Bagaimana Cara Lepas dari Ketergantungan Gula??

Bagaimana cara lepas dari ketergantungan gula?? Sebagian besar orang mungkin suka makan makanan manis, misalnya coklat, cake atau permen. Taukah anda, bahwa batasan mengkonsumsi gula adalah 10 persen dari total kalori sepanjang hari. Jika anda salah satu penggemar makanan manis, sebaiknya anda harus hati-hati.

Bagaimana Cara Lepas dari Ketergantungan Gula

Kegemaran makan makanan manis tidak hanya menyebabkan kegemukan (obesitas) tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan yaitu meningkatkan risiko penyakit diabetes. Anda perlu mengetahui seberapa berbahayanya penyakit diabetes, antara lain :

  1. Penyakit diabetes dapat menyebabkan gagal ginjal. Naiknya kadar gula darah menyebabkan tugas ginjal semakin berat, ginjal harus menyaring kelebihan gula darah tersebut untuk dibuang melalui urin. Karena tugasnya yang terlampau berat, ginjal lama kelamaan dapat mengalami kerusakan.
  1. Penyakit diabetes dapat menyebabkan retinopati diabetik, yaitu kerusakan mata karena meningkatnya kadar gula darah. Gejala awalnya hanya berupa gangguan penglihatan namun lama kelamaan gangguan tersebut menjadi akut dan menyebabkan kebutaan.
  1. Penyakit diabetes dapat menyebabkan Ulkus diabetes melitus yaitu tidak kunjung sembuhnya luka anda. Kadar gula darah yang tinggi membantu perkembangan bakteri disekitar luka, akibatnya luka menjadi terinfeksi dan tidak kunjung sembuh. Jika sudah demikian, amputasi adalah harapan satu-satunya agar luka tidak menyebar kemana-mana.
  1. Penyakit diabetes dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penderita diabetes memiliki resiko yang besar untuk terkena hipertensi karena adanya penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah adalah pemicu meningkatnya tekanan darah.
  1. Penyakit diabetes dapat menyebabkan penyakit jantung. Seperti disebutkan diatas, bahwa penderita diabetes rentan terjadi penyumbatan pembuluh darah. Selain menyebabkan hipertensi, penyumbatan pembuluh darah juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Nah, dampak negatif gula tersebut tentunya dapat anda cegah sedini mungkin dengan melepaskan diri dari ketergantungan gula. Lalu bagaimana cara lepas dari ketergantungan gula??

Bagaimana Cara Lepas dari Ketergantungan Gula

Anda dapat lepas dari ketergantungan gula, diantaranya adalah :

  1. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanlah makanan yang memiliki rasa manis alami seperti buah-buahan, sayuran, dan gandum.
  1. Konsumsilah multivitamin dan multimineral yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.
  1. Konsumsilah makanan rendah lemak, rendah kalori dan kaya protein seperti daging ayam dan salmon. Kombinasikan dengan makanan kaya serat seperti sayuran berwarna hijau ( bayam, kangkung, selada).
  1. Minumlah 6-7 gelas per hari untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.
  1. Lakukan olahraga dengan rutin misalnya dengan joging.

 

Itulah tips bagaimana cara lepas dari ketergantungan gula. Selain menggunakan tips tersebut, ada baiknya jika anda rajin berolahraga, misal dengan joging diimbangi dengan makan makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran. Dengan hidup sehat dan menerapkan tips bagaimana cara lepas dari ketergantungan gula seperti dipaparkan diatas, tubuh anda dapat menangkal segala penyakit serta mencegah diabetes. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda, apabila anda memiliki tips bagaimana cara lepas dari ketergantungan gula, ada baiknya ada berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...