7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)


Baca juga :
loading...

Taukah anda 7 cara mudah mengatasi insomnia (susah tidur)??? Ilmu kedokteran masih memandang tidur adalah sebuah misteri yang tidak terpecahkan. Meskipun bila dihitung, sepertiga hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Tanpa tidur yang baik, seseorang akan mengalami gangguan fisik dan bahkan dapat mempengaruhi kondisi psikis. Sebuah riset penelitian menyatakan bahwa rata-rata waktu tidur malam manusia adalah 7,5 jam. (Neuroscience of Clinical Psychiatry, 2007).

Insomnia atau orang sering menyebut susah tidur adalah keadaan seseorang memiliki kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Kesulitan untuk memulai tidur dikarenakan dua penyebab. Penyebab pertama adalah karena kondisi medis, yaitu rasa tidak nyaman yang timbul karena sakit yang diderita. Misal penderita stroke, akibat luka pada sistem saraf pusat otak. Penyebab kedua adalah insomnia karena gangguan kejiwaan atau lingkungan. Bisa berupa kecemasan, panik, perubahan lingkungan baru, atau kecemasan sesaat, misal saat akan menghadapi ujian.

7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Sedangkan kesulitan mempertahankan tidur bisa diakibatkan juga dari kondisi medis, misal sindrom berhenti napas (sleep apnea), mengkonsumsi alkohol berlebihan, penyakit diabetes, kanker, proses penuaan (aging), dan nyeri luka. Selain itu dapat disebabkan karena kondisi kejiwaan seseorang, misalnya depresi, stress dan trauma berat karena kejadian yang mengancam jiwa, gangguan somatoform, gangguan skizofrenia, gangguan kepribadian, dan karena perubahan lingkungan baru. Berikut adalah 7 cara mudah mengatasi insomnia (susah tidur) :

7 Cara mudah mengatasi insomnia (susah tidur) adalah :

Ikutilah 7 cara mudah mengatasi insomnia (susah tidur) berikut ini, niscaya anda tidur anda akan normal dan lelap kembali.

  1. Mengatasi insomnia dengan selalu menjaga kebersihan tempat tidur anda, sehingga anda akan merasa nyaman saat berbaring.

  2. Mengatasi insomnia dengan menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman suplemen energi.

  3. Mengatasi insomnia dengan tidak melalukan aktivitas berat saat sebelum tidur. Misal olahraga, atau kegiatan yang menguras tenaga fisik anda.

  4. Mengatasi insomnia dengan memakai jenis pakaian yang sejuk dan longgar saat berangkat tidur.

  5. Mengatasi insomnia dengan mematikan lampu atau buatlah lampu menjadi redup temaram saat menjelang tidur.

  6. Bagi penderita yang susah mempertahankan tidur, mengatasi insomnia sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter untuk tindakan medis lebih lanjut.

  7. Mengatasi insomnia dengan tidak membiasakan diri mengkonsumsi obat tidur dan obat anti depresi. Karena berakibat ketergantungan dan efek yang tidak baik dalam jangka panjang.

 

Mudah bukan?? 7 cara mudah mengatasi insomnia (susah tidur) bisa anda jadikan referensi untuk mencoba lepas dari kebiasaan ini. Mulailah membiasakan tidur lebih awal, karena jam biologis anda akan terpengaruh untuk beradaptasi mengkondisikan jam tidur anda tersebut.[RA]


Baca juga :
loading...