6 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Efektif dan Aman

Obat sakit gigi untuk ibu hamil dengan wanita yang tidak hamil berbeda. Saat hamil tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi obat tidak hanya obat sakit gigi saja, namun semua obat kimia pun harus diperlukan kehati-hatian ketika mengonsumsinya saat hamil. Sebelum mengonsumsi obat sebaiknya dikonsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan terlebih dahulu. Alasan tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat saat hamil dikarenakan saat hamil kandungan kimia pada obat tersebut bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Bagi ibu hamil yang sedang mengalami sakit gigi, simak obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman berikut ini:

Baca juga : Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami Tanpa Obat.

6 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Efektif dan Aman

6 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Efektif dan Aman

1. Parasetamol

Salah satu obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi adalah parasetamol. Dokter yang menangani pasien hamil dengan keluhan sakit gigi sering meresepkan obat ini. Oleh sebab itu tidak disarankan untuk membeli obat tanpa resep maupun tanpa sepengetahuan dokter. Parasetamol cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi saat hamil. Sayangnya dosisnya tidak boleh berlebihan mengingat jika dikonsumsi berlebihan tetap akan ada efek sampingnya untuk janin yang ada di dalam kandungan.

2. Benzocaine

Benzocaine termasuk dalam obat sakit gigi topical. Obat ini bisa digunakan untuk meredakan nyeri dan bisa meresap pada jaringan gigi yang sedang bermasalah. Saat hamil sering sekali ibu hamil mengeluhkan sakit gigi dikarenakan kurangnya asupan kalsium selama hamil. Menggunakan obat ini selama hamil dipercaya mampu mengurangi keluhan sakit gigi dan tidak berbahaya untuk janin karena sifatnya yang lokal.

3. Minyak Cengkeh

Wanita yang mengeluhkan sakit gigi berlubang saat hamil bisa diatasi dengan obat tradisional tanpa efek samping yaitu minyak cengkeh. Minyak cengeh tersebut merupakan obat topical sebab bekerja secara lokal hanya di area yang terkena sakit gigi saja. Cara mengatasi sakit gigi dengan minyak cengkeh ini cukup mudah saja yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut ke bagian gigi yang terasa sakit. Setelah dioleskan perlahan-lahan denyutan akibat sakit gigi tersebut akan berkurang kemudian mereda.

4. Air Hangat

Untuk meredakan sakit gigi yang belum terlalu parah bisa menggunakan air hangat dengan garam. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah gelas air hangat dengan satu sendok teh garam, aduk agar tercampur secara merata kemudian gunakanlah untuk berkumur tepat di bagian gigi yang sakit. Jika sakit gigi di sebelah pipi kanan, maka berkumurlah menggunakan pipi kanan. Sifat garam yang antiseptik dipercaya bisa digunakan untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi.

5. Bawang Putih

Selain bisa digunakan untuk bumbu dapur, bawang putih bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit gigi saat hamil. Bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang bisa digunakan untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih pun sangat mudah sekali, cukup dengan menghaluskan bawang putih tersebut kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama 15 menit kemudian berkumur menggunakan air hangat. Bisa juga ibu hamil mengunyah langsung bawang putih tersebut menggunakan gigi yang sedang sakit.

6. Daun Jambu Biji

Selama ini daun jambu biji dikenal sebagai obat untuk meredakan diare. Selain meredakan diare, daun jambu biji digunakan untuk mengatasi sakit gigi selama kehamilan. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengunyah daun jambu biji sampai daun tersebut mengeluarkan lendir kemudian didiamkan selama beberapa menit pada bagian gigi yang sedang sakit.

Sakit gigi ketika hamil harus diatasi sesegera mungkin agar tidak menyebabkan gangguan kehamilan dan tidak mengganggu kesehatan jantung. Oleh sebab itu jika obat sakit gigi untuk ibu hamil yang telah disebutkan diatas tidak bekerja dengan baik, segera konsultasikan ke dokter.


Baca juga :
loading...