10 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan cegukan secara alami dan cepatCegukan merupakan salah satu fenomena alami yang kadang kita alami. Cegukan datang kapan saja dan dimana saja tanpa melihat waktu dan acara yang sedang kita lakukan, bahkan cegukan sering kali tidak dapat kita cegah dan tahan.

10 cara menghilangkan cegukan secara alami dan cepat

Cegukan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja

Apa Itu Cegukan dan Apa Penyebab Cegukan

Mungkin anda pernah bertanya-tanya, apa sebenarnya cegukan itu?? dan bagaimana mekanisme terjadinya cegukan?? Fenomena cegukan merupakan kontraksi diafragma yang terjadi secara tiba-tiba tanpa kita sadari atau sengaja. Cegukan umumnya terjadi berkali-kali setiap beberapa detik. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara “hik”. Dalam dunia medis, cegukan ini disebut sebagai singultus.

Cegukan disebabkan karena adanya perubahan suhu secara mendadak ataupun terjadi karena makan sambil berbicara. Selain itu, cegukan juga dapat terjadi karena proses mengunyah yang kurang sempurna serta akibat makanan yang terlalu pedas.

10 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami dan Cepat

Umumnya, cegukan dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlakuan khusus walaupun sebenarnya terdapat beberapa cara menghilangkan cegukan secara alami dan cepat. Cara ini pastinya sangat dibutuhkan oleh beberapa orang yang sedang melakukan aktivitas tertentu, seperti saat rapat ataupun ketika presentasi dll.

Untuk menghindari cegukan, terutama ketika berkaitan dengan moment terpenting anda, sebaiknya hindari penyebab cegukan diatas. Apabila cegukan sudah terjadi, cara yang umum untuk menghilangkan cegukan adalah menghirup udara sedalam mungkin. Saat melakukannya, udara mendorong cegukan kembali ke dalam sistem, dan keluar dalam bentuk sendawa. Namun demikian, hal ini tidak dianjurkan karena dapat membentuk gas dalam sistem tubuh anda dan menyebabkan perut kembung. Sebaiknya, cobalah 10 cara menghilangkan cegukan secara alami dan cepat berikut ini.

1. Minum Air Dingin

Trik ini mungkin pernah anda dengar dari orang tua anda. Minum air dingin merupakan obat cegukan alami yang paling baik untuk menghilangkan cegukan. Sedikit demi sedikit hirup air dingin untuk mengurangi cegukan ini.

2. Vitamin C

Vitamin C juga dapat mencegah dan mengobati cegukan. Anda dapat mengkonsumsi jeruk, minum jus jeruk ataupun tablet vitamin C.

3. Bernapas

Cegukan juga dapat dihilangkan dengan cara menghirup nafas dalam-dalam. Beberapa kasus, dengan cara ini dapat menghilangkan cegukan dengan cepat.

4. Yoga

Yoga adalah cara lain mengurangi timbulnya cegukan. Berlatih yoga setiap hari dapat menangkal masalah ini.

5. Roti kering

Untuk menghilangkan cegukan, anda juga dapat mengkonsumsi roti kering. Roti kering ini perlahan-lahan akan membuat cegukan anda menjadi berkurang bahkan hilang.

6. Jalan di tangga

Turun-naik tangga jika Anda ingin menghentikan cegukan.

7. Gula

Makan satu sendok teh gula akan menyingkirkan cegukan. Biarkan larut perlahan-lahan di dalam mulut Anda tanpa mengunyahnya.

8. Yoghurt

Yoghurt yang dicampur dengan sedikit garam dapat membantu memecahkan masalah ini. Ini adalah obat cegukan yang aman.

9. Jahe

Memakan sepotong jahe dapat menyingkirkan cegukan Anda. Ini adalah obat yang sangat baik.

10. Selai kacang

Siapa sangka, selai kacang yang nikmat ternyata dapat menangkal cegukan. Caranya cukup mudah, anda tinggal menelan 1 sendok teh selai kacang.

Itulah 10 cara menghilangkan cegukan secara alami dan cepat, cukup mudah bukan?? Tidak ada salahnya anda mencoba cara tersebut diatas apalagi jika anda sedang melakukan rapat atau momen penting lainnya. Jangan sampai cegukan mempermalukan anda didepan orang-orang.

Demikianlah artikel “10 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami dan Cepat” semoga memberikan banyak manfaat bagi anda. Tidak ada salahnya jika anda berbagi tips ini pada teman anda yang mungkin membutuhkannya. [info-kecantikan.com]


Baca juga :
loading...