5 Manfaat Ganja Untuk Kesehatan

Taukah anda 5 manfaat ganja untuk kesehatan?? Pastinya anda sudah tau ganja bukan?? Taukah anda kalau ganja ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan kita? Selain memiliki dampak negatif dan dikategorikan sebagai barang terlarang, namun ternyata ganja memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Meski demikian, penggunaan ganja harus dibawah pengawasan dokter dan pihak berwenang dan tidak boleh dikonsumsi secara bebas.

5 Manfaat Ganja Untuk Kesehatan

Tanaman Ganja

Lalu apa sajakah 5 manfaat ganja untuk kesehatan?? Sebelum saya menguraikan 5 manfaat ganja untuk kesehatan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai ganja itu sendiri. Ganja (Cannabis sativa syn. Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol (THC, Tetra-Hydro-Cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Tanaman ganja biasanya dibuat menjadi rokok mariyuana. Tanaman ganja dapat mencapai ketinggian 2 meter, berdaun menjari dengan bunga jantan dan betina ada di tanaman berbeda (berumah dua). Bunganya kecil-kecil dalam dompolan di ujung ranting. Ganja hanya tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut. Nah, sudah mengenal tanaman ganja bukan, berikut adalah 5 manfaat ganja untuk kesehatan.

5 Manfaat Ganja Untuk Kesehatan

  1. Ganja mengandung senyawa kimia yang dikenal sebagai canabinoid. Jenis canabinoid yang berbeda-beda memiliki efek yang berbeda pula pada tubuh setelah di konsumsi. Penelitian ilmiah mengindikasikan bahwa zat ini mempunyai nilai potensi terapi untuk menghilangkan rasa sakit, kontrol mual dan muntah-muntah, serta stimulasi nafsu makan.
  2. Manfaat Ganja Untuk Menyembuhkan Autisme Parah. Penelitian diterapkan kepada Alex (12 tahun) di Amerika, yaitu seorang anak yang mengidap autisme kategori self destructive atau membahayakan dirinya sendiri. Dengan memberikan ganja secara medis dalam bentuk cair sebanyak 3 kali seminggu, Alex menunjukkan perubahan perilaku menjadi lebih tenang. Meski begitu, penggunaan ganja medis ini tetap ditentang oleh para dokter, terutama bagi anak-anak. Bagi sebagian negara penggunaan ganja, baik untuk keperluan medis, masih menjadi kontroversial.
  3. Manfaat Ganja Untuk Menyembuhkan Kejang-kejang. Penelitian dilakukan terhadap gadis kecil usia 5 tahun bernama Charlote Figi di Amerika. Charlote merupakan anak yang selalu mengalami kejang-kejang setiap minggunya. Setelah 2 tahun mengkonsumsi daun ganja, penyakit kejang-kejang dapat disembuhkan secara total. Tak hanya Charlotte saja, beberapa orang yang juga mengalami kejang-kejang, ikut beralih pada daun ganja. Seperti kejadian sebelumnya, para medis menyarankan untuk tidak terlalu sering memberikan daun ganja kepada anak-anak, karena dapat berakibat pada kecerdasan anak itu sendiri.
  4. Manfaat Ganja Untuk Menyembuhkan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Gangguan jiwa post-traumatic disorder terjadi karena ada peristiwa yang mengguncang emosi secara luar biasa seperti rasa takut berlebihan, tegang, dan gelisah. Biasanya untuk menangani pasien yang mengalami gangguan jiwa post-traumatic stress disorder ini perlu diberikan obat penenang atau terapi. Untuk mengobati PTSD, mereka umumnya menggunakan daun ganja atau marijuana sebagai pengganti obat penenang. Meski begitu, para peneliti dari Department of Psychiatry and Radiology di New York University School of Medicine mengatakan bahwa ganja memiliki efek samping yaitu adanya nafsu makan yang besar, menurunnya daya ingat dan menurunnya kemampuan otot.
  5. Manfaat Ganja Untuk Menghilangkan Nyeri. Ganja digunakan sebagai bahan dasar obat semprot pereda nyeri pada penyakit kanker. Tidak seperti obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit yang dapat menyebabkan kematian jika diminum terlalu banyak, pasien yang ‘overdosis’ semprotan ganja hanya berisiko kecil mengalami masalah kesehatan akut. Penggunaan obat semprot pereda nyeri telah digunakan di beberapa negara seperti Inggris, Kanada, Spanyol dan Selandia Baru. Meski demikian, penggunaan obat ini juga masih dibatasi untuk pasien tertentu. Pasien dengan nyeri kanker yang tidak disebabkan oleh kerusakan saraf tidak boleh diberi obat ini.

Demikianlah 5 Manfaat Ganja Untuk Kesehatan. Ternyata masih ada manfaat positif yang diambil dari tanaman ganja. Tuhan menciptakan segala sesuatu baik adanya. Segala sesuatu diciptakan-Nya dengan maksud dan tujuan yang kadang tidak kita pahami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Baca juga :
loading...