Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering

Bagaimana cara mengatasi kulit kering?? Setiap wanita tentunya menginginkan memiliki kulit sehat dan cerah. Namun demikian, seringkali kita terkendala dengan adanya permasalahan kulit, salah satunya yaitu kulit kering. Jika Anda memiliki masalah kulit kering, jangan khawatir karena ada banyak cara mengatasi kulit kering dan cara mencegah kulit kering. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kulit kering, ada baiknya kita membahas dulu tentang penyebab kulit kering, agar kita bisa menghindarinya.

Apa itu Kulit Kering??

Kulit kering atau dalam bahasa kedokteran adalah xeroderma atau xerodermia adalah suatu kondisi abnormal kulit yg mengalami kekeringan. Kulit kering pada umumnya terjadi pada telapak kaki, ruas jari, kulit kepala, lengan, sisi perut, tangan dan paha. Gejalanya adalah kulit mengelupas, retak dan kadang terasa gatal.

cara mengatasi kulit kering

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering sangat umum dan sering terjadi pada siapapun. Kulit kering lebih sering terjadi karena kondisi lingkungan misalnya musim dingin dimana udara dingin mempengaruhi kondisi kulit anda sehingga kulit anda memiliki kelembaban yang relatif rendah. Akibatnya adalah kulit menjadi retak dan mengelupas. Penyebab kulit kering lainnya adalah adanya sabun mandi serta deterjen yang memliki kandungan kimiawi yang keras untuk kulit anda. Selain itu Kulit kering juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin A, vitamin D dan penyakit sistemik.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering

Metode 1: Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Melembabkan Kulit dari Luar

  1. Cara mengatasi kulit kering menggunakan pelembab secara rutin. Anda harus rutin dan konsisten memberikan pelembab pada kulit karena pemberian pelembab secara efektif dapat mengatasi kulit kering. Jangan lupa menggunakan pelembab pada malam hari sebelum tidur. Jika tangan anda memiliki kulit yang kering, gunakan pelembab setiap kali anda cuci tangan.
  2. Cara mengatasi kulit kering menggunakan pelembab setelah mandi atau cuci tangan. Penggunaan pelembab lebih baik dilakukan setelah kulit dibasahi dengan air, misalnya setelah mandi atau cuci muka. Sebelum memakai pelembab usapkan handuk terlebih dahulu (jangan sampai kulit benar-benar kering, lebih baik kulit dalam kondisi sedikit basah), kemudian gunakan pelembab secukupnya, apabila kulit dirasa masih terlalu kering, usapkan lagi pelembab (setelah usapan pertama mengering).
  3. Cara mengatasi kulit kering dengan menyesuaikan pelembab. Pada musim dingin gunakan produk yang kaya akan kelembaban. Ketika musim panas gunakan produk yang mengandung SPF.
  4. Cara mengatasi kulit kering dengan pembersih yang tepat. Hati-hati ketika memilih pembersih wajah atau tubuh, karena beberapa pembersih dapat menghilangkan kelembaban dari kulit. Pilihlah pembersih yang mengandung krim lembut atau susu. Jangan gunakan pembersih beraroma wangi karena aroma wangi tersebut berasal dari zat kima yang dapat mengeringkan kulit anda.
  5. Cara mengatasi kulit kering dengan mengangkat sel kulit mati secara lembut. Gunakan lap basah untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit anda. Jangan menggunakan scrub wajah, karena scrub wajah selain dapat sel kulit mati, juga menghilangkan kelembaban dan mengiritasi kulit. Setelah anda mengangkat sel kulit mati, gunakan pelembab pada kulit anda.
  6. Cara mengatasi kulit kering dengan membatasi penggunaan produk perawatan. Seringkali kulit kering disebabkan karena efek samping dari produk perawatan tertentu misal jerawat atau anti keriput (anti aging). Kurangilah pemakaian produk tersebut karena bahan aktif tertentu dalam produk perawatan tersebut dapat memperburuk kulit kering, terutama saat musim dingin.
  7. Cara mengatasi kulit kering dengan menggunakan lotion/krim anti gatal Meringankan kulit gatal. Kulit kering sering menyebabkan kulit gatal, tetapi menggaruk dapat memperparah kulit menjadi lebih kering. Gunakan krim hidrokortison atau lotion anti-gatal.

