8 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Paling Cepat

Cara menurunkan kolesterol secara alami – Kadar kolesterol yang tinggi harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah dan komplikasi. Banyak yang menderita serangan jantung dan stroke baru menyadari jika peyakitnya tersebut disebabkan oleh kadar kolesterol yang ada di dalam darahnya tinggi. Oleh sebab itu disarankan bagi orang dengan usia diatas 30 tahun rutin mengecek kadar kolesterol di dalam darahnya. Semakin lama kolesterol jahat tersebut ada di dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam masalah salah satunya adalah sakit jantung bahkan stroke.

8 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Paling Cepat

Biasanya, tingginya kolesterol yang kita alami, jarang kita sadari. Kita sering mengabaikan gejala dan ciri-ciri kolesterol tinggi, entah karena kurang pengetahuan atau karena mengabaikannya. Jika anda tidak ingin terkena penyakit komplikasi akibat kolesterol yang tinggi, sebaiknya anda harus tau apa saja tanda, ciri-ciri serta gejala kolesterol tinggi (baca juga : 6 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai).

Bagi yang merasakan kadar kolesterolnya tinggi, anda tidak perlu cemas. Anda dapat mencoba cara yang mudah untuk menurunkan kolesterol. Simak cara menurunkan kolesterol secara alami berikut ini:

8 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Paling Cepat

1. Mengonsumsi Sayuran

Kebanyakan makanan yang mengandung kolesterol adalah makanan yang di dalamnya mengandung lemak hewani yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Mengonsumsi sayuran sehat ini berguna sebagai pelancar pencernaan dan bisa sebagai penurun kolesterol. Fungsi serat yang masuk ke dalam tubuh mampu mengikat lemak sehingga hanya sedikit lemak saja yang terserap oleh tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Biji-bijian

Untuk bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam darah bisa dengan cara mengonsumsi biji-bijian. Banyak nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian yang berguna untuk menyehatkan tubuh terutama jantung misalnya saja adalah roti dari gandum, pasta gandum, tepung gandum dan juga beras merah.

3. Mengonsumsi Lemak Sehat

Sebenarnya lemak diperlukan oleh tubuh untuk cadangan energi, namun yang dibutuhkan oleh tubuh adalah lemak sehat. Lemak sehat terdapat pada susu yang mengandung lemak rendah selain itu cobalah untuk mengolah lemak jenuh yang bersifat tunggal seperti kacang, minyak canola dan minyak zaitun.

4. Menghindari Lemak Trans

Cara menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan menghindari lemak trans. Lemak trans merupakan lemak jenuh yang sangat berbahaya untuk kesehatan sebab bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke bahkan kanker. Lemak trans ini tidak hanya ada pada makanan yang digoreng saja namun ada pada cookies, kerupuk, cake dan lain-lain. Jika kadar kolesterol masih tinggi hindarilah semua makanan tersebut agar kadar kolesterol di dalam darah kembali normal. Namun jika kadar kolesterol sudah normal, boleh mencicipi makanan tersebut namun sesekali saja.

5. Berolahraga

Cara menurunkan kolesterol dan asam urat bisa dengan cara berolahraga. Jenis olahraga yang bisa digunakan sebagai penurun kadar kolesterol dan asam urat pun sama yaitu senam, bersepeda, berenang maupun jalan santai. Olahraga tersebut bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol dikarenakan mampu membakar lemak dan juga melancarkan persendian yang kaku akibat asam urat tersebut.

6. Mengonsumsi Jambu Merah

Jambu dengan biji merah diyakini bisa digunakan untuk penurun kolesterol secara alami. Selain bisa digunakan sebagai obat untuk demam berdarah, jambu biji merah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kandungan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, selenium dan likopen dipercaya bisa digunakan sebagai penurun kolesterol yang ampuh.

7. Buah Delima

Delima kaya akan antioksidan, sehingga mampu melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu tingginya kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh bisa dinormalkan menggunakan buah delima ini karena adanya kandungan oksida nitrat .

8. Mengonsumsi Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan bisa digunakan untuk kecantikan. Kandungan flavonoid pada jeruk nipis tersebut dipercaya bisa digunakan sebagai penurun kolesterol jahat di dalam darah. Vitamin C yang tinggi berguna untuk menjaga sistem imun tubuh dan menghindarkan tubuh dari berbagai macam kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol jahat tersebut.

Kolesterol merupakan silent killer yang bisa membunuh penderitanya secara diam-diam. Oleh sebab itu jika memiliki kolesterol tinggi sebaiknya mencoba cara menurunkan kolesterol secara alami karena tidak ada efek samping khususnya ke ginjal.


Baca juga :
loading...