9 Penyebab Kulit Berminyak


Baca juga :
loading...

9 penyebab kulit berminyak – Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, kadang merasa sangat risau. Bagaimana tidak, riasan yang kita lakukan seringkali luntur karena hadirnya minyak. Kulit menjadi mengkilat, ditambah lagi dengan hadirnya debu, kotoran serta polusi udara membuat wajah kusam yang tak jarang dapat menyebabkan munculnya komedo dan jerawat.

9 Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak kerap menimbulkan berbagai masalah kulit

Namun demikian, kulit berminyak tidak selamanya memiliki kekurangan. Beberapa kelebihan kulit berminyak adalah lebih tahan terhadap kerutan atau dapat dikatakan pemilik kulit berminyak lebih awet muda. Namun tentu saja, perawatan kulit berminyak haruslah cermat agar tidak menimbulkan berbagai masalah kulit (Baca juga : Pelembab Wajah Alami Untuk Kulit Berminyak dan Mengkilap).

Ada beberapa jenis kulit yaitu kulit kering, kulit berminyak dan kulit kombinasi. Apapun jenis kulit anda, pastinya kita ingin tampil luar biasa dengan kulit yang cerah dan sehat setiap saat. Jenis kulit tersebut, selain karena bawaan, dapat juga disebabkan faktor lain yang mempengaruhinya. Untuk kulit berminyak, faktor lain yang mempengaruhinya tidak lain karena gaya hidup serta kebiasaan melakukan perawatan kulit yang salah yang dapat memicu produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak. Nah, ingin tau 9 penyebab kulit berminyak?? Berikut ulasannya.

9 Penyebab Kulit Berminyak

Jika anda kerap mengeluhkan kulit berminyak, ada baiknya anda memperhatikan 9 penyebab kulit berminyak berikut ini. Barangkali faktor berikut ini tanpa disadari anda lakukan, dan memicu produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Dengan mengetahui 9 penyebab kulit berminyak berikut ini, anda tidak hanya dapat melakukan perawatan kulit yang benar, namun dapat mencegah kulit berminyak.

1. Penyebab Kulit Berminyak Karena Penggunaan Kosmetik

Penyebab Kulit Berminyak Karena Penggunaan Kosmetik

Kosmetik dapat menyebabkan kulit wajah berminyak

Jika anda adalah wanita karier, maka penggunaan kosmetik merupakan hal yang tak bisa anda hindarkan. Semakin tebal dan semakin sering anda menggunakan make up, potensi produksi minyak oleh kelenjar minyak juga makin sering keluar. Oleh karena itu disarankan bagi anda untuk menggunakan kosmetik ketika benar-benar diperlukan. Ada kalanya anda tampil natural atau menggunakan kosmetik yang tipis untuk mencegah munculnya kulit berminyak. Siapa bilang dengan make up tipis atau bahkan hanya dengan bedak, anda tidak dapat tampil maksimal. Justru sebaliknya, apabila dengan perawatan kulit yang maksimal, penampilan anda akan terlihat cantik alami (Baca juga : Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Dengan Madu Dan Jeruk Nipis)

2. Jarang Membersihkan Wajah

penyebab wajah berminyak karena jarang membersihkan wajah

Mencuci Muka Dengan Teratur Dapat mengurangi minyak pada kulit wajah

Apabila anda memiliki kulit berminyak, disarankan untuk membersihkannya secara teratur. Hal ini untuk menghindari bercampurnya minyak, debu, polusi dan kotoran pada kulit anda, yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit kulit seperti komedo dan jerawat.

3. Penggunaan Krim Wajah Berlebihan

Penggunaan krim wajah secara berlebihan juga dapat memicu kulit menjadi berminyak. Jika anda memiliki kulit berminyak, jangan gunakan krim wajah dalam jumlah yang banyak.

4. Menggunakan alat kecantikan yang tidak perlu

Bila Anda menggunakan banyak alat kecantikan yang tidak perlu, bukan hanya akan mengiritasi kulit. Ini juga akan membuat kulit sangat kering dan akan ada kelebihan produksi minyak oleh kelenjar minyak untuk mengkompensasi hal ini.

5. Memakai produk pembersih yang salah

Sebelum anda membeli produk pembersih wajah, sebaiknya sesuaikan dulu dengan jenis kulit anda. Jika anda memiliki kulit berminyak, maka gunakan produk pembersih yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak. Apabila anda tetap menggunakan pembersih wajah untuk kulit kering, maka akan memicu produksi minyak pada kulit wajah.

6. Makanan berminyak dan berlemak

Makanan berminyak dan berlemak ternyata juga dapat menyebabkan kulit berminyak. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makanan berminyak seperti gorengan serta makanan berlemak lainnya.

7. Siklus Menstruasi

Pada saat menstruasi, terjadi perubahan hormon yang diproduksi dalam tubuh. Hormon tersebut menstimulasi kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Oleh karena itu tak heran apabila jerawat kerap muncul ketika anda sedang menstruasi.

8. Stres

Penyebab wajah berminyak karena stres

Hindari stres untuk mencegah kulit wajah berminyak

Siapa sangka stres juga dapat menyebabkan kulit berminyak. Pada saat stres, emosi seseorang akan meningkat yang memicu produksi minyak oleh kelenjar minyak juga semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan karena naiknya hormon tertentu saat anda mengalami stres. Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan refreshing saat akhir pekan dengan olahraga atau aktivitas menyenangkan lainnya.

9. Kondisi iklim

Indonesia memiliki iklim tropis, dimana cuaca sepanjang tahun relatif panas. Ketika cuaca panas, kulit cenderung akan mengeluarkan lebih banyak minyak (Baca juga : Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami).

Itulah 9 penyebab kulit berminyak yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui faktor tersebut, setidaknya anda dapat melakukan tindakan preventif agar produksi minyak pada kulit wajah anda lebih terkontrol. Selain dengan gaya hidup seperti dipaparkan diatas, anda juga dapat melakukan berbagai cara alami untuk merawat wajah berminyak.

Demikianlah artikel “9 Penyebab Kulit Berminyak“, semoga memberi banyak manfaat dan pengetahuan bagi anda tentang penyebab kulit berminyak. [info-kecantikan.com]


Baca juga :
loading...