Metode 2: Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Metode dari Dalam

  1. Cara mengatasi kulit kering dengan minum banyak air. Minum banyak air dapat membantu mencegah kulit kering dengan menjaga kulit agar tetap terhidrasi (tubuh tidak kekurangan cairan). Minumlah air putih minimal 2 liter per hari.
  2. Cara mengatasi kulit kering dengan makan buah dan sayuran segar. Diet sehat dan seimbang akan membantu kulit Anda dengan memberikan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat dan terhidrasi. Cobalah untuk makan setidaknya 2 porsi sayuran berdaun hijau dan 2 porsi buah-buahan setiap hari. Buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, brokoli dan tomat sangat baik untuk hidrasi.
  3. Cara mengatasi kulit kering dengan makan lemak sehat. Makan makanan yang mengandung jenis yang baik memberikan kontribusi lemak untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan – meningkatkan aliran darah dan pengiriman nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh, termasuk kulit. Cobalah untuk makan lebih banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fat). Lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun atas rangkaian atom-atom karbon yang memiliki satu ikatan ganda. Ikatan ganda ini menyebabkan molekul lemak ini tidak jenuh (masih bisa menambah atom hidrogen). Lemak tak jenuh tunggal biasanya dalam fasa cair pada temperatur kamar dan akan membeku saat didinginkan. Lemak tak jenuh tunggal bisa diperoleh dari alpukat, zaitun (olive oil) dan selai kacang. Selain itu, anda juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda (Polyunsaturated Fat). Lemak tak jenuh ganda adalah lemak tak jenuh dengan dua ikatan rangkap antar molekul lemak. Berbentuk cair pada suhu kamar, lemak ini ditemukan pada sayuran dan minyak biji tertentu. Lemak ini dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) maupun HDL (kolesterol baik). Lemak tak jenuh ganda bisa diperoleh dari salmon, kenari dan tahu.
  4. Cara mengatasi kulit kering dengan mengkonsumsi suplemen. Mengkonsumsi suplemen adalah cara yang mudah dan efektif untuk meningkatkan asupan nutrisi penting dan vitamin, yang membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Cobalah mengambil suplemen minyak ikan, yang sangat bagus untuk kulit kering dan mata, atau meningkatkan asupan vitamin E, antioksidan dan melindungi kulit.
  5. Cara mengatasi kulit kering dengan mengurangi makanan yang asin dan gorengan. Makanan asin dan gorengan dapat memperburuk masalah kulit kering. Batasi konsumsi makanan ini sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi.
  6. Cara mengatasi kulit kering dengan tidak merokok. Anda mungkin sudah banyak tau efek negatif dari rokok, namun apakah anda tau bahwa rokok tidak baik bagi kesehatan kulit? Kandungan tar yang ada pada rokok dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan komedo dan jerawat. Merokok juga menghambat kemampuan pernapasan Anda sehingga menghambat sirkulasi oksigen pada sel-sel kulit. Selain itu, merokok juga menguras jaringan vitamin C, yang sangat penting untuk kesehatan kulit.
  7. Cara mengatasi kulit kering dengan membatasi konsumsi alkohol. Alkohol dapat membuat tubuh anda terdehidrasi, kemampuan tubuh anda akan berkurang dalam menyerap cairan. Kondisi tersebut menyebabkan hilangnya air, elektrolit dan mineral pada tubuh anda. Efek dari alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi merah, kering dan teriritasi.

