5 Cara Mencegah Kanker Serviks

5 Cara Mencegah Kanker Serviks. Kanker serviks merupakan penyakit yang ditakuti setiap wanita, selain kanker payudara. Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah sejenis kanker yang sebagian besar disebabkan oleh virus yaitu Human Papilloma Virus (HPV) Onkogenik, yang menyerang leher rahim. Pada stadium awal, kanker serviks tidak menunjukkan gejala apapun.

Sebenarnya infeksi virus HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Karena tanpa gejala, proses penginveksian virus HPV ini tidak disadari oleh penderita. Oleh karena itu sebaiknya anda mulai sekarang berusaha mencegah kanker serviks. Namun sebelum kita membahas tentang 5 cara mencegah kanker serviks, ada baiknya kita membahas 3 faktor penyebab kanker serviks.

3 Faktor Penyebab Kanker Serviks

Ada banyak penyebab kanker serviks, namun semuanya dapat dikategorikan menjadi 3 faktor penyebab kanker serviks. Berikut adalah 3 faktor penyebab kanker serviks :

1. Penyebab Kanker Serviks Karena Faktor Alamiah

Salah satu penyebab kanker serviks karena faktor alamah. Faktor alamiah adalah faktor yang memang dari sananya dan tidak dapat dicegah, seperti usia. Semakin tua seorang wanita maka makin tinggi pula resiko terkena kanker serviks. Namun tidak menutup kemungkinan wanita muda dapat terkena kanker serviks. Kanker serviks tidak dipengaruhi oleh faktor genetika. Jadi jika keluarga anda tidak ada riwayat kanker serviks, belum tentu anda aman dari ancaman kanker serviks.

5 cara mencegah kanker serviks

2. Penyebab Kanker Serviks Karena Faktor Kebersihan

Penyebab kanker serviks karena faktor kebersihan. Pada umumnya wanita mengalami keputihan. Ada 2 jenis keputihan yaitu normal dan tidak normal. Keputihan normal bila lendir berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal, sedangkan keputihan tidak normal yaitu keputihan yang disebabkan oleh kuman, parasit dan jamur. Ada beberapa jenis kuman penyebab keputihan tidak normal, yaitu haemophilus, vaginalis, staphylococcus, escherichia coli, diptheroids. Keputihan tidak normal berwarna kehijauan, kental, gatal dan berbau. Biasanya muncul flek kekuningan yang membekas di celana dalam. Keputihan yang disebabkan jamur berbeda dengan yang disebabkan oleh parasit. Keputihan jamur berwarna putih susu, gatal yang lebih runyam, dan kadang muncul luka di bibir vagina karena garukan. Tidak jarang rasa gatal merembet ke selangkangan, lipatan perut, bahkan di lipat bawah sela payudara. Jamur keputihan bisa menyebar ke mana-mana di bagian tubuh melalui jemari tangan. Jamur terbawa oleh kuku tangan sehabis menggaruk di lokasi keputihan dan menularkan ke bagian tubuh yang lain. Sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter apabila anda mengalami keputihan yang tidak normal, karena keputihan tidak normal dapat menyebabkan kanker serviks.

Pernahkah anda ke toilet umum?? Berhati-hatilah terhadap kebersihan airnya. Membasuh vagina dengan air yang tidak bersih sangat beresiko terhadap kesehatan anda. Air tidak bersih banyak dihuni oleh kuman-kuman. Dari media air itulah, kuman menular pada anda.

Selain keputihan dan kebersihan air, Penyakit Menular Seksual (PMS) juga memegang peranan yang tidak kalah pentingnya. PMS merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. PMS yang cukup sering dijumpai antara lain sifilis, gonore, herpes simpleks, HIV-AIDS, kutil kelamin, dan virus HPV.

3. Penyebab Kanker Serviks Karena Faktor Lainnya

Penyebab kanker serviks karena faktor lainnya misalnya berganti-ganti pasangan seks. Pasangan seks lebih dari satu lebih beresiko penularan penyakit kelamin termasuk virus HPV.

Selain itu, memiliki banyak anak juga beresiko terkena kanker serviks. Saat proses melahirkan, janin melewati serviks dan menimbulkan trauma pada serviks. Semakin banyak memiliki anak, berarti semakin sering pula terjadi trauma pada serviks yang nantinya berakibat terjadi kanker serviks.

Itulah 3 faktor penyebab kanker serviks. Lalu apa sajakah 5 cara mencegah kanker serviks?? Berikut ulasannya.

 

5 Cara Mencegah Kanker Serviks.

Berikut adalah 5 cara mencegah kanker serviks yang dapat anda lakukan.

1. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Melakukan Skrining

Untuk pencegahan kanker serviks, anda dapat mengunjungi dokter untuk melakukan pap smear. Dengan pap smear, lesi prakanker serviks dan infeksi HPV bisa dideteksi dini. Selanjutnya, pap smear diikuti dengan skrining Human Papilloma Virus Liquid Based Cytology. Karena pemeriksaan gabungan pap smear dan HPV LBC memberikan akurasi maksimal, di mana sensitivitasnya mencapai 100 persen dan memiliki nilai perediksi negatif 100 persen.

2. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Vaksin Human Papilloma Virus (HPV)

Pemberian Vaksin HPV dapat mencegah kanker serviks. Vaksin HPV mampu memberikan perlindungan agar tidak terjadi kanker serviks.

3. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Tidak Merokok

Merokok, minum alkohol dan sering berganti pasangan merupakan beberapa hal yang dapat meningkatkan probabilitas kanker leher rahim.

4. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Tidak Berganti-ganti Pasangan

Mengingat HPV ditularkan melalui hubungan seks, maka itu hindarkan diri dari berganti-ganti pasangan. Tidak ada seorang pun yang tahu apakah seorang pria membawa virus tersebut. Karena itu setialah hanya dengan satu pasangan yang sah dan pastikan pasangan Anda tidak membawa HPV.

5. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Menggunakan Kondom Saat Berhubungan Intim

HPV ditularkan seorang pria kepada pasangannya. Untuk meminimalkan berpindahnya virus, maka sebaiknya gunakanlah kondom saat berhubungan intim.

Itulah 5 cara mencegah kanker serviks yang dapat anda lakukan. Selain anda telah mengetahui 5 cara mencegah kanker serviks, anda juga telah mengetahui faktor penyebab kanker serviks. Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan anda dapat melakukan tindakan pencegahan agar tidak terkena kanker serviks.

Demikianlah artikel “5 Cara Mencegah Kanker Serviks“, apabila anda memiliki pengalaman, tips ataupun cara mencegah kanker serviks, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...