6 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Wajah Alami


Baca juga :
loading...

6 cara menghilangkan komedo dengan masker wajah alami. Kecantikan tidak hanya ditunjukkan dari make up yang anda kenakan, namun juga kebersihan kulit wajah. Kecantikan wajah alami akan terpancar apabila anda memiliki kulit wajah yang bersih bebas flek hitam dan komedo.

6 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Wajah Alami

Kali ini kita akan membahas masalah kulit muka yang kerap menghantui setiap wanita yaitu komedo. Komedo membuat kita kurang percaya diri walaupun komedo bukanlah suatu permasalahan serius namun sangat mengganggu penampilan serta kesehatan kulit wajah. Komedo sering muncul di hidung, walaupun tidak menutup kemungkinan muncul didaerah lain sekitar wajah. Lantas bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung dengan masker wajah alami? Sebelum kita membahas 6 cara menghilangkan komedo dengan masker wajah alami, ada baiknya kita mengetahui penyebab komedo dan jenis komedo pada kulit wajah.

Penyebab Komedo

Komedo disebabkan karena adanya kotoran dan sel kulit mati yang menutup pori-pori kulit. Selain itu produksi minyak oleh kelenjar minyak yang berlebih juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Komedo akan terbentuk jika kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala.

Jenis Komedo

Ada 2 jenis komedo yaitu :

  1. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Blackhead terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.
  2. Komedo yang tertutup (whitehead), memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Whitehead terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.
6 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Wajah Alami

Jenis komedo

6 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Wajah Alami

Foto makro komedo dalam resolusi tinggi

Itulah penyebab komedo dan jenis komedo. Untuk mencegah komedo berikut adalah tipsnya.

 

Tips Mencegah Komedo

Jika anda ingin terbebas dari komedo, berikut adalah tips mencegah komedo yang bisa anda lakukan dengan mudah :

  • Cuci muka 3x sehari dengan sabun pH balance.
  • Makanan: kurangi kalori, lemak, makanan pedas.
  • Kosmetik: kurangi bedak padat dan foundation (alas bedak).

 

Mudah bukan mencegah komedo?? Nah bagaimana jika anda terlanjur telah memiliki komedo?? Berikut adalah 6 cara menghilangkan komedo dengan masker wajah alami.

 

6 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Wajah Alami

Saat ini ada banyak sekali produk kosmetik pembersih wajah yang mengklaim mampu membersihkan komedo, namun demikian tidak ada salahnya jika anda mencoba 6 cara menghilangkan komedo dengan masker wajah alami, karena selain murah juga tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan anda. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah 6 cara menghilangkan komedo dengan masker wajah alami yang dapat anda lakukan sendiri dirumah.

1. Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Madu

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Madu

Madu telah banyak digunakan produk kecantikan sebagai bahan dasar ataupun campuran karena khasiatnya dalam menjaga kesehatan kulit, mengatasi kulit kering, mengatasi kulit mengelupas, merawat kulit, melembabkan kulit, melembutkan kulit serta merupakan zat pengelupas kulit alami. Cara menghilangkan komedo dengan masker madu sangatlah mudah yaitu :

  1. Ambil beberapa sendok madu.
  2. Hangatkan madu tersebut.
  3. Oleskan pada wajah yang berkomedo.
  4. Bilas muka dengan air bersih.

Dengan melakukan tips diatas, komedo akan ikut terangkat saat anda membersihkan wajah. Pemakaian yang rutin yaitu seminggu sekali dapat mencegah komedo muncul kembali.

2. Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Kentang

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Kentang

Kentang tidak hanya digunakan dalam dunia kuliner, namun juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit, salah satunya untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan masker kentang adalah :

  1. Siapkan kentang yang telah dikupas
  2. Haluskan atau parut kentang tersebut
  3. Tempelkan masker kentang pada wajah anda
  4. Tunggu selama 30 menit
  5. Bilas dan bersihkan.

Dianjurkan anda menggunakan masker kentang minimal 1x dalam seminggu, selain untuk mengurangi komedo yang muncul juga untuk memelihara kesehatan kulit wajah anda.

3. Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur

Putih telur dapat secara efektif menghilangkan komedo, selain itu juga dapat mengencangkan kulit, mengatasi kulit kering dan berminyak, serta mencerahkan wajah. Cara menghilangkan komedo dengan masker putih telur dapat anda lakukan dengan :

  1. Siapkan putih telur (pisahkan dengan kuning telurnya)
  2. Oleskan pada wajah
  3. Tunggu hingga kering dan terasa kencang
  4. Bersihkan wajah anda.

Memang sedikit amis ketika memakai masker putih telur ini. Namun demi kulit yang kencang, sehat dan bebas komedo, kenapa tidak??

4. Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Pisang

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Pisang

Buah pisang dapat juga dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan masker pisang adalah :

  1. Siapkan buah pisang
  2. Haluskan buah pisang tersebut
  3. Oleskan pada wajah
  4. Tunggu 30 menit
  5. Bersihkan dan bilas dengan air bersih.

Lakukan cara diatas sekali dalam seminggu, niscaya kulit wajah anda akan terbebas dari komedo.

5. Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Jeruk Nipis atau Lemon

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Jeruk Lemon

Jeruk Lemon

Jeruk nipis atau lemon tidak hanya digunakan untuk memasak, namun juga telah banyak digunakan oleh berbagai industri kosmetik. Jeruk nipis atau lemon berkhasiat untuk mencerahkan kulit serta menghilangkan komedo di wajah. Cara menghilangkan komedo dengan masker jeruk nipis atau lemon sangatlah mudah yaitu :

  1. Bersihkan muka dengan air hangat hingga bersih.
  2. Ambil 1 buah lemon dan potong menjadi beberapa bagian.
  3. Gosok irisan buah lemon ke daerah kulit yang muncul komedo selama 3-4 menit.
  4. Bilas dengan air dingin.

Pemakaian masker jeruk nipis atau lemon secara teratur tidak hanya menghilangkan komedo namun juga dapat mencerahkan wajah anda.

6. Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Lidah Buaya.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Lidah Buaya

Seperti halnya dengan madu, jeruk nipis dan jeruk lemon, lidah buaya juga telah banyak digunakan untuk berbagai kosmetik kulit ataupun rambut. Daripada anda membeli produk berbahan lidah buaya, alangkah baiknya jika anda langsung menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan komedo anda. Berikut adalah cara menghilangkan komedo dengan masker lidah buaya :

  1. Siapkan beberapa helai lidah buaya
  2. Potong menjadi beberapa bagian.
  3. Ambil lendir lidah buaya dan oleskan pada wajah yang berkomedo.
  4. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit.
  5. Bilas dengan air bersih.

Itulah 6 cara menghilangkan komedo dengan masker wajah alami, mudah bukan?? Sebaiknya anda mencoba menggunakan cara alami diatas untuk mengatasi komedo, karena pemakaian produk kosmetik yang berlebihan juga kadang membahayakan kesehatan anda. Sebelum anda membeli produk kosmetik, pastikan kosmetik tersebut terdaftar di BPOM. Untuk mengetahui kosmetik anda terdaftar di BPOM atau tidak, anda dapat membaca artikel Bagaimana cara mengetahui keaslian nomor BPOM suatu produk.

Demikianlah artikel 6 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Wajah Alami, apabila anda memiliki tips ataupun cara menghilangkan komedo secara alami, tidak ada salahnya jika berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...