Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat

Cara alami mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat – Rasa nyeri hingga ke kepala, mata sampai keluar air mata, menahan rasa sakit akibat nyut-nyutan di pipi. Amat sangat tidak nyaman apabila sakit gigi datang melanda. Datang disaat yang tidak tepat membuat suasana tidak nyaman, segala aktivitas menjadi tidak bisa dikerjakan dengan baik karena kurangnya konsentrasi.

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat

Sakit gigi dapat terjadi sewaktu-waktu kapan saja dan dimana saja

Rasa nyeri pada gigi bahkan dapat mempengaruhi tingkat emosi seseorang, Orang tersebut menjadi sangat sensitif terhadap segala hal, baik itu dari sentuhan, suara maupun perilaku orang lain. Maka tidak asing lagi jika kita melihat orang yang sedang sakit gigi pembawaannya marah-marah atau mudah emosi.

Sudah sewajarnya jika seseorang yang menderita sakit gigi ingin cepat-cepat sembuh. Sembuh untuk selamanya dan tidak sebentar-sebentar kambuh. Banyak cara yang ditempuh seseorang untuk mendapatkan kesembuhan, baik itu datang ke dokter gigi maupun menggunakan obat-obatan tradisional.

Berikut adalah pembahasan tentang cara alami mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat, yaitu:

  1. Penyebab Sakit Gigi
  2. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan cepat (pertolongan pertama)
  3. Cara Mengobati Sakit Gigi (hingga sembuh total)
  4. Cara Merawat Gigi Berlubang (agar tidak kambuh lagi)

Berikut selengkapnya.

Penyebab Sakit Gigi

Sebelum melakukan pengobatan hendaknya kita pelajari terlebih dahulu atau kita selidiki yang menjadi penyebab sakit gigi. Karena sakit gigi itu sendiri bisa dakibatkan dari banyak hal.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang bisa membuat gigi Anda terasa sakit.

1. Gigi Kotor, Ini Penyebab Utamanya

  • Gigi kotor bisa menjadi salah satu penyebab utama terjadinya sakit gigi. Pada awalnya gigi dibiarkan kotor, kemudian terjadi penimbunan sisa-sisa makanan yang membusuk. Dan akhirnya muncullah yang nama-nya plak.
  • Plak pada gigi, yg sering kita jumpai berwarna kuning dan ada pula yang berwarna coklat. Dari plak ini saja dapat menginfeksi gigi yang akhirnya gigi menjadi busuk, lalu tyerjadi pengeroposan karena dari gigi yang busuk tadi menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  • Tak terasa terkadang saat kita setelah makan daging, sering tak luput dari yang namanya selilitan. Jika sudah mengalaminya, untuk mengeluarkan terkadang kita menggunakan tusuk gigi. Padahal dalam penggunaan tusuk gigi terkadang cukup beresiko akan terlukanya gigi dan gusi. Perlu penanganan yang sangat hati-hati.

2. Gigi Berlubang

Berawal dari timbunan plak yang telah menginfeksi gigi, gigi menjadi berwarna kuning dan lama kelamaan menghitam. Gigi perlahan menjadi keropos dan berlubang. Gigi yang berlubang dan jarang dirawat atau dibersihkan akan menjadi sarang bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

3. Capek, Otot Tegang, Peredaran darah tidak lancar

Hal ini sebenarnya belum tentu kebenarannya, masih perlu ada pembuktian. Bahwa otot tegang, rasa capek dan peredaran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan sakit gigi. Namun secara logika hal ini masuk akal juga. Jika seseorang mengalami tegang otot, misalkan setelah beraktivitas yang berat maka kelenjar otot yang berada didekat gigi bisa berpengaruh.

Peredaran darah di sekitar gusi juga bisa menjadi salah satu faktor yang berpengaruh. Apabila peredaran darah tidak lancer, gusi kelihatan pucat dan memar yang berakibat nyeri.

2 Cara Paling Cepat Menghilangkan Rasa Sakit Gigi, Dijamin!

Dari beberapa penyebab sakit gigi diatas maka solusi atau cara untuk menghilangkannya dapat dilakukan, karena menyembuhkan sakit gigi harus dicari penyebabnya. Bisa tepat pada sasaran itu yang akan dilakukan pastinya.

1. Bersihkan Gigi!

Kebersihan gigi amat sangatlah penting, itu merupakan salah satu cara memelihara kesehatan gigi. Bersihkan gigi selalu dan secara rutin, baik sesudah makan maupun malam menjelang tidur. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan mengakibatkan sakit pada gigi jika dibiarkan terlalu lama. Sela-sela pada gigi bisa menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan, dapat jg menggunakan tusuk gigi yang terbuat dari kayu, akan tetapi lakukan dengan hati-hati.

2. Minum Ponstan

  • Ponstan “Asam Mefenamat” adalah obat pereda rasa nyeri yang paling ampuh dan cepat untuk dikonsumsi. Jika Anda minum ini, rasa nyeri akan hilang seketika dalam beberapa menit.
  • Akan tetapi obat pereda rasa nyeri ini tidak bisa digunakan secara terus menerus, obat ini sifatnya hanya sementara saja untuk meredakan rasa nyeri.
  • Selebihnya adalah mendatangi dokter gigi guna memeriksakan kondisi gigi dan mengkonsultasikannya.

5 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat Menggunakan Resep Obat Sakit Gigi Alami

Ada beberapa resep obat sakit gigi alami yang bisa Anda gunakan untuk terapi perawatan maupun pengobatan.

