7 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak

7 cara ampuh mengatasi kulit berminyak?? Cuaca ekstrem tidak menentu seperti sekarang ini, kadang panas dan tiba-tiba turun hujan kerap membuat kulit menjadi semakin berminyak. Kulit memproduksi minyak yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya dari luar seperti polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu minyak berfungsi meremajakan kulit dan menjaga kulit tetap kenyal. Kelebihan minyak pada kulit ternyata juga menimbulkan permasalahan kulit lain misalnya jerawat.

Sebelum kita membahas 7 cara ampuh mengatasi kulit berminyak, ada baiknya kita mengetahui penyebab kulit berminyak terlebih dahulu agar nantinya kita dapat mencegah kulit berminyak.

7 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak

Penyebab Kulit Berminyak

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Kosmetik

Berhati-hatilah sebelum membeli kosmetik, kenali dahulu jenis kulit anda. Upayakan menghindari kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Alangkah baiknya jika anda mengecek keamanan dari kosmetik tersebut, apakah aman dipakai atau tidak, caranya lihatlah apakah kosmetik tersebut terdaftar di BPOM. Anda dapat membaca artikel saya sebelumnya yaitu “Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Nomor BPOM Suatu Produk?

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Makanan Berlemak

Hindarilah makanan berlemak, karena konsumsi lemak secara berlebihan dapat meningkatkan produksi minyak oleh kulit.

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Cuaca

Perubahan cuaca secara ekstrem juga turut meningkatkan produksi lemak oleh kulit. Pakailah kosmetik yang tidak mudah luntur, selain itu pakailah foundation yang mampu menyerap minyak.

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Stres

Kulit secara otomatis akan memproduksi minyak secara berlebih pada saat anda mengalami stres. Hal ini terjadi karena sikap psikis anda yang sering waspada dan banyak berfikir ketika sedang stres. Sehingga wajah akan memproduksi banyak kortisol.

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Hormon dan Siklus Menstruasi

Kulit berminyak dapat disebabkan oleh siklus menstruasi, kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah tinggi ketika sebelum dan sesudah haid. Jika anda tidak mengatasi kulit berminyak tersebut, akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang kemudian muncul jerawat.

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Keturunan/Genetika

Keturunan genetik dari orang tua juga mungkin menyebabkan anda memiliki kulit berminyak. Saya juga mengalami hal serupa, ibu saya memiliki kulit berminyak dan diwariskan pada saya beserta saudara-saudara saya. Hal tersebut tidak bisa di cegah, tapi tetap bisa diatasi.

Berikut 7 cara ampuh mengatasi kulit berminyak

  1. Mengatasi kulit berminyak dengan membersihkan kulit berminyak menggunakan sabun dua kali sehari. Jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat menghilangkan kelembaban alami dari kulit. Untuk sabun pakailah facial foam, jangan menggunakan sabun yang mengandung susu karena dapat memicu timbulnya minyak.
  2. Mengatasi kulit berminyak dengan melakukan peelling atau facial.
  3. Mengatasi kulit berminyak dengan menjauhi makanan berlemak seperti makanan mengandung santan, gorengan, makanan mengandung susu, es krim, daging olahan, junk food, minuman bersoda dan lainnya. Sebaiknya anda harus mengkonsumsi sayur dan buah-buahan segar.
  4. Mengatasi kulit berminyak dengan menggunakan uap air mendidih. Anda cukup menggunakan uapnya saja tidak perlu airnya.
  5. Mengatasi kulit berminyak dengan minum air putih minimal 2 liter sehari. Selain baik untuk tubuh, minum air putih juga dapat mengurangi minyak karena pada saat anda berkeringat, minyak dan kotoran akan ikut terbawa sehingga kandungan minyak pada kulit semakin sedikit.
  6. Mengatasi kulit berminyak mengunakanlah pelembab berbahan dasar air yang tidak akan terlalu berat pada wajah berminyak Anda.
  7. Mengatasi kulit berminyak dengan menggunakan masker dari bahan alami. Penggunaan masker dari bahan alami dapat membantu menyegarkan kulit, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit serta mengencangkan kulit. Anda dapat menggunakan bahan sebagai berikut :
    1. Jeruk Nipis. Belahlah jeruk nipis kemudian oleskan pada kulit berminyak, tunggu selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.
    2. Putih Telur. Pisahkan kuning telor dan putihnya. Kocok putih telur hingga berbusa kemudian oleskan ke kulit berminyak, diamkan sampai mengering kemudian bilaslah dengan air. Mungkin akan berbau amis, tapi demi mengurangi minyak pada kulit, alangkah baiknya dicoba.
    3. Pisang. Lumatkan pisang kemudian campurkan dengan madu dan gunakan sebagai masker selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat diikkuti dengan air dingin. Lakukan 2 kali dalam seminggu.
    4. Mentimun. Mentimun juga sangat baik untuk perawatan kulit berminyak. Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu dengan melumatkan mentimun kemudian oleskan ke kulit berminyak, biarkan selama 30 menit setelah itu basuh dengan air. Lakukan 2 kali dalam seminggu
    5. Daun Seledri. Rebuslah air, kemudian masukkan seledri. Dinginkan terlebih dahulu, selanjutnya cuci wajah anda dengan air daun seledri tersebut, tunggu sampai mengering kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan satu kali dalam sehari.
    6. Air Garam. Larutkan garam dalam air hangat, kemudian basuhlah kulit berminyak anda dengan air garam. Air garam secara efektif dapat mengurangi produksi minyak pada kulit. Lakukan setiap hari, agar efeknya lebih terasa.
    7. Tomat/Kentang. Tomat dan kentang dapat digunakan untuk mengurangi kadar minyak pada kulit. Pemakaiannya lebih baik dilakukan ketika sebelum tidur, caranya belahlah tomat/kentang, kemudian usapkan ke kulit berminyak, keesokan harinya setelah bangun, bilas dengan air hangat kemudian dengan air dingin.
    8. Bengkoang. Selain untuk mencerahkan kulit, bengkoang juga dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit. Caranya cuci sampai bersih bengkoang, lalu haluskan. Bengkoang yang sudah halus tadi gunakan sebagai masker sebelum tidur. Di samping menghilangkan minyak yang berlebih bengkoang juga mampu mengecilkan pori – pori kulit.

Demikianlah artikel “7 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak” semoga bermanfaat bagi anda.


Baca juga :
loading...