5 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotik Untuk Dewasa

Obat sakit gigi paling ampuh di apotik bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi secara cepat. Banyak yang mengatakan lebih baik sakit hati dibandingkan sakit gigi, hal itu dikarenakan jika sudah sakit gigi rasa sakitnya bisa lama dan berdenyutnya sampai ubun-ubun kepala. Tidak mengherankan jika orang yang sedang mengalami sakit gigi lebih banyak tiduran sambil memegangi giginya yang sakit dan emosinya melonjak-lonjak karena menahan sakit yang begitu menyiksa. Sakit gigi harus diredakan secepatnya agar orang yang mengalaminya bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Jika obat yang diberikan tidak mempan maka dokter akan memberikan opsi terakhir yaitu cabut gigi atau mematikan saraf gigi tersebut agar tidak merasa nyeri lagi. Berikut ini adalah daftar obat sakit gigi paling ampuh di apotik:

Baca juga : Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Secara Alami.

5 obat sakit gigi paling ampuh di apotik untuk dewasa

5 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotik Untuk Dewasa

1. Obat Aspirin

Obat sakit gigi berlubang yang paling ampuh pertama adalah obat dengan jenis analgetik seperti aspirin. Obat ini disebut juga dengan Nonsteroid anti-inflammatory drugs atau NSAID. Sayangnya obat ini tidak dianjurkan untuk orang yang bermasalah dengan hati dan ginjalnya selain itu tidak cocok diberikan kepada anak-anak. Dokter akan meresepkan obat ini jika sakit gigi yang dialami masih dalam tahap ringan sampai dengan sedang.

2. Ibuprofen

Obat sakit gigi paling ampuh lainnya adalah ibuprofen. Selama ini jika mendengar kata Ibuprofen pikiran langsung tertuju pada obat pereda demam anak. Padahal fungsi ibuprofen tidak hanya berguna untuk meredakan demam saja namun bisa digunakan untuk pereda nyeri saat sakit gigi. Ketika sakit gigi melanda, kepala dan gigi akan terasa nyeri dan berdenyut-denyut, saat itulah ibuprofen ini akan bekerja untuk mengurangi nyeri tersebut.

3. Asam Mefenamat

Asam mefenamat dinobatkan sebagai salah satu obat sakit gigi paling ampuh di apotik dikarenakan banyak yang mencari obat ini ketika sakit gigi melanda. Obat ini termasuk dalam jenis analgetik dan dosisnya lebih kuat dibandingkan dengan dua jenis obat sebelumnya. Untuk bisa mendapatkan obat ini harus berkonsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu berbeda dengan aspirin dan ibuprofen yang bisa didapat tanpa dengan resep dokter. Dokter akan meresepkan obat ini jika kedua obat sebelumnya tidak mempan untuk mengatasi sakit gigi yang diderita. Dosis dari asam mefenamat adalah 500 gram dan bisa dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari sampai sakit gigi mereda.

4. Catatflam

Obat ini termasuk dalam obat NSAID sehingga mirip dengan aspirin dan ibuprofen. Manfaatnya adalah untuk mengurangi nyeri yang bisa timbul akibat sakit gigi. Bedanya dengan aspirin dan ibuprofen adalah obat ini bisa digunakan untuk anti peradangan dan pembengkakan sehingga jika sakit gigi yang diderita bisa membuat pipi bengkak karena gigi muncul peradangan sangat disarankan untuk mengobatinya menggunakan obat ini. Dosisnya sangat tinggi sehingga efeknya akan langsung terasa namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit jantung sebab efek samping setelah mengonsumsinya bisa membuat jantung berdetak lebih cepat. Selain itu tidak disarankan untuk diberikan kepada anak-anak yang belum cukup umur.

5. Ponstan

Ponstan adalah obat sakit gigi yang populer, saking populernya banyak warung kelontong yang menjualnya. Padahal tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini tanpa resep dokter sebab dosisnya yang lumayan tinggi. Ponstan ini termasuk dalam obat asam mefenamat tahap 2.

Agar sakit gigi cepat sembuh sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang manis, dingin maupun asam. Setelah mengonsumsi salah satu dari obat sakit gigi paling ampuh di apotik yang disebutkan diatas dianjurkan untuk memakai pakaian hangat dan menutupi pipi dengan kain yang hangat pula agar rasa nyeri tidak muncul kembali.


Baca juga :
loading...