Cara Memakai Eyeliner


Baca juga :
loading...

Cara Memakai Eyeliner. Eyeliner merupakan salah satu perlengkapan make up yang wajib untuk dipakai. Dengan menggunakan eyeliner mata Anda menjadi lebih indah dan juga terlihat lebih cantik. Jenis eyeliner pun sangat beragam, dari eyeliner cair, cream hingga yang biasa berbentuk seperti pensil. Dengan menggunakan eyeliner dengan tepat maka mata akan terlihat semakin bertambah lebih tajam dan tegas. Tetapi sayangnya masih banyak yang belum mengetahui cara memakai eyeliner dengan mudah dengan hasil maksimal, sehingga hasilnya terlihat tidak bagus atau tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sebelum kita membahas cara memakai eyeliner, ada baiknya kita membahas cara memilih eyeliner terlebih dahulu

Cara Memilih Eyeliner

Pemakaian jenis eyeliner menentukan hasil akhir tampilan mata anda. Oleh karena itu sebelum anda belajar tentang cara memakai eyeliner, anda perlu mengerti bagaimana cara memilih eyeliner yang cocok bagi anda. Salah satu cara memilih eyeliner adalah dengan memperhatikan beberapa faktor seperti tekstur, warna serta cara memakai eyeliner. Seperti disebutkan diatas, jenis eyeliner pun ada beberapa jenis yaitu cair, cream ataupun pensil. Bagaimana cara memilih eyeliner tersebut??

  • Gunakan eyeliner jenis pensil untuk efek memudar atau membaur. Hasilnya akan terlihat lebih tebal dibandingkan apabila menggunakan eyeliner cream atau cair. Pensil eyeliner dapat dibaur dengan mudah dengan menggunakan jari, kuas bersudut, atau cotton bud (korek kuping terbuat dari kapas).

Cara memakai eyeliner

Eyeliner Pensil

cara memakai eyeliner

Efek pudar dari eyeliner pensil

  • Gunakan eyeliner jenis cream ataupun cair untuk mengontrol dan mengaplikasikan eyeliner dekat dengan garis bulu mata. Eyeliner cream cocok digunakan untuk pemakaian eyeliner menggunakan teknik tightline, sedangkan eyeliner cair cocok untuk teknik cat eye. Cara memakai eyeliner menggunakan teknik tightline dan cat eye akan dibahas dibawah ini.

Cara memakai eyeliner

Eyeliner cream

cara memakai eyeliner

Eyeliner cair

  • Bagaimana jika anda tidak memiliki eyeliner?? Anda dapat menggunakan kuas eyeliner dan eye shadow bubuk dicampur beberapa tetes air. Namun demikian hasilnya tidak dapat bertahan lama. Cara ini lebih murah dan mudah untuk dilakukan.

  • Sebelum anda membeli eyeliner, bacalah review produk-produk eyeliner yang beredar dipasaran. Jangan lupa pastikan produk eyeliner tersebut terdaftar dalam BPOM RI. Bacalah review produk eyeliner yang tidak bertujuan untuk promosi, karena yang anda dapatkan hanyalah kelebihannya saja, mereka tidak akan memperlihatkan kekurangannya.

 

Cara Memilih Eyeliner Sesuai Dengan Warna Rambut Anda.

Anda sudah tau kan cara memilih eyeliner jenis cair, cream ataupun pensil?? Selanjutnya, jangan lupa untuk melihat karakteristik rambut anda. Apabila rambut anda berwarna gelap, gunakan eyeliner berwarna hitam. Apabila anda berambut pirang, gunakan eyeliner berwarna coklat untuk pemakaian sehari-hari.

 

Tips Sebelum Anda Memakai Eyeliner Agar Hasil Maksimal

Sebelum membahas cara memakai eyeliner, ada beberapa tips sebelum anda memakai eyeliner agar hasil maksimal.

  • Eyeliner dipakai setelah pemakaian eye shadow dan sebelum pemakaian maskara. Mulailah dengan memakai foundation, perona pipi, dan eye shadow sebelum mulai mengaplikasikan eyeliner.
cara memakai eyeliner

Eyeliner dipakai setelah foundation, perona pipi dan eye shadow

  • Jika anda menggunakan eyeliner jenis pensil, gunakan serutan pensil eyeliner. Untuk anda yang memakai eyeliner jenis cair atau cream, gunakan kuas eyeliner yang bersih.
  • Agar eyeliner yang anda pakai tahan lama, gunakan gunakan eyeshadow primer sebelumnya. Eyeshadow primer digunakan hingga ke bagian yang terdekat dengan bulu mata dimana Anda akan menggambar eyeliner.