 Metode 3: Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Produk Alami

  1. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan menggunakan alpukat. Hancurkan satu setengah alpukat segar yang matang, kemudian tambahkan seperempat cangkir madu organik. Sertakan satu sendok teh susu atau yogurt (jika diinginkan). Setelah selesai, olesi kulit dengan krim ini pada kulit kering, biarkan selama 10 menit kemudian cuci dengan air dingin.
  2. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Pisang. Pisang dapat meremajakan kulit kering, menjadi kulit yang lembut dan lentur. Hancurkan setengah dari pisang dalam mangkuk kemudian oleskan ke kulit kering. Setelah 5 sampai 10 menit, bilaslah dengan air hangat. Untuk meningkatkan efektivitas masker wajah ini, Anda dapat menambahkan satu sendok teh madu ke pisang.
  3. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Susu. Sejah dulu susu telah digunakan sebagai produk kecantikan. Susu juga berkasiat untuk mengatasi kulit kering. Pertama, cucilah kulit kering dengan susu, anda juga bisa menggunakan kain lap yang dicelup susu kemudian oleskan ke kulit kering. Selanjutnya pijit-pijit kulit anda selama beberapa menit. Asam laktat yang terkandung dalam susu akan membersihkan kulit dengan lembut, sementara kandungan lemak yang tinggi pada susu baik untuk kelembaban kulit.
  4. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Mayones. Mayones dianggap sangat baik untuk kulit kering. Campuran dua sendok makan mayones, satu sendok makan jus lemon, dan setengah sendok teh madu kemudian oleskan ke kulit kering. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air. Untuk hasil terbaik, gunakan masker mayones ini seminggu sekali.
  5. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Scrub Gula. Anda dapat membuat sendiri scrub dari gula. Scrub gula baik untuk pengelupasan kulit kering dan mati serta memberikan kelembaban pada kulit. Caranya lelehkan gula secukupnya kemudian beri minyak zaitun. Jika Anda suka, Anda juga dapat menambahkan satu atau dua tetes dari minyak esensial wangi seperti mint atau ekstrak vanili.
  6. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Lidah Buaya. Lidah buaya secara efektif dapat memberikan kelembaban pada kulit kering anda. Lidah buaya juga berkasiat mengurangi kemerahan dan peradangan kulit. Untuk pemakaian, belahlah daun lidah buaya hingga mengeluarkan getah lengket. Oleskan getah lengket lidah buaya ke seluruh kulit kering, biarkan selama 15 menit, lalu bilas. Untuk hasil terbaik, gunakan masker lidah buaya sekali atau dua kali seminggu.
  7. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Minyak. Minyak alami seperti minyak zaitun, minyak almond dan minyak kelapa semuanya mampu menyembuhkan kulit kering dan mengelupas kulit mati secara efektif. Cukup oleskan tipis minyak tersebut pada kulit anda pada pagi dan malam hari.
  8. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Es Batu. Es batu bermanfaat untuk menyingkirkan kulit kering dan membuat kulit lebih bercahaya. Pemakaiannya cukup dengan menggosokkan es batu keseluruh kulit anda.
  9. Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Gliserin. Ambil beberapa tetes gliserin dan pakailah di seluruh permukaan kulit kering. Biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat. Anda akan mendapatkan wajah bersinar dan lentur.

Cara Mencegah Kulit Kering

  1. Cara mencegah kulit kering dengan menghindari mandi berlebihan. Jangan mandi atau cuci muka terlalu sering, karena hal ini akan mengeringkan kulit Anda. Anda juga harus menghindari kulit dari air yang terlalu panas, gunakan air hangat sehingga hidrasi tidak hilang dari kulit Anda. Air yang terlalu panas cenderung untuk menghilangkan lemak pelindung kulit.
  2. Cara mencegah kulit kering dengan menggunakan tabir surya. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar rumah, sebaiknya anda menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi. Hal tersebut akan melindungi kulit sensitif dari paparan sinar matahari yang bersifat merusak, menyebabkan luka bakar bahkan keriput. Pakailah tabir surya tidak hanya pada saat musim panas, namun juga musim dingin.
  3. Cara mencegah kulit kering dengan menutupi kulit anda. Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari dengan menggunakan pakaian lengan panjang, celana, topi, syal, dan sarung tangan. Dengan menutupi kulit anda, kelembaban kulit anda lebih terjaga dan menghindari dehidrasi pada tubuh

Demikianlah “Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering“, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda.


Baca juga :
loading...