6 Tips Tepat dan Cepat Menghindari Sakit Maag

Taukah anda 6 tips tepat dan cepat menghindari sakit maag?? Jika anda termasuk orang yang makan tidak teratur, malas makan, atau bahkan cenderung sering menunda makan, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut. Kebiasaan anda sangat potensial menjadi salah satu penyebab sakit maag.

6 Tips Tepat dan Cepat Menghindari Sakit Maag

Sebelum kita membahas mengenai 6 tips tepat dan cepat menghindari sakit maag, ada baiknya kita mengenal penyakit maag terlebih dahulu. Penyakit maag yang dalam istilah kedokteran disebut gastritis atau peradangan lambung terjadi karena asam lambung terlalu banyak diproduksi, sehingga asam lambung yang seharusnya membantu proses pencernaan makanan justru menjadi penyebab kerusakan dinding lambung. Produksi asam lambung yang berlebihan tersebut yang menyebabkan penderita maag merasakan nyeri dan perih pada lambung.

Gejala Sakit Maag

Penderita maag sering menunjukkan beberapa gejala, seperti :

  1. Perut kembung
  2. Perut terasa perih yang menjalar ke ulu hati
  3. Sering bersendawa
  4. Perut terasa cepat kenyang
  5. Perut keroncongan
  6. Sering buang gas
  7. Sering terasa mual hingga muntah.

Apakah anda mengalami gejala sakit maag seperti disebutkan diatas?? Jika iya, sebaiknya anda waspada dan berusaha menghindari sakit maag. Berikut adalah cara menghindari sakit maag.

Cara Menghindari Sakit Maag

Menghindari sakit maag dapat dilakukan bila penderita mengetahui faktor-faktor penyebabnya, seperti makanan dan minuman, faktor psikologis, dan serangan infeksi bakteri.

Untuk menghindari sakit maag, usahakan agar perut tidak sampai kosong. Sebab, tidak adanya bahan makanan yang dicerna oleh asam lambung akan menyebabkan asam lambung menyerang dinding lambung melalui gerakan peristaltik usus.

Jika maag sudah terjadi, ada baiknya anda segera mengkonsumsi obat yang anda rasa cocok bagi anda. Tersedia banyak pilihan obat di pasaran, baik yang langsung diminum maupun yang dikunyah terlebih dahulu. Namun apabila dirasa obat tidak membawa pengaruh dan perubahan apapun, sebaiknya segera konsultasi berobat kepada dokter. Sebelum anda mengalami kesakitan, hendaknya anda mencoba 6 tips tepat dan cepat menghindari sakit maag berikut ini.

6 Tips Tepat dan Cepat Menghindari Sakit Maag

1. Menghindari Sakit Maag dengan Menghindari Makanan Pemicu Sakit Maag

Jenis makanan yang dimaksud adalah makanan yang dapat membuat iritasi lambung diantaranya makanan yang terlalu asam, pedas, berlemak, dan bumbu yang beraroma tajam. Selain itu hindari minuman beralkohol, mengandung kafein, coklat, dan buah-buahan yang mengeluarkan gas, seperti nangka & durian.

2.Menghindari Sakit Maag dengan Makan Tepat Waktu

Hilangkan kebiasaan menunda terlalu lama waktu makan anda. Segera isi perut anda bila anda sudah terasa lapar. Jika belum waktunya jam makan, ada baiknya anda selalu sedia makanan ringan.

3. Menghindari Sakit Maag dengan Rajin Minum Air Putih

Biasakan selalu minum air putih sebanyak mungkin, karena air putih bersifat netral terhadap lambung dan dapat membantu menetralisir produksi asam lambung yang berlebihan.

4. Menghindari Sakit Maag dengan Konsumsi Jenis Makanan Penetralisir Asam Lambung

Bila sudah ada sedikit gejala maag kambuh, sebaiknya anda segera mengkonsumsi makanan yang dapat menetralisir asam lambung. Misalnya susu, roti, buah-buahan lunak seperti pepaya, pisang, dll. Jangan mencoba-coba dengan jenis makanan gorengan, fast food yang dapat memperparah sakit maag. Konsumsi bubur dengan porsi yang tidak terlalu banyak kalau sakit maag terlanjur menyerang anda.

5. Menghindari Sakit Maag dengan Olahraga Teratur

Olahraga dan latihan fisik sangat disarankan, karena dapat merangsang otot menjadi lebih aktif, termasuk otot perut. Proses pencernaan dan pembuangan akan menjadi lebih baik. Olahraga sederhana & murah yang dapat anda lakukan misalnya jogging dan jalan cepat.

6. Menghindari Sakit Maag dengan Konsultasi Dokter

Segera konsultasi kepada dokter apabila sakit maag anda tidak kunjung sembuh dalam 1 hari. Jangan menunggu sakit maag anda menjadi lebih parah dan kronis.

Anda dapat melakukan 6 tips tepat dan cepat menghindari sakit maag seperti penjelasan diatas dengan mudah jikalau anda telah menyadari pentingnya menjaga organ pencernaan bagi kesehatan anda. Tindakan preventif selalu lebih bijaksana dibanding pengobatan.[RA]


Baca juga :
loading...