6 Cara Mencegah Jerawat


Baca juga :
loading...

Taukah anda 6 cara mencegah jerawat?? Bagi sebagian wanita, jerawat merupakan salah satu masalah yang harus diberantas. Jerawat dapat menurunkan performa kecantikan wanita yang nantinya berdampak pada krisis kepercayaan diri. Salah satu saran dokter yang mungkin sudah anda lakukan adalah membersihkan kulit wajah. Namun, apakah dengan membersihkan kulit wajah, jerawat sudah tidak muncul??Bagi anda yang sering membersihkan kulit wajah, namun jerawat masih muncul, tentunya anda merasa jengkel bukan?? Hingga terkadang kerap muncul pertanyaan apa lagi yang harus dilakukan agar jerawat tak mudah timbul.

Sebelum membahas 6 cara mencegah jerawat, ada kalanya kita terlebih dahulu mengenal jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

6 Cara Mencegah Jerawat

Pada prinsipnya, jerawat terjadi karena faktor sumbatan kelenjar sebum atau kelenjar minyak yang kemudian meradang dan terinfeksi oleh kuman Propionibacterium acnes. Sumbatan kelenjar minyak terjadi karena pemakaian kosmetik, debu, ataupun kulit kering yang teriritasi. Penyebab lain sumbatan kelenjar minyak adalah adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Selain karena penyumbatan kelenjar minyak, penyebab lain munculnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, stres, pola makan dan pola tidur. Untuk mengatasinya, berikut adalah 6 cara mencegah jerawat :

6 Cara Mencegah Jerawat

Berikut adalah 6 cara mencegah jerawat yang perlu anda perhatikan :

  1. Untuk mengurangi sumbatan pada kelenjar minyak, disarankan anda mencuci kulit wajah dengan sabun muka (disesuaikan dengan jenis kulit) minimal 3 kali sehari atau disesuaikan dengan aktivitas.
  2. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan jerawat, konsumsi alkohol, rokok, kurangnya istirahat dan stres dapat meningkatkan hormon androgen. Oleh karena itu, hindarilah pola hidup tersebut.
  3. Hindarilah makanan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, misal makanan yang dengan kadar gula tinggi (es krim, coklat), makanan dari produk susu (susu, yoghurt, keju), kacang, makanan berlemak (salah satunya adalah junk food).
  4. Perbanyak konsumsi antioksidan dari buah-buahan dan sayuran.
  5. Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan jerawat anda meradang.
  6. Jangan menggunakan make up berlebihan.

Mudah bukan 6 cara mencegah jerawat diatas?? Dengan mengetahui penyebab jerawat diatas, anda bisa mencari tahu bagaimana cara mencegah jerawat. Demikianlah artikel “6 cara mencegah jerawat“, semoga bermanfaat. Tidak ada salahnya jika anda berbagi 6 cara mencegah jerawat tersebut pada teman anda.


Baca juga :
loading...