Anda sudah tau mengenai cara memilih jenis eyeliner, cara memilih eyeliner sesuai dengan warna rambut dan tips sebelum menggunakan eyeliner agar hasil maksimal. Sekarang saatnya kita membahas cara memakai eyeliner dengan mudah untuk hasil maksimal, berikut ulasannya.

 

Cara Memakai Eyeliner Dengan Mudah Untuk Hasil Maksimal

Untuk mendapatkan hasil optimal, anda perlu memperhatikan cara memakai eyeliner berikut.

  • Miringkan sedikit kepala anda kebelakang kemudian gunakan salah satu tangan (tangan yang tidak dipakai untuk menggambar eyeliner) untuk sedikit menarik kulit kelopak mata ke bagian luar mata. Angkat alis Anda sehingga kelopak mata tidak menutupi bulu mata. Untuk mempermudah, letakan sikut pada meja sehingga tangan menjadi stabil.
cara memakai eyeliner

Posisi kepala dan tangan saat akan memakai eyeliner

  • Hindari membuat garis lurus disepanjang bulu mata pada kelopak mata. Sebaliknya, gambarlah garis putus-putus saja. Jika anda langsung menggambar garis lurus, besar kemungkinan hasilnya tidak lurus dan berantakan. Mulailah dengan menggambar dari sisi dalam mata, lalu lanjutkan hingga ke sisi luar mata. Pastikan agar garis putus-putus menempel sedekat mungkin dengan bagian bawah kelopak mata, supaya dapat menciptakan ilusi seolah-olah bulu mata terlihat penuh. Bulu mata hanya akan terlihat penuh apabila eyeliner digambar menempel dengan bulu mata.
cara memakai eyeliner

Buat garis putus-putus sedekat mungkin dengan bagian bawah kelopak mata

  • Apabila anda telah menggambar garis putus tersebut diatas, gambarkan lagi garis pendek yang menghubungkan garis putus tersebut sehingga akan menjadi garis lurus. Pastikan pula agar ujung garisnya berakhir sedikit meruncing dan bukannya terlihat tumpul atau membulat.
cara memakai eyeliner

Sambungkan garis putus menjadi garis lurus

Bagaimana, mudah bukan cara memakai eyeliner?? Dengan sedikit ketelatenan dan keuletan anda sudah dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain. Jika anda sering melakukannya, pastinya cara memakai eyeliner tersebut juga akan anda kuasai dengan sendirinya. Nah itulah teknik dasar cara memakai eyeliner, berikut adalah caa memakai eyeliner tahap lanjutan agar hasil yang anda dapatkan lebih maksimal.

 

Cara Memakai Eyeliner Untuk Hasil Maksimal (Tahap Lanjutan).

Setelah anda menguasai teknik dasar cara memakai eyeliner, berikut dibahas cara memakai eyeliner tahap lanjutan.

1. Pakailah eyeliner pada bulu mata bawah.

  • Agar hasil pemakaian eyeliner pada mata anda dapat maksimal, pakailah eyeliner pada bulu mata bawah. Caranya sama dengan bulu mata atas, akan tetapi gambar garis dari sisi luar mata ke arah dalam, hingga bagian tengah bulu mata bawah.
cara memakai eyeliner

Pakailah eyeliner pada bulu mata bawah dari sisi luar mata ke arah dalam, hingga bagian tengah bulu mata bawah.

  • Eyeliner pada bulu mata bawah dipakai hanya jika anda memakai eyeliner pada bulu mata atas. Jangan sampai anda hanya memakai eyeliner untuk bulu mata bawah saja.
  • Setelah anda membuat garis pada bulu mata atas dan bawah, sambungkan keduanya di bagian luar mata, kemudian akhiri dengan garis yang sedikit meruncing.
cara memakai eyeliner

Sambungkan keduanya di bagian luar mata, akhiri dengan garis yang sedikit meruncing

  • Jika anda membuat garis eyeliner pada bulu mata bawah, jangan sampai mengenai bagian dalam saluran air mata, karena air mata akan keluar secara alami sepanjang hari dan hal ini akan membuat sisi dalam mata Anda menjadi hitam dan mengeluarkan kotoran mata seiring dengan berjalannya waktu.

 

2. Gunakan Teknik Tightline

Cara memakai eyeliner menggunakan teknik tightline dilakukan dengan membuat garis di tepi bagian dalam mata, di dekat bola mata. Buatlah garis sepanjang tepi bagian dalam mata atas dan bawah. Teknik ini bukanlah untuk anda yang baru belajar menggunakan maskara, karena teknik ini sulit dilakukan. Teknik ini cocok dilakukan oleh orang yang memiliki kestabilan tinggi dalam menggaris serta kestabilan mata yang baik.

