8 Tips Diet Sehat dan Mudah Tanpa Resiko

8 Tips Diet Sehat dan Mudah Tanpa Resiko – Bagaimanakah tips diet sehat dan mudah tanpa resiko?? Bagaimanakah cara mengecilkan perut?? Pertanyaan tersebut mungkin sering terpikir dalam benak anda, terutama bagi anda yang memiliki berat badan berlebih/obesitas. Memiliki tubuh langsing ideal adalah dambaan setiap orang, tidak ada seorangpun yang memiliki niat untuk memiliki tubuh gemuk, besar, dan banyak lemak. Wanita tentunya memiliki pendapat yang sama mengenai berat badan. Apabila berat badan sudah naik sedikit, bisa dipastikan semua wanita akan menjadi panik dan berusaha dengan berbagai cara mengecilkan perut, baik dengan diet obat-obatan maupun diet sehat. Tak dipungkiri, tubuh langsing ideal selalu identik dengan rasa percaya diri, menjadi pusat perhatian, cantik, dan tentunya sedap dipandang mata.

8 Tips Diet Sehat dan Mudah Tanpa Resiko serta cara mengecilkan perut

Untuk mengetahui dan menilai berat badan anda termasuk kategori kurang, berlebih, atau ideal dengan mempertimbangkan tinggi badan, anda bisa menggunakan rumus sederhana berdasar Indeks Broca :

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) x 90%

Misal, tinggi badan anda 158 cm, maka : (158 – 100) x 90%
Akan didapatkan berat badan ideal anda adalah 52,2 kg.

Diet sehat disini adalah diet yang dijalani secara teratur dan bertahap untuk mengurangi berat badan sehingga tercapai tubuh ideal yang diinginkan. Diet tidak boleh dilakukan secara ketat dan terlalu memaksakan diri hingga tubuh tidak bisa menerima bentuk kondisi perubahan yang terjadi sangat drastis.

Efek yang ditimbulkan apabila diet di luar batas kemampuan tubuh diantaranya adalah menurunnya stamina, sering mengalami pusing-pusing, hilang daya konsentrasi yang memicu kelupaan, penglihatan yang kabur, bahkan dapat memicu penuaan dini. Lalu bagaimanakah 8 tips diet sehat dan mudah tanpa resiko?? Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah 8 tips diet sehat dan mudah tanpa resiko.

8 Tips Diet Sehat Dan Mudah Tanpa Resiko Serta Cara Mengecilkan Perut

1. Diet sehat dengan menjaga dan mengontrol asupan makanan

Diet sehat dilakukan dengan memilih jenis makanan yang memiliki fungsi dapat melancarkan proses metabolisme tubuh, misal buah-buahan yang mengandung banyak serat. Perhitungkan nilai gizi dan sesuaikan dengan kondisi kebutuhan tubuh.

2. Diet sehat secara bertahap dan teratur mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit

Diet sehat dilakukan dengan menyeimbangkan kalori yang dikeluarkan. Hindari perubahan pola makan yang berkurang secara drastis karena akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh, seperti pusing, badan lemah, gangguan penglihatan, dll.

3. Diet sehat dengan menghindari jenis makanan tertentu

Diet dilakukan dengan menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung garam, makanan gorengan, fast food / junk food, serta mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi misalnya nasi.

4. Diet sehat dengan selalu konsumsi air putih

Lakukan diet dengan mengkonsumsi air putih sesering dan sebanyak mungkin, karena air putih sangat membantu memperlancar proses metabolisme lemak dan karbohidrat.

5. Diet sehat dengan mengurangi kebiasaan ngemil

Pada saat anda diet, kurangilah atau hindarilah makan makanan ringan di luar jam makan.

6. Diet sehat dengan menghindari makan 3 jam sebelum tidur

Jika anda biasa tidur jam 9 malam, maka hindarilah makan setelah jam 6 sore. Kalori yang berasal dari makanan, apabila tidak anda pakai untuk melakukan kegiatan, maka kalori tersebut akan disimpan sebagai cadangan makanan berupa lemak. Ketika anda tidur, anda mengeluarkan energi yang sangat minim, sehingga kalori yang berasal dari makanan tersebut akan dikonversi menjadi lemak. Beberapa orang yang menganggap metode ini sebagai cara mengecilkan perut yang efektif.

7. Diet sehat yang dipadukan dengan olahraga secara teratur dan terjadwal

Selain diet makanan, anda harus memperhatikan gaya hidup anda. Diet yang sehat dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Olahraga merupakan salah satu cara mengecilkan perut, selain itu olahraga berfungsi untuk membakar lemak dan karbohidrat yang tertimbum dalam tubuh. Olahraga yang murah dan sederhana misalnya jogging, jalan cepat, dan dikombinasikan dengan sit-up atau scot jump.

8. Diet sehat dengan teratur menjalani terapi

Anda dapat melakukan terapi sauna, sinar laser, atau terapi radio frequency (gelombang radio) bila anda memiliki dana lebih. Terapi tersebut merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang efektif.

Itulah 8 tips diet sehat dan mudah tanpa resiko. Yang perlu anda perhatikan dalam melakukan diet sehat adalah, anda jangan terlalu terobsesi dengan penurunan badan yang singkat. Lakukan dengan cara sehat seperti dipaparkan diatas karena apabila anda terlalu terobsesi, misal beberapa tips menganjurkan minum cuka yang katanya merupakan cara ampuh mengecilkan perut. Namun diet tersebut tentunya tidak baik untuk kesehatan anda. Anda juga sebaiknya menghindari produk-produk diet yang ditawarkan oleh iklan televisi ataupun media cetak. Kandungan produk diet tersebut juga kadang malah menimbulkan penyakit baru yang menghantui pemakainya. Jadi tidak ada salahnya jika anda melakukan diet sehat diatas, selain murah diet sehat tersebut apabila anda jalankan, pastinya memberikan efek luar biasa pada anda.

Demikianlah bahasan mengenai 8 Tips Diet Sehat dan Mudah Tanpa Resiko. Pertajam tujuan diet anda, targetkan waktu, dan selalu disiplin, pasti diet anda akan berhasil.[RA]


Baca juga :
loading...