Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Hitungan Hari

Bagaimanakah cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari?? Berat badan yang ideal adalah idaman setiap wanita. Kelebihan berat badan atau obesitas selain akan mengurangi kecantikan seseorang juga akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya menimbulkan berbagai penyakit metabolik, mencetuskan penyakit yang sudah ada, dan menyebabkan kematian prematur (prematur death). Oleh karena banyak dari wanita maupun pria melakukan berbagai cara mengecilkan perut. Namun terlebih dahulu sebelum kita mengetahui cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari, anda perlu mengetahui jenis obesitas, resiko obesitas, BMI (Body Mass Index), dan faktor penyebab obesitas.

Jenis Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis yakni :

  1. Obesitas level ringan, yaitu kelebihan berat badan sebanyak 20%-40% dari berat badan seharusnya.
  2. Obesitas level sedang, yaitu kelebihan berat badan sebanyak 41%-100% dari berat badan seharusnya
  3. Obesitas level berat, yaitu kelebihan berat badan sebanyak lebih dari 100% dari berat badan seharusnya.

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Hitungan Hari

10 Resiko Obesitas Terhadap Kesehatan

Obesitas atau kelebihan berat badan biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan karena akan memicu datangnya penyakit yang cukup serius. Beberapa hal dibawah ini akan disampaikan beberapa resiko obesitas terhadap kesehatan.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Napas Pendek

Hal yang biasanya dialami penderita obesitas adalah sulit bernapas. Napasnya cenderung pendek karena adanya lemak yang menumpuk di daerah dada dan leher sehingga membuat orang tersebut mengalami kesulitan dalam mengambil ataupun mengeluarkan udara untuk bernapas.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Masalah Kulit

Obesitas akan memicu permasalahan pada kulit karena beberapa faktor, salah satunya yakni perubahan hormon. Tak hanya itu, timbunan lemak yang berlebih membuat kulit lebih melebar yang pada akhirnya menciptakan garis-garis halus atau sterchmark. Di sisi lain, lipatan lemak membuat jamur dan bakteri tumbuh subur, dan ini bisa memicu infeksi.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Nyeri Lutut

Orang yang mengalami obesitas akan seing merasakan nyeri pada persendian dan otot kaki. Nyeri lutut yang tak kunjung sembuh dalam jangka panjang dapat memperburuk postur tubuh. Hal ini dikarenakan obesitas akan menambah beban atau tekanan pada lutut dan pergelangan kaki.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik

Kelebihan berat badan dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan karena lemak menekan daerah lambung yang pada akhirnya akan membuat asam lambung menjadi naik. Apabila hal tersebut terjadi, umumnya si penderita akan merasakan sensasi terbakar, rasa sakit dan tekanan di sekitar dada dan leher.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Depresi

Orang tanpa obesitas bisa menjadi depresi atas permasalahannya sendiri. Ditambah dengan dia merasa mempunyai kelebihan berat badan akan cenderung lebih mudah stres. Mereka yang berpikir bahwa dirinya gendut akan merasa rendah diri dan malu yang bercampur menjadi satu mendorong orang tersebut menjadi lebih mudah stres dan depresi.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Dengkuran Tidur

Jaringan lemak pada tubuh berkontribusi menyebabkan tidur mendengkur. Hal ini menyebabkan penderita obesitas akan meningkatkan risiko apnea tidur atau gangguan tidur yang identik dengan kondisi mendengkur.

  1. Resiko Obesitas Dapat MenyebabkanSakit Punggung

Banyak dari penderita obesitas yang mengeluhkan sakit punggung. Lemak yang menumpuk menambah beban tulang belakang. Jika berat badan tidak diturunkan, nyeri punggung berkelanjutan dapat meningkatkan risiko patah tulang dari dalam.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Hipertensi

Meningkatnya tekanan darah adalah salah satu risiko serius yang harus dihadapi penderita obesitas. Banyak kasus dari penderita obesitas yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi dan akhirnya memicu terjadinya penyakit jantung.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Datang Bulan Tidak Teratur

Obesitas akan memicu ketidakseimbangan hormon seseorang. Dan salah satu penyebab datang bulan tidak teratur adalah karena faktor ketidakseimbangannya hormon. Kelebihan lemak dapat mempengaruhi kinerja hormon yang membuatnya tidak berfungsi dengan normal.

