Cara Membuat Lulur Tradisional Pencerah Kulit

Cara Membuat Lulur Tradisional Pencerah Kulit – Fungsi alami lulur adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Lulur dengan formula alami lebih sering dipilih perempuan karena memiliki aroma yang khas. Layaknya aroma terapi, wangi lulur tradisional mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Manfaat lain dari lulur ialah membuat kulit semakin halus dan lembut, menghilangkan bau badan yang mengganggu, bahkan merawat kulit untuk selalu sehat. Mengusung tema tradisional, banyak produk lulur ditawarkan dipasaran. Walaupun demikian, masih ada juga yang masih setia membuat sendiri lulur berdasarkan cara membuat lulur yang sudah turun temurun terjamin kualitasnya.

Setelah berlulur, badan juga menjadi lebih santai karena aroma alami lulur bisa dijadikan sebagai aroma terapi. Selain itu, peredaran darah menjadi lancar karena dalam proses lulur ada pijatan lembut pada seluruh tubuh. Bisa dikatakan melakukan lulur secara berkala akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan stress berkurang.

Bahan Membuat Lulur Tradisional

Lulur Tradisional

Lulur Tradisional

Cara membuat lulur tradisional dirumah sangat mudah karena bahan bahan yang diperlukan sudah tersedia. Seperti beras, bengkoang, kopi biasanya dijadikan sebagai bahan utama pembuatan lulur. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan rempah-rempah pilihan yang akan menghasilkan lulur beraroma rempah alami yang menenangkan.

Membuat Sendiri Lulur Kecantikan Kulit

Lulur untuk kecantikan kulit bisa di beli atau dibuat sendiri. Apabila ingin membuat sendiri, cara membuat lulur tradisional jawa bisa dijadikan panduan untuk membuat lulur sendiri di rumah. Caranya sangat mudah karena menggunakan bahan-bahan alami dari alam sekitar.

Cara membuat lulur beras dan kunyit tradisional jawa

Bahan yang diperlukan

  • Tepung beras pilih yang organik dan tanpa pemutih sebanyak dua sendok makan
  • Kunyit segar sebanyak tiga ruas jari
  • Temugiring sebanyak satu ruas jari
  • Kencur sebanyak satu ruas jari
  • Daun pandan sebanyak seperempat lembar
  • Air

Proses pembuatan lulur

  • Semua bahan yang telah dibersihkan seperti kunyit, temugiring, kencur dan daun pandan
  • Blender semua bahan termasuk tepung beras hingga halus dan tercampur rata
  • Tuangkan ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan air hingga bahan lulur menjadi cairan kental seperti pasta
  • Lulur sudah siap digunakan

Cara mengaplikasikan lulur di tubuh

Setelah mengetahui cara membuat lulur kunyit dan beras tradisional jawa, sekarang saatnya mengaplikaskan lulur buatan sendiri di tubuh. Cara menggunakan lulur tradisional yaitu

  1. Sebelum berlulur, lebih baik mandi terlebih dahulu agar badan menjadi lebih segar dan semua kotoran yang menempel di badan bisa menghilang.
  2. Setelah mandi, oleskan lulur pada seluruh bagian tubuh dan biarkan setengah mengering kurang lebih 15 menit.
  3. Gosok badan dengan lembut seperti memijat agar bahan lulur yang menempel ditubuh rontok bersama dengan sel sel kulit mati penyebab kulit kusam.
  4. Bilas dengan air hingga sisa-sisa lulur bersih dan tidak ada yang tertinggal di badan. Karena ini adalah lulur buatan sendiri, untuk pembilasan akhir bisa menggunakan sabun sehingga bersih sempurna.
  5. Selesai sudah proses mulai dari pembuatan hingga menggunakan lulur dengan sangat mudah. Lulur ini bisa digunakan setiap waktu diperlukan.

Selain lulur tradisional diatas, masih banyak lagi jenis lulur tradisional yang bisa dibuat sendiri. Misalnya saja lulur susu, lulur kopi, lulur madu, dan lulur bengkoang. Cara membuat lulur tersebut juga dibilang sederhana dan mudah. Bahan-bahan tersebut juga bisa dikombinasikan satu sama lain untuk menghasilkan lulur alami yang sangat bermanfaat bagi kulit.

 


Baca juga :
loading...