Cara atau dengan metode pengobatan herbal, yang tentunya lebih aman dan nyaman untuk jangka panjang, dapat juga menerapkan ramuan terapi ini untuk langkah pertolongan pertama. Apapun jenis obat herbal yang dapat digunakan sebagai cara alami mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat adalah sebagai berikut :

1. Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat Menggunakan Bawang putih

Obat Sakit Gigi Alami Dan Tradisional Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi

Jude C. Todd, dalam bukunya yang berjudul Jude’s Herbal Homes Remidies, mengatakan bahwa bawang putih memiliki kandungan senyawa antiseptik yang sangat kuat. Kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan gigi Anda sakit, terutama pada gigi yang berlubang. Caranya yaitu ambil satu siung bawang putih, cuci hingga bersih lalu kupas kulitnya, haluskan atau potong kecil-kecil kemudian masukkan kedalam gigi yang berlubang dan diamkan beberapa saat kurang lebih sekitar 5-10 menit, lalu bersihkan bawang putih tadi dan berkumurlah menggunakan air hangat yang telah dilaruti garam.

2. Bawang Merah

Obat Sakit Gigi Alami Dan Tradisional Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah dapat digunakan untuk obat sakit gigi

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masakan yang sering kita jumpai di dapur, caranya tidak jauh berbeda dengan menggunakan bawang putih. Bahkan sama persis, bawang merah ini mengandung antiseptic yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

3. Merica

Merica juga dapat digunakan sebagai salah satu cara alami mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat. Resep ini sudah turun temurun digunakan para orang tua kita, dan terbukti cukup ampuh. Caranya yaitu ambil beberapa butir merica, haluskan atau dapat juga menggunakan merica bubuk, tambahkan sedikit air dan garam aduk rata hingga membentuk seperti pasta. Oleskan pada gigi yang sakit atau berlubang, diamkan beberapa saat kurang lebih sekitar 5 menit, kemudain bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat yang telah dicampur atau dilarutkan air garam, lakukan secara rutin hingga sakit gigi atau rasa nyerinya hilang.

4. Minyak Cengkeh

Hampir di seluruh bagian tanaman cengkeh mengandung minyak. Dalam minyak cengkeh terdapat kandungan zat yang memiliki sifat anestesi (yang dapat menyembuhkan luka), anti bakteri, anti oksidan dan anti inflamasi (pereda radang). Dalam kedokteran gigi, minyak cengkeh juga disarankan sebagai salah satu produk herbal yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Cara alami mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat menggunakan merica adalah dengan menuang 3-4 tetes minyak cengkeh pada ½ gelas air hangat dan gunakan untuk berkumur, atau oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit atau masukkan pada gigi yang berlubang dan diamkan beberapa saat kurang lebih sekitar 5 menit, kemudian berkumurlah menggunakan air hangat, lakukan secara rutin hingga sembuh atau rasa nyeri pada gigi hilang.

5. Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat Menggunakan Teh

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat Menggunakan Teh

Teh dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi

Sudah banyak yang tahu bahwa teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain bisa menyehatkan tubuh, teh juga bisa membunuh bakteri yang ada di mulut, termasuk bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan teh ini sangatlah mudah. Ada 2 cara yang dapat digunakan, yaitu

  1. Minum teh seperti biasa tetapi tanpa gula, lebih sepet (kental) lebih baik hasilnya.
  2. Gunakan kantong teh celup yang sudah diseduh tadi, untuk mengompres gigi yang sakit.

Beberapa hal diatas merupakan resep obat sakit gigi alami paling ampuh dan mujarab yang bisa Anda temui / didapatkan dengan mudah di dapur. Jadi, Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk cari obat sakit gigi lagi. Bisa dikatakan obat pertolongan pertama ketika sakit gigi tiba-tiba datang melanda.

Semoga dengan tips dan resep obat herbal diatas, sakit gigi Anda akan segera reda dan sembuh total. Kebersihan dan kesehatan gigi/mulut harus tetep dijaga meski sedang tidak sakit, biar tak kambuh lagi. Berikut adalah Tips Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Sakit Lagi.

Tips Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Sakit Lagi

1. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan Gigi dan Mulut, karena asal mula penyebab sakit gigi berasal dari Mulut dan berasal dari makanan yang kita makan. Sering membersihkan gigi dan mulut akan memberikan hasil yang bagus dan baik untuk kedepannya. Gigi akan awet dan tidak mudah keropos untuk jangka panjang.

2. Hindari capek berlebih dan otot tegang

Makan makanan yang sehat dan bergizi, olah raga yang teratur dan bekerja sesuai porsi yang telah ditentukan. Kegiatan atau aktivitas yang diluar porsi atau berlebihan akan membuat badan atau otot menjadi tegang dan capek yang berlebihan, hal ini bisa mempengaruhi saraf yang terdapat pada gigi. Hal semacam ini yang seharusnya perlu dihindari, bekerja dan olah raga teratur tanpa memaksakan tenaga.

3. Hindari Makanan Penyebab Sakit Gigi

Berbagai macam Makanan yang lezat, tidak luput dari salah satu penyebab sakit gigi. Diantaranya adalah makanan yang terlalu manis atau makanan yang terlalu banyak mengandung pemanis buatan. Daging yang terlalu keras bisa membuat gigi terasa sakit saat menggigitnya. Mengkonsumsi makanan yang manis diperbolehkan, akan tetapi setelahnya harus dibersihkan dan biasakan selalu berkumur sesudahnya.

Demikian tips dan cara mengobati sakit pada gigi berlubang, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Adapun cara alami atau pengobatan secara herbal merupakan cara yang cukup ampuh digunakan sebagai pertolongan pertama. Dengan menjaga kebersihan mulut dan kesehatan gigi semoga kita selalu hidup sehat.


Baca juga :
loading...