5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah

Kali ini kita akan membahas 5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah. Seperti anda ketahui, berbagai macam tips cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah, telah banyak diulas dan dibahas diberbagai media. Namun, jika anda hanya mengetahui tips menghilangkan jerawat tersebut, sangatlah percuma. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah tersebut akan efektif apabila anda mengetahui penyebab jerawat. Nah, sebelum kita membahas 5 cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah, kita ulas terlebih dahulu faktor-faktor penyebab jerawat.

5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah

8 Faktor Penyebab Jerawat

1. Penyebab Jerawat Karena Faktor Hormonal

Jerawat akan muncul saat produksi hormon tidak seimbang, terutama saat memasuki usia pubertas. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah untuk jenis jerawat ini adalah dengan menggunakan obat-obatan medis atas rekomendasi dokter kulit, setelah sebelumnya berkonsultasi terlebih dahulu.

2. Penyebab Jerawat Karena Kelenjar Minyak

Kondisi ini dominan dikarenakan faktor keturunan. Misalnya orangtua memiliki jenis kulit wajah berminyak, maka anaknyapun akan mewarisi jenis kulit berminyak. Produksi berlebih kelenjar minyak pada wajah menyebabkan debu dan kotoran pada udara dengan mudahnya menempel dan menutupi pori-pori kulit. Inilah penyebab munculnya jerawat pada wajah. Cara mencegahnya cukup dengan selalu menjaga kebersihan wajah, yaitu rajin membersihkan wajah saat bangun tidur, saat menjelang tidur dan setiap selesai beraktivitas di luar rumah.

3. Penyebab Jerawat Karena Penyumbatan Pori-Pori Oleh Debu dan Sel Kulit Mati

Kedua penyebab jerawat baik debu maupun sel kulit mati dapat anda cegah dengan rajin mencuci muka dan teratur scrubbing.

4. Penyebab Jerawat Karena Seringnya Terpapar Sinar Matahari

Keringat sering muncul saat kita banyak berada di bawah matahari. Keringat ini yang kemudian akan menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat itu muncul. Memakai payung, topi, atau menggunakan sunblock adalah untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari langsung.

5. Penyebab Jerawat Karena Makanan

Makanan yang menyebabkan jerawat diantaranya keju, coklat, kacang, gula, susu, lemak daging, dan kuning telur. Kurangi mengkonsumsi makanan tersebut, meskipun menjaga kebersihan wajah tetap yang terpenting.

6. Penyebab Jerawat Karena Stress dan Tekanan Psikis

Lebih banyak dipengaruhi hormon internal dan gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa kasus stress memicu tingkat pola makan bertambah. Jika pikiran sudah banyak terbebani, maka semua jenis makanan bisa masuk, tak terkecuali makanan penyebab jerawat, misalnya kacang dan coklat. Gaya hidup yang sering begadang, merokok, dll juga menjadi pemicu munculnya jerawat.

7. Penyebab Jerawat Karena Kosmetik

Pemakaian tata rias kosmetik yang lengkap menutupi wajah akan membuat pori-pori tertutup. Segera bersihkan wajah dengan cleansing milk, sabun, dan pelembab.

8. Penyebab Jerawat Karena Efek Samping Obat

Beberapa obat selain menyembuhkan penyakit juga dapat menyebabkan efek samping yang melemahkan daya tahan tubuh. Misalnya akan memperbanyak bakteri P. Acne yang menyebabkan jerawat akan sering muncul.

Itulah faktor penyebab jerawat tersebut, lalu apa sajakah 5 cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah?? Berikut 5 cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah.

5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah

5 cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah sangatlah gampang untuk dilakukan, yang dibutuhkan hanyalah komitmen untuk melakukannya. Berikut tipsnya :

1. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dengan mencuci muka

Pergunakan susu pembersih atau cleansing milk terlebih dahulu, kemudian cucilah wajah dengan sabun khusus untuk muka. Sebagai tahap akhir, oleskan astringent pada wajah teutama pada area jerawat anda. Astringent berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih dan mampu mengeringkan jerawat yang meradang.

2. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan obat jerawat

Sebelum memakai obat jerawat, baca dahulu aturan pakai dengan seksama. Beberapa obat jerawat hanya efektif digunakan saat malam hari sebelum tidur. Untuk jerawat yang parah, sebaiknya konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

3. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan sunblock

Selalu gunakan sunblock saat anda akan beraktivitas di luar rumah. Paparan sinar matahari langsung yang terus-menerus akan menjadi pemicu munculnya jerawat pada wajah anda.

4. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat melalui gaya hidup sehat

Kebiasaan begadang dan merokok harus anda kurangi atau bahkan berhenti total. Istirahatkan tubuh anda dengan waktu yang cukup agar kulit wajah dapat beregenerasi dengan baik. Kurangi asap rokok yang dapat membuat pori-pori wajah anda tertutup dan memicu timbulnya jerawat.

5. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat melalui diet sehat

Terlebih dahulu anda harus mengenali jenis-jenis makanan yang membuat anda berjerawat, karena setiap orang memiliki tingkat toleransi dan daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Diet sehat disini adalah dengan mengurangi mengkonsumsi lemak jahat, gula, dan karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi. Lemak jahat yang termasuk disini adalah santan, makanan yang digoreng, es cream, susu full cream, daging merah kambing / sapi, dll. Karbohidrat dengan glikemik tinggi contohnya nasi, kentang, dan roti putih. Perbanyak makanan seperti sayuran dan buah yang berserat tinggi, karena akan membuat kerja pencernaan menjadi optimal dan akan membuang racun termasuk bahan berbahaya keluar dari dalam tubuh. Keluarnya bahan-bahan yang tidak dibutuhkan tubuh akan berpengaruh pada kesehatan kulit kita.

Mudah bukan melakukan “5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah“?? Sekedar informasi untuk menghilangkan jerawat secara efektif, sebaiknya makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena sayuran dan buah mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit anda. Apabila anda memilih untuk mendapatkan nutrisi dan vitamin tersebut dari minuman suplemen, pastikan minuman suplemen tersebut sesuai dengan jenis kulit anda. Minuman suplemen vitamin E ataupun pencerah kulit jika tidak sesuai dengan jenis kulit akan memperparah kondisi jerawat anda. Pastikan juga minuman suplemen vitamin tersebut terdaftar dalam daftar BPOM RI. Tidak lupa, biasakan diri anda untuk berolahraga misal joging. Joging dipagi hari sangat baik untuk kesehatan selain itu hangatnya sinar matahari dipagi hari juga memberikan vitamin D pada anda secara gratis.

Demikianlah “5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah“. Semoga tips diatas akan menambah pengetahuan anda akan pentingnya kulit wajah sehat dan bersih. Diharapkan dengan paparan singkat di atas, anda dapat mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari. Apabila anda memiliki pengalaman, tips ataupun cara menghilangkan jerawat dengan cepat, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.[RA]


Baca juga :
loading...