5 Cara Meluruskan Rambut Alami dan Permanen

5 Cara Meluruskan Rambut Alami dan Permanen – Wanita dengan rambut ikal bisa mencoba cara meluruskan rambut alami. Memang saat ini banyak yang mengatakan rambut ikal tidak zamannya lagi sehingga memiliki rambut lurus selalu menggoda benak wanita berambut ikal. Pada era 60 an sampai dengan 80 an rambut ikal mejadi trend rambut yang digemari, sebab banyak artis kala itu yang memilih tampil dengan rambut ikalnya seperti Elvi Sukaesih, Rita Sugiarto, Camelia Malik dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga : (Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dan Efektif)

5 Cara Meluruskan Rambut Alami dan Permanen

Saat ini perkembangan trend rambut tersebut berbeda, sebab banyak wanita yang memilih untuk tampil cantik dengan rambut lurus dibandingkan dengan rambut ikal. Oleh sebab itu saat ini marak sekali metode untuk meluruskan rambut seperti catok, rebonding, dan smoothing. Daripada menggunakan cara kimia yang merusak rambut, wanita bisa mencoba cara meluruskan rambut alami berikut ini:

5 Cara Meluruskan Rambut Alami dan Permanen

1. Santan Kelapa

Minyak kelapa yang terbuat dari santan kelapa tidak hanya berguna untuk menjaga kehitaman rambut, namun santannya juga bisa digunakan untuk meluruskan rambut. Cara alami meluruskan rambut bergelombang menggunakan santan kelapa ini sangat mudah sekali, yaitu dengan mengambil santan dari satu buah kelapa. Ambil santan yang masih kental, kemudian campurkan santan tersebut dengan 2 sendok makan jeruk nipis. Aduk agar tercampur secara merata. Diamkanlah campuran santan dengan jeruk nipis tersebut ke dalam lemari es selama dua jam, teksturnya nanti akan mengental. Keluarkan dari lemari es kemudian oleskan ke permukaan rambut sampai ke kulit kepala dan sisir rambut untuk meratakannya. Bungkuslah menggunakan shower setelah itu diamkan sampai kering, bilas dengan air. Lakukan cara ini seminggu sekali.

2. Seledri

Selama ini khasiat daun seledri untuk kecantikan rambut tidak perlu diragukan lagi. Seledri bisa digunakan untuk menghitamkan dan melebatkan rambut, selain itu seledri pun ternyata bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Cara meluruskan rambut alami dengan seledri pun sangat mudah yaitu menyiapkan daun seledri dengan sedikit air, kemudian haluskanlah menggunakan blender. Seledri yang sudah dihaluskan akan membentuk pasta kental. Oleskan pasta seledri tersebut ke rambut sampai dengan kulit rambut. Bungkuslah rambut menggunakan shower cup dan diamkan selama semalaman. Pagi hari sisirlah rambut kemudian bilaslah menggunakan air bersih. Jangan membilas tanpa menyisirnya terlebih dahulu karena akan membuat rambut kusut.

3. Pisang

Selain bisa dibuat masker, pisang ini bisa digunakan sebagai pasta untuk meluruskan rambut yang keriting dan ikal. Cara membuat pasta pisang ini cukup mudah yaitu dengan menyiapkan pisang yang sudah matang dengan 2 sendok makan madu. Menghaluskannya cukup menggunakan sendok saja, setelah halus campurkan dengan madu. Oleskan ke rambut dan di permukaan kulit kepala. Cukup diamkan selama satu jam dan bilas dengan air bersih. Setelah dibilas sampolah rambut dan bilas kembali dengan air bersih.

4. Minyak Zaitun

Untuk bisa membuat rambut lurus alami bisa dengan menggunakan minyak zaitun dicampurkan dengan telur. Pembuatannya pun cukup mudah saja yaitu dengan menyiapkan dua butir telur dan satu sendok makan minyak zaitun. Kocok lepas telur tersebut setelah itu campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan pada rambut sampai ke bagian kulit kepala. Pijat kulit kepala secara ringan kemudian diamkan selama 2 jam. Bilas dengan air bersih setelah itu gunakan sampo seperti biasa.

5. Susu Murni

Susu Murni merupakan susu cair yang sudah dihilangkan bakterinya namun belum diolah menjadi susu bubuk ataupun susu UHT. Susu ini bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Caranya dengan menyemprotkan susu tersebut ke seluruh permukaan rambut sampai dengan ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam dan sisir. Bilas menggunakan air bersih setelah itu gunakan sampo untuk membersihkan rambut. Lakukan cara ini selama seminggu sekali.

Dibandingkan meluruskan rambut dengan rebonding, smoothing dan catok yang bisa membuat rambut rusak, sebaiknya mencoba cara meluruskan rambut alami yang terbukti lebih aman untuk rambut.


Baca juga :
loading...