4 Tips Merawat dan Mewarnai Rambut yang Benar

Bagaimanakah tips merawat dan mewarnai rambut yang benar?? Pada saat sekarang, mewarnai rambut bukanlah hal yang baru buat kita. Berbagai produk pewarna dan cat rambut banyak kita jumpai. Dari berbagai merk, berbagai model, dan berbagai warna ditawarkan untuk menjadikan rambut kita tampil beda.

Mewarnai rambut tentunya bertujuan agar penampilan kita menjadi semakin menarik, menjadi lebih cantik, dan menjadi pusat perhatian di sekeliling kita. Tetapi pemilihan warna saat mewarnai rambut dan perawatan rambut yang salah justru akan membuat penampilan kita menjadi sebaliknya, bahkan menjadi bahan ejekan, tertawaan, dan olok-olok. Berikut diulas 4 tips merawat dan mewarnai rambut yang benar :

Tips Merawat dan Mewarnai Rambut yang Benar

4 Tips Merawat dan Mewarnai Rambut yang Benar

 

1. Tips mewarnai rambut untuk kulit gelap

Disarankan pemilihan warna coklat tua, coklat keemasan, dan coklat kekuningan. Warna-warna tersebut dapat menetralkan warna kulit dan menimbulkan kesan yang tidak terlalu keras pada wajah anda. Mewarnai rambut dengan warna di atas akan memberikan nuansa feminin, klasik, dan fresh.

2. Tips mewarnai rambut untuk kulit putih

Warna yang cocok adalah merah gelap atau burgundy, merah terang, coklat keabu-abuan, abu-abu pucat, dan kuning kecoklatan. Mewarnai rambut dengan warna tersebut akan menimbulkan kesan modern, seksi, sporty, dan bergairah.

3. Tips perawatan setelah mewarnai rambut

Setelah anda mewarnai rambut, wajib anda lakukan perawatan intensif yaitu :

  • Kurangi siklus pemakaian shampoo anda. Misal sebelum mewarnai rambut anda keramas 5 kali dalam seminggu, maka setelah mewarnai rambut kurangi menjadi 2 – 3 kali dalam seminggu. Gunakan shampoo dan conditioner perawatan khusus untuk rambut yang diwarnai, pastikan mengandung anti ultraviolet.
  • Gunakan selalu topi, scarf, payung dan pelindung rambut lainnya ketika beraktivitas di luar rumah.
  • Membiasakan untuk lebih sering memakai masker rambut saat perawatan di rumah.
  • Jangan berenang di laut ataupun kolam renang dengan kandungan klorin tinggi. Air asin dan klorin dapat menghapus warna rambut anda.

4. Tips konsumsi vitamin setelah mewarnai rambut

Mengkonsumsi makanan bervitamin, mengandung zat besi, dan protein nabati yang dapat menambah gizi rambut anda. Fungsi makanan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

  • Vitamin A, menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut sehat bersinar. Dapat anda jumpai pada sayuran hijau dan buah berwarna merah / kuning.
  • Vitamin B, melancarkan produksi kelenjar minyak sehingga dapat menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Terdapat pada gandum, beras, sereal, yoghurt, pisang, sayuran hijau, hati ayam, dan hati sapi.
  • Vitamin E, mempercepat sirkulasi darah pada area kulit kepala sehingga mencegah timbulnya uban sedini mungkin. Bisa anda peroleh dalam padi-padian, kuning telur, dan minyak.
  • Zat Besi, merupakan mineral penting untuk menguatkan akar rambut. Terdapat di dalam sayuran, biji-bijian, makanan laut, dan daging ayam.
  • Protein Nabati, membuat rambut berkilau dan menjaga tekstur rambut. Dapat anda temukan di dalam makanan biji-bijian.

Demikian 4 tips merawat dan mewarnai rambut yang benar telah dijelaskan di atas, kini anda tidak perlu kuatir lagi untuk mulai tampil beda dengan mewarnai rambut anda.[RA]


Baca juga :
loading...