5 Tips Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Interview

5 tips untuk menyiapkan diri sebelum interview. Interview merupakan hal yang paling ditunggu oleh para lulusan baru atau pencari kerja. Memang, tahapan ini hanya merupakan wawancara, tapi jika sudah memasuki level ini Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan relasi baru. Seringkali wawancara kerja menjadi hal yang mengerikan, karena dari wawancara ini menentukan hasil apakah Anda diterima atau tidak. Untuk itu, lakukanlah persiapan-persiapan agar Anda siap dalam menghadapi wawancara-wawancara yang akan Anda datangi.

5 Tips Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Interview

 

5 Tips Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Interview

1. Persiapkan Diri

5 Tips Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Interview

Siapkan diri Anda dengan mempersiapkan segala bahan-bahan yang harus dibawa sehari sebelum wawancara berlangsung. Set alarm beberapa jam sebelum interview agar Anda tidak perlu diburu-buru waktu akibat bangun telat. Pelajari rute-rute dan angkutan apa saja yang bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan agar memiliki rencana cadangan bila Anda terjebak macet.

2. Jangan Tegang

Nervous akan membuat Anda tidak bisa menjawab apa-apa dan bisa membuat penilaian terhadap Anda berkurang walau memiliki IP tinggi. Coba tenangkan diri sebelum interview dimulai dengan membuat diri santai. Anda bisa menenangkan diri dengan mendengarkan lagu dengan musik bertempo pelan seperti musik instrumen.

3. Pakaian Rapi

5 Tips Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Interview

Pakaian menentukan first impression Anda dan bisa menjadi penilaian awal tentang kepribadian Anda. Ada baiknya mengenakan pakaian rapi dan sopan bila Anda tidak yakin bisa mengenakan pakaian casual pada wawancara tersebut. Untuk melengkapi tampilan saat wawancara, Anda bisa menggunakan tas kerja wanita untuk terlihat lebih rapi dan elegan.

4. Tambah Wawasan

5 Tips Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Interview

Saat wawancara berlangsung, Anda akan ditanyai banyak hal. Walaupun tidak ada yang berhubungan dengan pekerjaan, hal ini bisa dijadikan sebuah penilaian tentang bagaimana Anda aware dengan lingkungan sekitar yang bisa berdampak pada cara kerja Anda di lingkungan pekerjaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dari topik apa saja, mulai dari hal sepele hingga ke ranah politik yang tergolong berat. Perbanyaklah pengetahuan umum sebelum waktu wawancara agar Anda siap dan

5. Berdoa

5 Tips Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Interview

Semua usaha yang kita lakukan tak lepas dari ijin Yang Maha Kuasa, berdoalah agar Anda mendapatkan hasil tebaik. Anda harus berbesar hati bila pekerjaan yang didambakan tidak didapatkan. Hal ini juga sebuah jawaban dari Tuhan untuk menyadarkan Anda bahwa tempat itu bukan tempat yang layak untuk Anda bekerja.

Itulah 5 tips untuk menyiapkan diri sebelum interview. Pada intinya jadilah diri sendiri dan tenang saat melakukan interview. Wawancara bukanlah hal yang menakutkan bila dipikirkan lagi. Untuk itu persiapkan diri Anda agar bisa dengan lancar saat menghadiri sebuah wawancara. Semoga beruntung!


Baca juga :
loading...