5 Tips Memakai Jilbab


Baca juga :
loading...

5 Tips Memakai Jilbab. Saat ini banyak sekali wanita yang menggunakan jilbab entah sebagai mode ataupun untuk menutupi aurat. Dalam perkembangannya jilbab ada banyak sekali jenisnya, dan kadang perkembangan mode jilbab tidak lepas dari model film/sinetron yang banyak ditayangkan di televisi. Sebut saja Zaskia Mecca, Dian Pelangi, Dewi Sandra dan masih banyak lagi.

5 Tips Memakai Jilbab

Jilbāb berbeda dengan kerudung. Jilbab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Kerudung adalah kain selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan. Kerudung bisa dipakai karena berbagai tujuan, seperti demi kehangatan, untuk kebersihan, untuk fashion atau jatidiri unik; dengan alasan keagamaan, menyembunyikan kebotakan, demi kesopanan, atau alasan-alasan lainnya.

5 Tips Memakai Jilbab

Kerudung

Apapun model jilbab yang anda kenakan, usahakan jilbab yang anda kenakan tersebut nyaman, sehingga tidak mengganggu penampilan anggun anda. Berikut adalah 5 tips memakai jilbab yang wajib anda ketahui.

5 Tips Memakai Jilbab

  1. Pakailah ikat rambut elastis dan ikat kepala yang pas

Pilihlah ikat rambut ataupun ikat dasar jilbab yang agak longgar, namun pas. Hindari ikatan yang terlalu ketat karena akan membuat kepala pusing. Ikatlah rambut dengan karet elastis. Untuk ikat kepala pilihlah yang pas di kepala dan tidak licin sehingga Anda tidak perlu mengikatnya kencang-kencang.

  1. Gelung rambut sebelum memakai jilbab

Agar jilbab anda terlihat anggun dan tidak acak-acakan, sebaiknya gelung rambut sebelum memakai jilbab. Apabila anda tidak menggelung dan hanya menguncir atau mengurai rambut, rambut bisa mencuat keluar dari pori-pori kain jilbab.

  1. Pilih Ikat kepala yang menyerap keringat

Sebelum menggunakan Jilbab, ada kain yang digunakan sebagai dasar yang diikatkan di kepala, disebut juga ikat kepala. Bentuk ikat kepala ini bermacam-macam dan bahannya pun bermacam-macam. Untuk daerah panas, pilihlah ikat kepala berbentuk renda, agar sirkulasi udara pada rambut dan kepala dapat berjalan lancar. Hindari bahan yang tidak menyerap keringat, karena dapat menyebabkan akumulasi keringat pada kulit kepala. Pemilihan ikat kepala yang tidak menyerap keringat akan membuat rambut lepek dan berketombe.

  1. Rapikan jilbab dengan jarum

Perhatikan jatuhnya ujung jilbab anda. Kesalahan yang sering terjadi adalah mengakhiri ujung jilbab dengan membiarkannya sedikit menjuntai di sisi belakang atau samping kepala padahal bahan jilbab tersebut cukup kaku. Hal ini membuat ujung jilbab tersebut terlihat tidak menyatu dengan keseluruhan bentuk jilbab Anda. Sebaiknya jika bahan tersebut cukup kaku, jangan dibiarkan menjuntai melainkan sematkan secara rapi dengan jarum.

  1. Rambut kurang dirawat

Rambut merupakan bagian tubuh yang perlu anda perhatikan ketika memakai jilbab. Karena seringnya ditarik dan kurang mendapat sirkulasi udara yang baik, rambut anda akan mengalami kerusakan. Walaupun rambut tidak terlihat bagi orang lain, perawatan rambut tetaplah penting dan harus dilakukan secara ekstra oleh wanita berjilbab. Cucilah rambut minimal dua hari sekali dengan menggunakan kondisioner secukupnya. Lakukan hairmask setidaknya satu bulan sekali agar rambut tetap sehat dan cantik. Ketika sedang di rumah, saat-saat tidak harus menggunakan jilbab, sebaiknya rambut dibiarkan bebas terurai dan tidak diikat dengan ketat.

Demikianlah “5 Tips Memakai Jilbab” yang perlu anda perhatikan. Dengan mengetahui 5 Tips Memakai Jilbab, anda dapat memakai jilbab model apapun tanpa kawatir rambut rusak ataupun tidak nyaman saat berjilbab. Apabila anda memiliki tips memakai jilbab, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...