7 Penyebab dan Tanda Keguguran serta Tips Mencegah Keguguran

7 Penyebab dan Tanda Keguguran serta Tips Mencegah Keguguran. Bagi seorang wanita yang telah menikah dan sedang menjalani kehamilan, keguguran merupakan hal yang paling menakutkan. Wanita hamil mungkin sudah membayangkan hadirnya buah hati ditengah keluarga, namun bayangan itu akan sirna ketika keguguran menghampiri. Tidak jarang, kasus keguguran dapat menyebabkan wanita menjadi stress dan trauma.

7 Penyebab dan Tanda Keguguran serta Tips Mencegah Keguguran

Fakta mengatakan bahwa sekitar 98% keguguran terjadi pada 13 minggu pertama sejak hamil. Sebagian besar kejadian tidak dapat dijelaskan serta tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran jika sudah terjadi. Jumlah kejadian atau resiko keguguran akan menurun pada usia kehamilan di atas 3 bulan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anda, ada baiknya anda mengetahui mengenai 7 Penyebab dan Tanda Keguguran serta Tips Mencegah Keguguran, Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Pantangan Ibu Hamil.

Penyebab keguguran

Faktor penyebab keguguran antara lain :

  1. Penyebab keguguran karena adanya kelainan pada sisterm hormonal calon ibu (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah), sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit berat yang diderita si ibu hamil.
  2. Penyebab keguguran karena kelainan pada janin akibat kelainan kromosom. Hal tersebut terjadi pada saat pembuahan, akibatnya adalah embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh.
  3. Penyebab keguguran karena kelainan pada rahim. Kelainan yang paling sering terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. Selain tumor, kelainan lainnya adalah terlalu lemahnya rahim sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir 3bulan pertama.
  4. Penyebab keguguran karena infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll.
  5. Penyebab keguguran karena gaya hidup. Konsumsi rokok dan alkohol salah satu penyebab keguguran. Selain itu obesitas (berat badan berlebih) dapat menyebabkan gangguan hormone yang berakibat gangguan kehamilan. Oleh karena itu apabila anda mencanangkan program memiliki momongan, ada baiknya jika anda juga melakukan diet.
  6. Penyebab keguguran karena penyakit, misal penyakit ginjal, jantung dan diabetes dapat menjadi pemicu keguguran.
  7. Penyebab keguguran karena usia ibu mengandung. Keguguran lebih rentan terjadi pada wanita berusia diatas 35 tahun.

Tanda-tanda keguguran

Berikut ini adalah tanda keguguran :

  1. Tanda keguguran yaitu adanya nyeri seperti menstruasi. Tanda paling jelas adalah adanya nyeri seperti menstruasi, disertai pendarahan hebat yang bisa membawa kebekuan darah. Namun tidak selamanya nyeri tersebut disertai pendarahan, kadang pendarahan tidak terjadi sehingga anda sebagai calon ibu tidak menyadari dan menganggap rasa nyeri tersebut adalah gejala kehamilan muda. Disamping itu, banyak ibu muda yang mengganggap bahwa
  2. Tanda keguguran yaitu tidak ada denyut jantung bayi. Banyak dari kasus keguguran yang terlambat diketahui. Mereka mengetahui hal tersebut setelah dokter atau bidan tidak bisa merasakan denyut jantung ketika pemeriksaan USG. Keguguran yang seperti ini disebut keguguran yang terlewat, dimana embrio telah mati tetapi tidak menunjukkan gejala keguguran seperti nyeri dan pendarahan.
  3. Tanda keguguran yaitu adanya pendarahan bercak atau flek. Pendarahan bercak atau flek adalah pendarahan dengan jumlah yang relative sedikit. Biasanya terjadi di awal kehamilan. Hal tersebut bukan menjadi masalah, namun perlu diwaspadai karena diindikasikan terjadi keguguran atau gangguan pada janin anda.
  4. Tanda keguguran yaitu adanya nyeri pada bagian bawah perut. Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan.
  5. Tanda keguguran yaitu berkurangnya tanda-tanda kehamilan. Ketika hamil tentunya wanita menunjukkan tanda-tanda tertentu seperti mual, morning sick, lelah, atau perubahan pada payudara. Ketika mengalami keguguran diam-diam, tanda ini akan semakin berkurang dan bahkan hilang sama sekali. Jika Anda tak lagi merasakan tanda-tanda kehamilan sebaiknya segera periksakan kesehatan kandungan ke dokter.
  6. Tanda keguguran yaitu adanya cairan vagina berwarna kecoklatan. Jika seorang wanita hamil mengeluarkan cairan (semacam keputihan) namun berwarna kecoklatan, kemudian berwarna merah dan semakin terang seperti darah. Jika mengalami ini segera temui dokter kandungan karena itu bisa menjadi tanda keguguran.
  7. Tanda keguguran yaitu hilangnya pergerakan janin. Perhatikan pergerakan janin anda. Jika anda tidak merasakan pergerakan janin lebih dari 4 jam, sebaiknya anda menghubungi dokter. Pergerakan janin akan terasa pada minggu ke 18 dan minggu ke 24.

Tips Mencegah Keguguran

  1. Mencegah keguguran dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
  2. Mencegah keguguran dengan menghindari stres. Stres dapat memicu keguguran karena stres membuat perkembangan janin anda tidak sehat.
  3. Mencegah keguguran dengan menghentikan konsumsi merokok, minuman beralkohol dan bersoda
  4. Mencegah keguguran dengan mengkonsumsi asam folat setiap hari sebanyak 400 mg. Lakukan diet ini satu sampai dua bulan sebelum pembuahan terjadi dan imbangi dengan olahraga teratur.
  5. Mencegah keguguran dengan tidak mengkonsumsi obat terlarang. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  6. Mencegah keguguran dengan menjaga berat badan
  7. Mencegah keguguran dengan mengurangi minum kopi
  8. Mencegah keguguran dengan menghindari paparan radiasi seperti arsenik, timah, benzena, etilen oksida, dan formaldehida
  9. Mencegah keguguran dengan menghindari olahraga berat. Janganlah berolahraga yang terlalu berat karena berisiko membahayakan janin anda.
  10. Mencegah keguguran dengan tidak mengkonsumsi buah-buahan seperti nanas dan durian. Untuk makanan, hindarilah makanan terlalu asin dan makanan yang dibakar (ikan bakar, sate dll).

Demikianlah artikel 7 Penyebab dan Tanda Keguguran serta Tips Mencegah Keguguran, dengan bertambahnya pengetahuan anda tentang keguguran dan sering memeriksakan kehamilan secara rutin ke dokter akan sangat membantu mengantisipasi keguguran atau mengetahui lebih dini tentang gangguan serta keguguran pada janin.


Baca juga :
loading...