  1. Resiko Obesitas Dapat Menyebabkan Varises

Gumpalan pembuluh darah berwarna ungu atau biru menjadi pertanda munculnya varises. Varises terjadi saat vena melebar yang diakibatkan karena melemahnya dinding pembuluh darah. Selain karena faktor riwayat keluarga, varises juga bisa diakibatkan karena kelebihan berat badan atau obesitas.

Itulah 10 resiko obesitas terhadap kesehatan. Untuk mengatasinya anda dapat melakuan “cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari” yang nanti akan kita bahas.

Body Mass Index

Body Mass Index yang biasanya disingkat BMI adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengukur kenormalan berat badan sesorang berdasarkan ketinggian badan. Mengingat banyak sekali resiko obesitas terhadap kesehatan, kita perlu mengetahui angka BMI tubuh kita agar kita dapat selalu menjaga berat badan ideal. Rumus untuk menghitung BMI adalah :
BMI = Berat Badan / (tinggi badan x tinggi badan)
Semakin tinggi angka BMI maka akan semakin tinggi resiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

  • Kategori BMI untuk laki-laki

Nilai BMI < 17 = kurus

Nilai BMI 17 – 23 = normal

Nilai BMI 23 – 27 = Kegemukan

Nilai BMI > 27 = obesitas

  • Kategori BMI untuk wanita

Nilai BMI < 18 = kurus

Nilai BMI 18 – 25 = normal

Nilai BMI 25 – 27 = Kegemukan

Nilai BMI > 27 = obesitas

5 Faktor Penyebab Obesitas

  1. Obesitas Disebabkan Karena Faktor Genetik

Obesitas cenderung diturunkan oleh faktor genetik. Seringkali kita melihat bapak ibunya gemuk maka anaknya juga gemuk. Tak hanya berbagi gen anggota keluarga juga berbagi makanan. Sehingga sangat sulit memisahkan faktor genetik dan gaya hidup sebagai penyebab obesitas. Penelitian terbaru menunjukkan faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap berat badan seseorang.

  1. Obesitas Disebabkan Karena Faktor Lingkungan

Yang dimaksud dengan faktor lingkungan disini adala pola hidup serta kualitas dan kuantitas makanan. Saat kita berteman biasanya akan menularkan kebiasaan, jika teman kita doyan ngemil maka kita akan ikut terbawa doyang ngemil. Kesibukan akan aktivitas yang membuat kita terpaksa harus makan makanan cepat saji juga bisa menjadi penyebab obesitas.

  1. Obesitas Disebabkan Karena Faktor Psikologis

Seseorang yang stress atau dalam keadaan cemas cenderung akan melampiaskannya pada makanan. Nafsu makan mereka akan meningkat, sering ngemil dan jika ini berkelanjutan akan menyebabkan obesitas.

  1. Obesitas Disebabkan Karena Faktor Tumbuh Kembang

Berat badan Balita atau anak-anak yang dalam kondisi kegemukan biasanya saat dewasanya nanti juga akan cenderung mengalami obesitas.

  1. Obesitas Disebabkan Karena Faktor Kesehatan

Terdapat beberapa penyakit yang menyebabkan seseorang menjadi cenderung banyak makan seperti hipotiroidisme, sindroma cushing, dan sindroma prader-willi. Pengkonsumsian obat=obatan anti depresan juga akan membuat seseorang cenderung banyak makan.

3 Jenis Makanan Penyebab Obesitas

Makanan merupakan salah satu faktor dominan penyebab obesitas. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak terjadi kelebihan berat badan adalah sebagai berikut :

  1. Penyebab Obesitas Karena Makanan Olahan atau Cepat Saji

Makanan olahan seperti makanan kaleng, es krim keju, keripik kentang dan makanan cepat saji lainnya mengandung banyak pengawet sehingga saat dimakan yang masuk hanya kalori kosong yang hanya menambah berat badan atau gemuk dengan cepat.

  1. Penyebab Obesitas Karena Makanan Tinggi Sodium atau Natrium

Makanan dengan tinggi natrium akan menyebabkan tubuh menahan air dan akan membuat tubuh gemuk lebih cepat. Makanan yang tinggi natrium seperti makanan dengan garam yang tinggi. Makanan dengan lemak jenuh dan daging berlemak juga membuat badan semakin cepat gemuk.

  1. Penyebab Obesitas Karena Makanan Dengan Karbohidart Sederhana

Karbohidrat sederhanan akan mudah diserap oleh tubuh dan jika tidak segera digunakan oleh tubuh dalam waktu yang singkat pula sebagai energi maka akan segera tersimpan dengan cepat. Contohnya jika kita makan permen jika tidak langsung gunakan untuk beraktivitas akan menumpuk dan akhirnya menambah berat badan.

