7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman

7 jenis olahraga untuk ibu hamil yang aman. Sebagai seorang wanita yang telah menikah, pastinya menantikan kehamilan bukan?? Kehamilan merupakan suatu hal yang menggembirakan bagi pasangan suami istri. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandung, sebaiknya seorang ibu harus memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil agar bayi yang dikandungnya tidak kekurangan nutrisi dan mencegah terlahir cacat. Selain memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil, untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil juga diperlukan olahraga.

Baca juga : Pantangan Ibu Hamil

Karena keterbatasan fisik, sebagian besar ibu hamil tentunya malas berolahraga, alasannya mungkin karena takut mengganggu perkembangan janin. Namun demikian, olahraga ketika hamil sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya kelak. Selain itu olah raga juga dapat mengatasi permasalahan ibu hamil seperti keluhan nyeri sendi, sakit pinggang dan morning sickness. Pada saat melahirkan manfaat olahraga dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat melahirkan.

Olahraga untuk ibu hamil berbeda dengan wanita ataupun orang lain pada umumnya, karena keterbatasan fisik akibat mengandung. Untuk menjaga kebugaran ibu hamil, pilihlah olahraga yang aman. Jangan nekat melakukan olahraga yang beresiko tinggi karena dapat menyebabkan keguguran. Anda tentunya tidak ingin mengalami keguguran bukan?? Jadi jangan ambil resiko melakukan olahraga yang ekstrim.

Apa sajakah olahraga yang aman untuk ibu hamil?? Kali ini kita akan membahas 7 jenis olahraga untuk ibu hamil yang aman.

7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Berikut adalah 7 jenis olahraga untuk ibu hamil yang aman untuk dilakukan :

1. Olahraga Ibu Hamil Dengan Senam Hamil (Senam Yophytta)

Olahraga ibu hamil yang pertama adalah senam hamil yaitu senam yophytta. Senam Yophytta adalah senam hamil yang digabungkan dengan Tai Chi, Pilates, Yoga dan Afirmasi. Senam Yophytta dikreasikan oleh Fonterra Brands Indonesia sejak 2009. Senam Yophytta bermanfaat menjaga kesehatan fisik dan emosional ibu hamil sesuai perubahan yang dialami selama kehamilan.

7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman dengan senam Yophytta

Senam Yophytta

Senam Yophytta bermanfaat untuk membantu ibu hamil mengurangi keluhan nyeri sendi, sakit pinggang, morning sickness dll. Selain itu senam Yophytta juga baik dilakukan oleh ibu hamil yang akan melahirkan agar berjalan dengan lancar karena adanya unsur latihan kekuatan otot dasar panggul.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh dokter spesialis obstetri ginekologi Budi Santoso dan Farida Umamah dari RS Ibu dan Anak Kendang Sari Surabaya, menunjukkan, 91,67% wanita hamil merasakan penurunan tingkat kecemasan setelah mengikuti senam Yophytta secara teratur selama satu bulan.

Senam Yophytta dilakukan mulai trimester pertama dan sebaiknya dilakukan secara rutin dua kali seminggu selama 30 menit sampai satu jam.

2. Olahraga Ibu Hamil Dengan Berjalan atau jogging

Mitos mengatakan bahwa berjalan dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun demikian berjalan ternyata dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk mengurangi ketegangan dan stres. Untuk berjalan atau joging dipagi hari, pilihlah tempat yang datar, hindari tempat ramai dan berpolusi.

3. Olahraga Ibu Hamil Dengan Berenang

Berenang juga merupakan salah satu olahraga untuk ibu hamil yang aman. Untuk ibu hamil, gunakan gaya dada karena dapat menambah tenaga dan memperkuat otot anda. Berenang baik untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan fungsi cardio-vascular, sirkulasi darah dan kekuatan otot. Selain itu berenang dapat membantu Anda mengatasi tantangan emosional yang berhubungan dengan kehamilan.

4. Olahraga Ibu Hamil Dengan Bersepeda

Meskipun Anda mungkin sedikit khawatir tentang bersepeda selama kehamilan karena takut jatuh dan cedera, bersepeda merupakan salah satu yang terbaik rendah dampak latihan aerobik yang dapat membuat Anda bugar dan sehat.

5. Olahraga Ibu Hamil Dengan Yoga

7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman dengan yoga

Yoga untuk ibu hamil

Anda tentu sudah tau tentang olahraga yoga bukan? Yoga ternyata juga salah satu olahraga ibu hamil yang aman dilakukan. Yoga membantu ibu hamil ketika akan melahirkan karena Yoga mengajarkan untuk beradaptasi dengan situasi fisik dan mental yang baru. Namun demikian, untuk keamanan dan keselamatan janin anda, ikutilah Yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil karena disana hanya melakukan postur gerakan yang tidak membahayakan janin anda. Beberapa postur yoga yang paling populer yang dilakukan selama kehamilan adalah yastikasana, unta pose atau ustrasana dan latihan pernapasan.

6. Olahraga Ibu Hamil Dengan Aerobik Low-Impact

Aerobik low impact dapat memperkuat jantung dan paru-paru. Lakukan olahraga ini dibawah pengawasan medis ketika usia kehamilan di trimester pertama, atau menunggu trimester kedua ketika kandungan sudah benar-benar kuat. Untuk melakukan aerobik low impact, sebaiknya hindari gerakan berputar, membungkuk atau sering mengubah gerakan karena dapat membuat pusing.

7. Olahraga Ibu Hamil Dengan Senam Kegel

Taukah anda dengan senam kegel?? Senam kegel merupakan senam yang bertujuan memperkuat otot panggul. Senam kegel pertama kali dicetuskan oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1945. Pada awalnya senam ini diperuntukkan bagi wanita yang susah untuk menahan kencing, namun seiring berjalannya waktu senam kegel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual serta untuk ibu hamil.

7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman dengan senam kegel

Senam kegel untuk ibu hamil

Pada ibu hamil, senam kegel bermanfaat untuk mengatasi masalah saluran kemih pasca inkontinensia kehamilan atau otot dasar panggul berkurang. Cara termudah melakukan ini adalah dengan berbaring telentang, kemudian kontraksikan otot panggul seolah-olah mencoba untuk menghentikan aliran urin.

Itulah 7 jenis olahraga untuk ibu hamil yang aman. Ternyata ada banyak sekali manfaat olahraga bagi ibu hamil. Namun demikian sebelum anda melakukan olahraga untuk ibu hamil, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan anda, terutama jika usia kandungan anda di trimester pertama.

Demikianlah artikel “7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips olahraga untuk ibu hamil yang aman, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...