8 Tips dan Cara Mudah Mengganti Popok Bayi

8 tips dan cara mudah mengganti popok bayi – Jika anda adalah seorang ibu muda yang baru saja dikaruniai seorang buah hati, pertanyaan tersebut mungkin pernah terbersit di pikiran anda. Pertanyaan tersebut wajar diajukan karena anda sebagai ibu muda mungkin belum memiliki pengalaman dalam mengganti popok bayi. Sebelum membahas tips dan cara mudah mengganti popok bayi, anda harus menyadari bahwa kebersihan popok sangat mempengaruhi kesehatan bayi, terutama buat pada kulitnya. Dengan rajin mengganti popok segera setelah popok tersebut ‘penuh’ maka akan menghindari terjadinya ruam pada kulit bayi.

8 Tips dan Cara Mudah Mengganti Popok Bayi

Kesehatan bayi salah satunya ditentukan oleh kebersihan popok

Ruam terjadi karena gesekan popok dengan kulit bayi yang dipicu kondisi lembab berlebih akibat kulit yang tertutup popok. Kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga perlu penanganan cermat dan rutin dalam menjaga kebersihan bayi termasuk dalam hal mengganti popok. Nah, anda sudah tau bukan tentang pentingnya mengganti popok bayi?? Sekarang kita akan bahas 8 tips dan cara mudah mengganti popok bayi.

8 Tips dan Cara Mudah Mengganti Popok Bayi

  1. Selalu sediakan peralatan yang dibutuhkan saat mengganti popok. Usahakan letaknya mudah dijangkau dan tidak jauh dari bayi ada. Peralatan tersebut adalah :
    • Popok pengganti, kondisi kering dan bersih. Bisa juga berupa diaper.
    • Kapas
    • Handuk kecil atau kertas tissu lembut
    • Bedak popok atau berupa krim
    • Air matang hangat, bisa anda siapkan air panas di dalam termos sebelumnya. Saat akan dipakai, jangan lupa campurkan dengan air matang dingin agar air menjadi hangat.
  2. Bayi anda baringkan lebih dahulu di atas perlak atau alas lembut lainnya. Jangan meninggalkan bayi meskipun hanya sebentar. Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti gerakan bayi tiba-tiba yang menyebabkan dirinya terguling atau bahkan jatuh.
  3. Popok kotor yang akan diganti perlahan anda buka, caranya angkat kedua kaki bayi dengan satu tangan anda, sementara tangan yang lain membuka dan melepaskan popok.
8 Tips dan Cara Mudah Mengganti Popok Bayi

Cara mudah mengganti popok bayi

  1. Setelah popok lepas, bersihkan area kulit bayi dari kotoran menempel yang tertinggal dari popok. Cukup anda gunakan popok bagian dalam yang tidak terkena kotoran untuk menyeka dan membersihkannya.
  2. Ulangi kembali membersihkan kulit bayi dengan menggunakan handuk kecil atau tissu lembut.
  3. Untuk memastikan kebersihannya, ulangi menyeka kulit bayi mulai dari lipatan paha, pantat hingga bagian kelamin dengan menggunakan kapas yang sebelumnya telah dibasahi air hangat. Lebih detilnya lagi :
    • Untuk bayi laki-laki, jangan pernah mengganti popok dengan membersihkan bagian bawah kelamin dengan cara menarik kulit kelamin tersebut dan menggosok-gosoknya.
    • Untuk bayi perempuan, saat mengganti popok, selalu bersihkan dari bagian depan menuju ke bagian belakang. Ini dilakukan untuk mencegah masuknya bakteri dari anus ke vagina.
  4. Setelah anda bersihkan, keringkan dengan memakai handuk kecil atau kertas tissu.
  5. Biarkan sebentar dan angin-anginkan terlebih dahulu agar mencegah timbulnya ruam popok. Jangan terburu-buru mengganti popok. Mengganti popok bisa anda lakukan apabila area tersebut sudah dipastikan kering benar, barulah anda mengganti popok yang baru.

Itulah 8 tips dan cara mudah mengganti popok bayi. Sekali lagi yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan popok dan bayi anda, karena kebersihan sangatlah penting bagi bayi. Apabila anda kurang menjaga kebersihan bayi anda, tidak menutup kemungkinan si buah hati anda akan sering terserang penyakit yang tentunya tidak anda inginkan. Jika anda baru pertama kali mengganti popok bayi, mungkin akan terasa canggung, namun lama-kelamaan anda akan lihai dalam mengganti popok bayi.

Demikianlah 8 tips dan cara mudah mengganti popok bayi, semoga bisa berguna terutama untuk ibu yang baru melahirkan pertama kali dan belajar untuk mengganti popok buah hati.[RA]


Baca juga :
loading...