  • Untuk hasil yang lebih dramatis dan cantik, pakailah eyeliner dengan teknik tightline sebagai tambahan setelah menggarisi bulu mata bagian atas dan bawah. Teknik ini tidak cocok untuk pemakaian sehari-hari, melainkan cocok dipakai untuk acara yang formal ataupun spesial.
cara memakai eyeliner

Efek dramatis nan seksi memakai eyeliner menggunakan teknik tightline

  • Untuk hasil yang natural, pakailah eyeliner dengan teknik tightline saja (tanpa menggarisi bulu mata bagian atas dan bawah). Kemudian sempurnakan menggunakan eyeliner cream karena sifatnya yang lunak dan mudah dipakai. Teknik ini cocok dipakai untuk pemakaian sehari-hari.
cara memakai eyeliner

Cara memakai eyeliner dengan teknik tightline untuk hasil natural

  • Untuk menjadikan mata anda terlihat lebih besar dan cerah, lakukanlah cara memakai eyeliner dengan teknik tightline menggunakan eyeliner warna putih, kemudian timpa dengan warna yang lebih gelap di bulu mata atas dan bawah.
cara memakai eyeliner

Cara memakai eyeliner dengan teknik tightline menggunakan eyeliner warna putih.

cara memakai eyeliner

Hasil akhir pemakaian eyeliner dengan teknik tightline menggunakan eyeliner warna putih

3. Gunakan teknik cat eye atau winged eyeliner.

Cara memakai eyeliner menggunakan teknik cat eye atau winged eyeliner dilakukan dengan membuat garis hanya di bulu mata bagian atas. Selanjutnya gambar garis melewati bagian luar mata, kemudian buatlah garis meruncing di bagian luar mata untuk memberikan efek memanjangkan bulu mata. Garis meruncing tersebut digambar ke arah atas, menuju luar alis.

  • Buatlah dua sayap dengan membuat dua garis yang ujungnya berakhir runcing dan mengarah ke atas dengan sudut yang sedikit berbeda satu sama lain.
cara memakai eyeliner

Buatlah dua garis dengan ujung runcing mengarah ke atas

  • Buatlah dua lapisan eyeliner untuk menciptakan cat eye yang berwarna-warni. Garis satu lapisan berikut sayap yang mengarah ke luar dengan menggunakan eyeliner berwarna hitam, kemudian aplikasikan eyeliner dengan warna yang berbeda tepat di atas lapisan pertama secara langsung.
cara memakai eyeliner

Buatlah dua lapisan eyeliner untuk menciptakan cat eye yang berwarna-warni

  • Pakailah eyeliner cair jika anda menggunakan teknik cat eye karena eyeliner cair lebih mudah digunakan, yaitu untuk membuat garis lurus tanpa noda disekitarnya.
cara memakai eyeliner

Pemakaian eyeliner cair untuk membuat garis lurus tanpa noda disekitarnya

4. Tebalkan eyeliner anda

Untuk acara formal ataupun spesial, tebalkan garis eyeliner untuk membuat bulu mata terlihat penuh. Namun untuk pemakaian sehari-hari anda tidak perlu menebalkan eyeliner anda, anda cukup menggunakan setipis mungkin agar terlihat alami.

cara memakai eyeliner

Tebalkan garis eyeliner untuk membuat bulu mata terlihat penuh

5. Pudarkan atau Baurkan Eyeliner Anda.

Untuk memudarkan eyeliner, gunakan tangan atau cotton bud disepanjang bulu mata atas. Ingat, gunakan hanya pada bulu mata atas saja. Pada saat memudarkan eyeliner, lakukan perlahan hingga garis eyeliner memudar, jangan digosok.

cara memakai eyeliner

Memudarkan eyeliner menggunakan cotton bud

 

Mudah bukan cara memakai eyeliner?? Untuk anda yang baru belajar bersolek menggunakan eyeliner, gunakan teknik dasar terlebih dahulu. Apabila anda sudah terbiasa dan mahir memakai eyeliner, lakukan cara memakai eyeliner tahap lanjutan. Butuh sedikit ketelatenan, namun jika setiap hari anda memakainya, pastinya anda sudah sangat paham mengenai cara memakai eyeliner tersebut.

Demikianlah “Cara Memakai Eyeliner” apabila anda memiliki tips dan cara memakai eyeliner menggunakan teknik tertentu, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...