang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit terutama kulit wajah. Fosfor yang terkandung dalam bengkoang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, menjaga kebersihan dan kesehatan wajah sehingga kulit wajah tetap terlihat putih bersinar. Tak heran jika banyak produk kecantikan, menggunakan bengkoang sebagai bahan dasar cream pemutih wajah alami. Tak hanya itu, bengkoang juga mengandung serat dan vitamin C yang menjadikan kulit wajah putih bersinar. Kandungan lain yang terdapat pada bengkoang adalah zat besi, potasium, kalsium dan kalium, kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Dalam bengkoang juga mengandung antioksidan. Antioksidan yang terkandung dalam bengkoang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas.

Daripada anda mengeluarkan biaya besar dengan membeli produk pemutih kulit berbahan dasar bengkoang, lebih baik jika anda membuat sendiri cream pemutih wajah alami dari bengkoang. Selain murah, cream pemutih wajah alami yang anda racik sendiri juga tentunya lebih aman dan tidak mengandung senyawa berbahaya yang umumnya terdapat dalam produk pemutih kulit yang dijual dipasaran. Berikut adalah cara memutihkan wajah secara alami menggunakan bengkoang.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Bengkoang

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan bengkoang sebenarnya sederhana dan sangat mudah, intinya kita hanya membuat cream pemutih wajah alami berbahan bengkoang yang nantinya anda jadikan sebagai masker. Berikut cara membuat masker bengkoang  :

  • Cuci bersih bengkoang dan kupas kulitnya
  • Parut bengkoang yang telah dibersihkan
  • Saring parutan bengkoang, ambil perasan airnya dan buang ampasnya
  • Diamkan air perasan bengkoang sampai ada partikel bengkoang yg  mengendap pada dasar gelas/mangkuk
  • Buang air yang terpisah dari endapan dan gunakan endapannya sebagai masker
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker bengkoang
  • Oleskan endapan bengkoang pada wajah menggunakan bantuan kuas sampai merata
  • Diamkan kurang lebih 30 menit atau hingga mengering
  • Bersihkan masker menggunakan air hangat lalu keringkan
  • Ulangi seminggu minimal 3 kali untuk hasil maksimal

Selain memutihkan wajah, cream pemutih wajah alami dari bengkoang ini juga dapat memutihkan seluruh tubuh. Efektif juga untuk memutihkan bagian ketiak atau lipatan-lipatan tubuh yang lain. Namun perlu diperhatikan bahwa cream pemutih wajah alami dari bengkoang  ini mungkin tidak cocok bagi kulit yang sensitif. Untuk kulit sensitif, anda dapat menggunakan bahan alami lainnya sebagai cream pemutih wajah alami yang tentunya sudah pernah kami tulis pada artikel sebelumnya.

Perlu anda ingat bahwa kulit wajah putih bersih tidak akan ada artinya jika kulit anda kurang nutrisi. Untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, disarankan anda juga mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, anda mendapatkan manfaat ganda, selain menutrisi kulit, kandungan serat dalam buah dan sayuran juga baik untuk pencernaan. Selain itu buah dan sayuran dipercaya mengandung senyawa antibodi untuk menangkal berbagai penyakit.

Demikianlah artikel “Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Bengkoang“, apabila anda memiliki pengalaman, tips dan cara memutihkan wajah secara alami, anda dapat berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...