Nah, itulah makanan-makanan penyebab obesitas. Untuk mengatasi obesitas, berikut adalah cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari.

6 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Hitungan Hari

Tips dan cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari yang akan kita bahas hanyalah tips diet sehat, tidak menggunakan produk pelangsing yang membahayakan kesehatan. Oke, tanpa banyak kata-kata, berikut 6 cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari :

  • Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Memperbanyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih sebanyak 8 (delapan) gelas setiap hari akan menjaga metabolisme tubuh dan mencegah dehidrasi. Dehidrasi dan metabolisme tubuh yang terganggu akan mengakibatkan penumpukan kadar lemak ditubuh semakin banyak. Dengan meminum air yang cukup maka racun-racub di tubuh akan mudah dibuang baik melalui keringat maupun melalu ginjal lewat air seni.

  • Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Mengurangi Porsi Makan

Dalam ajaran Agama Islam juga sudah disebutkan bahwa sesuatu yang berlebih lebihan akan tidak baik. Begitu pula dengan makan, jangan makan yang berlebihan, makanlah saat kau lapar dan berhentilah saat kau kenyang. Jika selama ini anda merasa banyak makan maka mulailah untuk mengurangi porsi makan. Jika sebelumnya makan dengan porsi 2 (dua) centong kurangilah menjadi 1 (satu) centong. Perbanyak sayur yang diolah sendiri dan kurangi porsi karbohidrat seperti nasi dan roti putih.

  • Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Mengganti Beras Putih dengan Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang bersifat slow release dan mengandung lebih banyak serat. Makan nasi beras merah akan membuat rasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu beras merah juga baik untuk penderita diabetes karena kadar gulanya yang rendah.

  • Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga

Biasakan anda tidak hanya tidur, makan, kerja duduk diam di belakang meja. Usahakan setiap hari anda menggerakkan seluruh anggota badan entah untuk bekerja atau melakukan pekerjaan rumah jika memang anda tidak sempat untuk berolahraga. Bagi yang sempat unruk berolahraga anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berenang.

  • Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Merubah Pola Makan

Jika anda memang ingin makan daging ayam maka makanlah bagian dada ayam karena bagian inilah yang emmpunyai kadar lemak yang rendah dan jangan lupa buang kulitnya. Dan sebaiknya cara memasaknya dengan cara dikukus atau di rebus karena jika digoreng akan mengandung lemak trans yang tidak baik utnuk kesehatan. Hindari juga makana gorengan, susu full krim, snack, kue, minuman beralkohol dan bersoda yang mengandung kadar gula dan garam yang tinggi.

  • Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Istirahat Yang Cukup

Tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari akan membuat metabolisme tubuh lancar. Jika anda bergadang maka akan semakin banyak makanan untuk dicemil ditambah hal tersebut dilakukan di malam hari, lemak akan semakin cepat menumpuk dan menambah berat badan anda.

Itulah beberapa cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari. Tips tersebut merupakan tips diet sehat yang tidak membahayakan kesehatan anda. Kami tidak menganjurkan memakai produk pelangsing yang banyak dijual dipasaran, karena umumnya produk pelangsing mengandung senyawa yang membahayakan kesehatan anda. Senyawa berbahaya tersebut diantaranya adalah Amfetamin, Bumetanide, Ekstrak Grapefruit, Ephedra, Phenylpropanolamine (PPA), Fenitoin, Fenolftalin, Fenproporex, Rimonabant dan Sibutramine. Daripada anda menggunakan produk pelangsing sebagai cara mengecilkan perut, lebih baik anda menggunakan cara mengecilkan perut (diet) secara sehat dan alami seperti dipaparkan diatas. Sebenarnya “tips dan cara cepat menurunkan berat badan dengan hitungan hari” seperti dipaparkan diatas tidaklah instant, namun membutuhkan waktu, usaha, komitmen dan kerja keras. Semuanya kembali pada anda yang menjalankan diet, apakah anda memilih cara mengecilkan perut dengan produk pelangsing ataukah memilih cara mengecilkan perut dengan sehat dan alami. Perlu anda ingat bahwa, apakah anda rela menggadaikan kesehatan anda demi menurunkan berat badan anda??? Jika tidak, maka gunakanlah tips diet sehat diatas.

Demikianlah “Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Hitungan Hari“, apabila anda memiliki pengalaman seputar cara mengecilkan perut, diet atau berkaitan dengan tips diet sehat, alangkah baiknya jika anda mau berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...