6 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janin

6 manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janin – Selama ini khasiat susu kedelai untuk ibu hamil belum banyak diketahui. Yang masyarakat ketahui selama ini adalah manfaat susu dari kacang kedelai untuk ibu yang menyusui. Padahal jika dikonsumsi saat hamil, susu ini akan membawa banyak khasiat untuk janin maupun bagi ibu hamil itu sendiri. Kedelai memiliki kandungan energi sebesar 41 kkal, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan dalam kacang kedelai tersebutlah yang diyakini mampu memberikan khasiat bagi ibu yang sedang hamil. Berikut ini adalah khasiat susu kedelai untuk ibu hamil yang perlu untuk diketahui:

Baca juga : Pantangan Ibu Hamil.

6 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janin

6 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Menyehatkan Jantung

Saat hamil penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung tersebut adalah dengan menggunakan susu kedelai ini. Susu kedelai mengandung sedikit asam lemak tidak jenuh dimana berguna untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah jantung. Susu kedelai pun berguna untuk membentuk zat bernama lipoprotein yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menyerap Kalsium Lebih Cepat

Ibu hamil rentan untuk mengalami pengeroposan tulang sebab kadar kalsium di dalam tubuhnya terbagi dua untuk dirinya sendiri dan janin yang ada di dalam kandungannya. Oleh karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi kalsium dua kali lipat lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil. Susu kedelai tersebut mengandung fitoestrogen yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium lebih cepat. Mengonsumsi kalsium saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tulang selama kehamilan. Sebab kalsium yang tidak terserap secara sempurna oleh tubuh hanya akan dikeluarkan bersamaan dengan urine.

3. Menghindari Hipertensi

Hipertensi selama kehamilan sangat berbahaya sebab akan memicu komplikasi terutama saat persalinan nanti. Selain itu hipertensi selama kehamilan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia. Preeklamsia ini bisa menyebabkan kematian bagi ibu dan janin jika terlambat diatasi. Ciri preeklamsia adalah pembengkakan pada kaki, tangan dan wajah. Oleh sebab itu saat kontrol kehamilan pihak medis akan mengukur tekanan darah ibu hamil secara teratur agar jangan sampai terkena hipertensi.

4. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Salah satu perkembangan dan pertumbuhan yang diperhatikan adalah tabung saraf janin. Jika tabung saraf tidak mampu tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya bisa dipastikan bahwa janin akan mengalami kecacatan. Mengonsumsi susu kedelai selama kehamilan ini sangat bermanfaat untuk mencegah kecacatan yang terjadi di tabung saraf janin karena susu kedelai kaya akan asam folat yang berguna untuk tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan.

5. Meningkatkan Berat Janin

Susu kedelai untuk ibu hamil berguna untuk menaikkan berat badan janin. Jangan sampai ketika dilahirkan bayi memiliki berat badan yang rendah sebab berat badan yang rendah mengharuskan bayi masuk ke ruang inkubator untuk menaikkan berat badannya. Berat badan normal bayi yang baru saja dilahirkan adalah 2,5 kg, dan untuk bisa mengetahui berat badan bayi secara pasti sebaiknya melakukan USG.

6. Mengembangkan Organ Vital Janin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil 8 bulan adalah mengembangkan organ vital bayi agar nantinya bisa tumbuh normal dan sehat, organ vital itu seperti jantung, paru-paru, tulang dan lain sebagainya. Mengonsumsi susu kedelai ini bisa digunakan untuk menjaga tumbuh kembang organ vital janin yang ada di dalam kandungan dikarenakan mengandung treonin, isoleusin dan berbagai macam jenis protein lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh janin.

Tidak hanya susu hamil saja yang bisa dikonsumsi namun susu kedelai pun sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan. Meski begitu mengonsumsi susu kedelai tidak boleh berlebihan terutama jika berat badan janin yang ada di dalam kandungan sudah mencapai 3 kg. Susu kedelai untuk ibu hamil yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan janin menjadi over weight sehingga susah untuk dilahirkan secara normal.


Baca juga :
loading...