6 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Ciri ciri kolesterol tinggi perlu diwaspadai sebab bisa memicu komplikasi. Ada yang tidak menyadari kadar kolesterol di dalam darahnya tinggi kemudian tiba-tiba dia terserang komplikasi kolsterol tinggi berupa penyakit jantung. Oleh sebab itu penting untuk selalu mengecek kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Tidak hanya kolesterol saja, namun kadar asam urat dan trigliserida pun harus selalu terkontrol. Penyebab kolesterol tinggi dikarenakan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi misalnya saja telur puyuh, kuning telur, seafood dan masih banyak lagi lainnya. Sebelum terlambat, kenali ciri ciri kolesterol tinggi berikut ini:

6 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

6 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

1. Nyeri Dada

Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi bisa berakibat buruk pada pembuluh darah yang ada di jantung. Pembuluh darah arteri yang ada di jantung pun mengalami penyumbatan sehingga membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Akibat aliran darah yang tidak lancar tersebut membuat nyeri dada menjadi muncul secara tiba-tiba. Jika sering merasakan nyeri dada sebaiknya segera mencari penyebabnya sebab pembuluh darah yang dibiarkan tersumbat lama di jantung tersebut akan menyebabkan serangan jantung koroner.

2. Kram Kaki dan Tangan

Ciri ciri kolesterol tinggi yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat adalah munculnya kram kaki dan juga tangan. Sebenarnya kram kaki dan tangan tidak hanya menjadi tanda kolesterol yang tinggi namun bisa juga menjadi tanda penyakit asam urat. Penumpukan kadar kolesterol yang terlalu berlebihan pada sendi tangan dan kaki akan menyebabkan munculnya rasa sakit tersebut. Saat sore hari sampai dengan malam hari, rasa kesemutan tersebut akan semakin bertambah.

3. Mudah Lelah

Mudah lelah bisa menjadi tanda dari kadar kolesterol yang tinggi. Mudah lelah itu disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar ke seluruh tubuh. Jika aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar maka aliran oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi tidak lancar akibatnya tubuh yang kekurangan oksigen akan memberikan sinyal berupa kelelahan yang berlebihan padahal tidak sehabis melakukan pekerjaan yang berat.

Meski begitu tidak semua tanda kelelahan disebabkan oleh kolesterol tinggi, namun mudah lelah juga bisa disebabkan oleh anemia. Sehingga cari tahu dulu penyebabnya barulah mengatasinya. Jika disebabkan oleh kolesterol tinggi cara mengatasinya adalah dengan menurunkan kadar kolesterol tersebut. Cara menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan mengandung kolesterol tinggi seperti jeroan, santan, telur puyuh dan masih banyak lagi lainnya.

4. Leher dan Punggung Nyeri

Pernahkah merasakan leher dan punggung terasa nyeri secara tiba-tiba?, jika iya bisa jadi kolesterol jahat di dalam darah sedang tinggi. Hal itu dikarenakan penyempitan pada pembuluh darah di leher dan juga di punggung.

5. Sakit Kepala

Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan komplikasi berupa penyakit stroke. Stroke inilah yang perlu diwaspadai sebab bisa menyebabkan kematian terutama jika pembuluh darah di otak sampai pecah. Penyumbatan pembuluh darah akibat lemak kolesterol bisa terjadi di kepala akibatnya rasa pusing atau sakit kepala akan sering menyerang. Jika sakit kepala tersebut tidak segera dicari tahu penyebabnya dan sumbatan pembuluh darah di otak tidak segera diatasi akibatnya pembuluh darah tersebut bisa pecah dan berakibat fatal.

6. Mudah Emosi

Ciri kolesterol tinggi yang lainnya adalah mudah terpancing emosi. Hal itu bisa terjadi pada penderita kolesterol tinggi dengan hipertensi. Orang yang mengalami hipertensi akan mudah sekali tersulut emosinya dan hal tersebut diperparah dengan perasaan tidak nyaman akibat gejala dari kolesterol tinggi tersebut.

Itulah sekelumit pengetahuan mengenai gejala kolesterol tinggi. Lantas bagaimana langkah selanjutnya setelah kita mengetahui kadar kolesterol kita tinggi? Anda tidak perlu pusing-pusing lagi, cobalah cara yang mudah menurunkan kolesterol, yaitu dengan menggunakan bahan alami (baca juga : 8 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Paling Cepat).

Demikianlah ciri ciri kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai, semoga informasi ini bermanfaat.


Baca juga :
loading...