4 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin


Baca juga :
loading...

4 buah yang baik untuk ibu hamil dan janin – Memenuhi gizi saat hamil bisa dengan cara mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil. Sebenarnya bukan hanya buah saja yang bisa dikonsumsi namun diharapkan ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang penuh gizi baik dari segi protein, vitamin, mineral dan masih banyak lagi lainnya. Tujuan mencukupi kebutuhan gizi saat hamil adalah membuat pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan sehat, normal dan terhindar dari kecacatan. Selain itu gizi yang terpenuhi saat hamil bisa membuat janin cerdas sebab tabung saraf otak dan perkembangan otak berjalan dengan sempurna.

4 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin

Sayangnya saat hamil ada wanita yang merasakan mual dan muntah di saat trimester pertama maupun selama kehamilan, oleh sebab itu wanita hamil banyak yang memilih mengonsumsi buah dibandingkan dengan makanan berat yang mengandung karbohidrat. Agar tidak salah memilih buah, simak daftar buah yang baik untuk ibu hamil berikut ini:

Baca juga : (Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil)

4 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Apel

Apel tidak hanya bagus untuk diet, namun juga bagus dikonsumsi saat hamil. Berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5 dan masih banyak lagi lainnya terdapat pada apel. Apel yang disarankan dikonsumsi saat hamil adalah apel hijau dikarenakan jumlah vitaminnya lebih banyak dibandingkan dengan apel merah. Kandungan serat dalam apel hijau pun sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester akhir yang sering memiliki keluhan sembelit karena bisa melancarkan pencernaan. Kandungan asam malat dan juga tannin pada apel berguna untuk mengurangi rasa mual saat hamil.

2. Anggur

Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah anggur. Anggur memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya seperti vitamin A, C, B1, beta karoten, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, serat, omega 3 dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat mengonsumsi anggur saat hamil adalah berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang janin saat masih di dalam kandungan. Kandungan asam folatnya pun berguna untuk menghindarkan janin dari kecacatan. Meski memiliki kandungan yang banyak sebaiknya ibu hamil secukupnya saja mengonsumsi anggur ini sebab ada kandungan alkohol di dalamnya. Alkohol ini bisa membuat perut ibu hamil terasa begah dan kembung.

3. Tomat

Tomat termasuk dalam sayuran dan buah untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi setiap harinya. Dikatakan buah dan sayuran sebab tomat tersebut bisa dikonsumsi sebagai buah maupun bisa dijadikan sebagai sayuran. Mau dikonsumsi sebagai buah maupun dikonsumsi sebagai sayuran tomat sama berkhasiatnya. Di dalam tomat mengandung kalsium sebanyak 5 miligram, vitamin A, vitamin C, protein dan masih banyak lagi lainnya. Fungsi tomat selama kehamilan ini berguna untuk mencegah munculnya sel kanker selama hamil, mengatasi tekanan darah rendah, mencegah anemia dan membantu pertumbuhan sel-sel pada janin di dalam kandungan.

4. Alpukat

Buah yang penting untuk dikonsumsi setiap hai adalah buah alpukat. Buah alpukat ini sangat multifungsi tidak hanya berguna untuk kecantikan dan kesehatan saja, namun juga bermanfaat untuk kehamilan. Banyak bidan atau dokter kandungan menyarankan ibu hamil untuk rutin mengonsumsi jus alpukat. Hal itu dikarenakan di dalam buah alpukat terdapat banyak sekali vitamin dan juga mineral. Tidak hanya itu saja alpukat pun kaya akan asam folat dimana fungsinya adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan sel janin sehingga terhindar dari kecacatan.

Tidak hanya buah saja yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil namun berbagai macam makanan dengan gizi seimbang pun harus dikonsumsi. Selain berguna untuk menjaga kesehatan janin, makanan dengan gizi seimbang tersebut mampu menjaga kesehatan ibu selama kehamilan. Saat hamil sering terjadi berbagai macam keluhan seperti anemia, mual dan juga muntah. Dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil dan makanan dengan gizi seimbang ibu hamil bisa tetap fit selama hamil dan janin pun bisa tumbuh berkembang dengan normal.


Baca juga :
loading...