6 Manfaat Joging

Taukah anda 6 manfaat joging?? Joging adalah olahraga murah yang biasanya dilakukan dipagi hari. Murah, karena tidak membutuhkan peralatan yang serba canggih, karena anda cukup berlari-lari kecil di lingkungan sekitar anda. Bagi manula, bisa dilakukan hanya dengan jalan-jalan sembari menghirup udara pagi yang segar.

Namun, ternyata masih banyak masyarakat yang berpikir dua kali untuk melakukan olahraga ini. Padahal, banyak sekali manfaat joging, berikut adalah 6 manfaat joging

6 Manfaat Joging

 

1. Manfaat joging sebagai olahraga yang murah

Seperti disinggung diatas, joging adalah olahraga yang murah. Anda tidak membutuhkan peralatan yang canggih, cukup dengan baju olahraga dan sepatu olahraga, anda sudah dapat mendapatkan manfaat joging. Joging juga cukup dilakukan di sekitar rumah anda.

6 Manfaat Joging

Joging

2. Manfaat joging sebagai alasan sosial

Anda dapat menjaga kesehatan anda bersama teman sembari bersosialisasi dengan orang lain yang tidak anda kenal. Bagi anda yang belum memiliki pasangan, mungkin joging adalah sarana mencari pasangan ataupun sekedar cuci mata. Tentunya hal tersebut sangat menyenangkan bukan? Tubuh anda tidak akan terasa capek jika hati anda senang.

3. Manfaat joging untuk membakar lemak

Seperti halnya olahraga yang lain, manfaat joging adalah meningkatkan metabolisme. Bukan hanya selama berlari saja, lemak di tubuh akan terus terbakar setelahnya karena suhu tubuh akan terus panas setelah melakukan aktivitas ini. Selain itu, hangatnya sinar matahari pagi hari kaya akan vitamin D. Selain bugar anda akan mendapatkan vitamin D secara cuma-cuma.

4. Manfaat joging untuk meningkatkan kemampuan tubuh

Joging dapat meningkatkan kemampuan tubuh anda, misalnya otot dan paru-paru. Otot anda akan lebih lentur dan kapasitas paru-paru anda dalam melakukan pernafasan akan meningkat. Bagi penderita jantung, joging juga cocok dilakukan karena dapat menjaga kesehatan jantung anda.

5. Manfaat joging untuk penghargaan diri sendiri

Berlari bukan hanya dapat meningkatkan metabolisme atau energi tubuh, tapi juga memberi penghargaan kepada diri Anda. Jika Anda berhasil melakukan olahraga yang ringan ini, maka akan muncul kepuasan tersendiri setelahnya. Selain itu, Anda juga mungkin mendapat pengalaman baru saat berlari di luar ruangan.

6. Manfaat joging untuk mengurangi stres

Manfaat joging juga dapat mengurangi stress. Seperti saya sebutkan tadi, ketika anda melakukan joging dengan teman, keluarga ataupun bersosialisasi dengan orang yang anda belum anda kenal (cuci mata), anda akan merasa senang. Lelah akan tertutupi dengan perasaan senang tadi. Ketika anda senang, anda telah meninggalkan stres di belakang. Para peneliti menemukan berlari juga meningkatkan serotonin di otak yang dipercaya dapat membuat otak lebih tenang.

Sekarang anda sudah tau 6 manfaat joging bukan?? Tidak ada salahnya mulai hari ini anda mencoba membiasakan diri untuk joging dipagi hari karena joging tidak hanya menyehatkan dan menyegarkan tubuh, anda bisa sekalian cuci mata atau mencari kenalan :)

Demikianlah artikel “6 Manfaat Joging“, apabila anda memiliki pengalaman seputar topik diatas, alangkah baiknya jika anda mau berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...