6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa


Baca juga :
loading...

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa – Bulan Ramadhan telah tiba, saatnya menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim. Tentunya anda ingin puasa anda lancar, tanpa gangguan bukan?? Namun demikian, tidak semua orang menjalankan puasa dengan lancar, terdapat beberapa masalah yang selalu mendera. Salah satu masalah yang kerap terjadi saat menjalankan puasa adalah kulit kering dan kusam. Selama puasa, masalah kulit kering dan kusam disebabkan kurangnya cairan dan nutrisi yang masuk ke tubuh, ditambah dengan paparan sinar matahari yang memperburuk keadaan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dan kusam selama puasa sebenarnya sangatlah mudah, selain menggunakan masker alami atau produk kecantikan kulit, sebaiknya anda juga memperhatikan 6 makanan sehat untuk kulit saat puasa.

 

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa

Dengan mengkonsumsi 6 makanan sehat untuk kulit saat puasa, nutrisi dalam tubuh akan tetap terjaga sehingga dapat mengatasi permasalahan kulit kering dan kusam. Penasaran apa sajakah 6 makanan sehat untuk kulit saat puasa?? Berikut ulasannya.

1. Gandum Utuh

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa dengan gandum

Salah satu dari 6 makanan sehat untuk kulit saat puasa adalah gandum utuh, misalnya oatmeal, roti atau sereal. Gandum utuh cocok dikonsumsi saat sahur. Gandum utuh baik untuk kesehatan kulit karena mengandung selenium yang berfungsi untuk membantu sel memperbaiki kulit (regenerasi kulit). Selain itu gandum utuh juga mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Jika Anda memilih sereal gandum, pilih yang tidak mengandung gula atau sedikit gula, terlalu banyak gula bisa menyebabkan jerawat.

2. Tomat

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa Dengan Tomat

Tomat juga merupakan makanan sehat untuk kulit saat puasa. Tomat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, Tomat juga mengandung vitamin A dan C yang juga berperan terhadap kesehatan kulit anda. Selain dikonsumsi langsung, anda dapat membuatnya menjadi juice tomat yang segar. Juice tomat dapat anda jadikan sebagai minuman ketika berbuka puasa.

 

3. Susu Rendah Lemak

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa Dengan Susu Rendah Lemak

Jika Anda tidak memiliki masalah jerawat, mengonsumsi susu rendah lemak baik untuk memberi nutrisi kulit. Susu rendah baik untuk kesehatan kulit karena mengandung kalsium yang berfungsi untuk menunjang kesehatan tubuh dan kulit. Apabila anda alergi terhadap susu, karena menyebabkan jerawat, sebaiknya batasi konsumsi susu.

 

4. Bayam, Brokoli dan Wortel

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa dengan bayam brokoli wortel

Bayam, brokoli dan wortel juga salah satu dari 6 makanan sehat untuk kulit saat puasa. Ketiga sayuran tersebut selain baik untuk kulit, harganya juga murah dan mudah didapat. Bayam, Brokoli dan Wortel kaya akan vitamin A yang berfungsi meregenerasi kulit. Buatlah menu berbuka ataupun sahur dengan ketiga sayuran tersebut secara bergantian. Apabila anda bosan dengan makan sayuran tersebut, cobalah membuat jus wortel ataupun mix juice dari buah dan sayuran tersebut.

 

5. Daging Merah Tanpa Lemak

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa Dengan Daging Merah Tanpa Lemak

Daging merah bagus untuk kesehatan kulit karena mengandung zat besi yang berfunsi untuk mencegah timbulnya lingkar hitam pada mata. Jangan sembarang mengkonsumsi daging, namun pilihlah daging merah tanpa lemak untuk menghindari obesitas, kolesterol dll.

 

6. Air Putih

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa Dengan Air Putih

Ketika anda sedang menjalankan puasa, tentunya asupan cairan dalam tubuh berkurang bukan?? Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang konsumsilah minimal 8 gelas air putih setiap hari. Konsumsi air putih dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi dapat mengurangi kelembaban kulit, sehingga kulit menjadi kering, kusam dan pecah-pecah

 

Itulah 6 makanan sehat untuk kulit saat puasa. Bahan tersebut selain murah juga mudah didapatkan, tidak ada salahnya jika anda mencoba berbuka atau sahur dengan makanan dan minuman diatas. Ingatlah penuhi nutrisi anda walaupun saat puasa untuk mencegah masalah yang timbul akibat kekurangan nutrisi.

Demikianlah artikel “6 Makanan Sehat Untuk Kulit Saat Puasa”, selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi Anda yang menjalankan. Tetap beribadah, tetap sehat dan semakin cantik. Apabila anda memiliki tips makanan sehat untuk kulit, ada baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...