3 Cara Mudah Mencegah Jerawat Yang Ampuh


Baca juga :
loading...

3 cara mudah mencegah jerawat yang ampuh. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri wanita. Ada banyak cara menghilangkan jerawat yang dapat anda lakukan, namun jika jerawat tidak dicegah pastinya akan muncul lagi. Sebaiknya anda melakukan pencegahan dan tidak hanya mengobati saja.

3 Cara Mudah Mencegah Jerawat Yang Ampuh

Mencegah jerawat bukanlah hal yang sulit, namun mudah dilakukan. Yang anda butuhkan hanyalah komitmen, ketekunan dan ketelatenan saja. Sebelum kita membahas 3 cara mudah mencegah jerawat yang ampuh, ada baiknya kita mengetahui apa itu jerawat dan penyebab jerawat.

 

Apa Itu Jerawat??

Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

 

7 Penyebab Timbulnya Jerawat

Ada beberapa penyebab timbulnya jerawat. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab timbulnya jerawat :

1. Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Produksi Minyak Berlebihan

Penyebab jerawat dapat berasal dari dalam tubuh misalnya produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) berlebih yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.

2. Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Hormon

Kadar hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan jerawat. Hormon tersebut menyebabkan sekresi pada kelenjar minyak dan lemak kulit wajah. Jerawat karena hormon banyak ditemui pada masa pubertas (usia 13-17th). Pada masa pubertas, hormon libido akan meningkat dan menyebabkan jerawat. Selain itu, jerawat karena hormon juga biasanya dialami pada wanita dewasa seperti yang terjadi pada penyebab jerawat saat menstruasi, masa kehamilan.

3. Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Kosmetik

Penggunaan kosmetik seringkali menyebabkan penyumbatan pori-pori, misalnya kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Kosmetik

Kosmetik dapat menyebabkan timbulnya jerawat

4. Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Sel-sel kulit mati

Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

5. Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Stres

Jerawat dapat disebabkan karena stres, namun tidak secara langsung. Ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai “pelarian” dari stres.

6. Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Bakteri

Bakteri dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Bakteri p.acne yang terdapat di kulit, berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat. Bakteri tersebut menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Ketika kelenjar tersebut membengkan dan pecah, akan menyebarkan radang ke kulit sekitarnya dan menyebabkan batu jerawat batu yang nantinya meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

7. Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Obat-obatan

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Obat-obatan

Itulah penyebab jerawat, Berikut ini adalah 3 cara mudah mencegah jerawat yang ampuh.

 

3 Cara Mudah Mencegah Jerawat Yang Ampuh

Dengan melakukan 3 cara mudah mencegah jerawat yang ampuh secara telaten, niscaya jerawat tidak menghampiri anda. Tanpa panjang lebar lagi, berikut 3 cara mudah mencegah jerawat yang ampuh :

1. Mencegah Jerawat Dengan Mencuci Muka Secara Teratur

Mencuci muka secara teratur dapat mencegah timbulnya jerawat. Dengan mencuci muka, wajah akan bersih dari kotoran yang menempel di wajah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Ketika selesai beraktivitas diluar, cucilah muka anda dengan air untuk sekedar menghilangkan kotoran yang menempel di wajah.

3 Cara Mudah Mencegah Jerawat Yang Ampuh dengan mencuci muka

Mencuci Muka Dengan Teratur Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat

2. Mencegah Jerawat Dengan Menghindari Menyentuh Wajah

Apakah anda sering menyentuh wajah anda?? Sebaiknya hindari terlalu sering menyentuh wajah karena kondisi tangan yang tak bersih juga bisa memicu timbulnya jerawat saat menyentuh wajah. Jadi selain rutin mencuci muka, mencuci tangan juga sebagai pendukung dalam hal mencegah jerawat dengan cara yang mudah.

3. Mencegah Jerawat Dengan Mengurangi Kandungan Minyak Pada Rambut

Jika anda memiliki rambut panjang, jangan biarkan rambut anda berminyak karena minyak tersebut akan mengenai wajah dan menimbulkan jerawat. Bersihkan secara rutin rambut anda untuk mengurangi kandungan minyak. Selain menggunakan shampo, anda dapat menggunakan cara alami untuk merawat rambut anda, yaitu menggunakan lidah buaya. Caranya cukup mudah, selesai keramas usapkan lendir lidah buaya pada rambut anda kemudian biarkan selama 15 menit dan basuh dengan air bersih.

Itulah 3 cara mudah mencegah jerawat yang ampuh yang dapat anda lakukan, mudah bukan?? Dengan menjaga kebersihan tubuh, anda tidak hanya mencegah timbulnya jerawat, namun juga meningkatkan penampilan. Jangan terlalu mengandalkan obat jerawat untuk menghilangkan jerawat, namun lebih penting adalah mencegahnya sebelum jerawat tersebut meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Demikianlah artikel “3 Cara Mudah Mencegah Jerawat Yang Ampuh”, semoga bermanfaat bagi anda. Apabila anda memiliki tips dan cara mencegah jerawat, ada baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...